Beranda Otomotif Cara Memperbaiki Koil Motor dengan Mudah

Cara Memperbaiki Koil Motor dengan Mudah

71
0
Memperbaiki Koil Motor, memperbaiki koil motor rusak, memperbaiki koil motor mati, memperbaiki koil motor yg rusak, memperbaiki coil motor, cara memperbaiki koil motor, cara memperbaiki koil motor rusak, cara memperbaiki koil motor lemah, cara memperbaiki koil motor mati, cara memperbaiki koil motor yang mati, cara memperbaiki koil motor yg mati, cara memperbaiki koil motor bocor, cara memperbaiki koil pada motor, cara memperbaiki koil motor yang bocor, cara memperbaiki koil sepeda motor, mengatasi koil motor bocor, cara mengatasi koil motor bocor

Koil pada sepeda motor berguna untuk menaikkan tegangan yang berasal dari aki. Tegangan dari aki tersebut besarnya hanya 12 Volt yang akan dinaikkan menjadi 18000 Volt. Tegangan setinggi inilah yang nantinya akan disalurkan ke busi dan nanti akan digunakan sebagai pemantik api pada ruang bakar sepeda motor. Oleh sebab itu, koil memiliki peranan yang sangat penting dalam hal penyalaan motor. Lantas apa saja yang akan terjadi bila coil mengalami kerusakan? Apa saja tanda-tanda koil yang mulai mengalami keruskaan dan bagaimana caranya untuk memperbaiki koil sepeda motor yang telah rusak?

Karena fungsinya yang bisa dikatakan sangat penting, maka kondisi koil motor tidak boleh sampai terganggu. Masalah sedikit saja pada koil dapat menyebabkan sistem kerja motor pun menjadi ikut terganggu. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas secara rinci mengenai bagaimana caranya memperbaiki koil motor yang sudah rusak dengan mudah, aman dan cepat. Namun sebelumnya, alangkah baiknya terlebih dahulu Anda mengenali gejala-gejala yang akan muncul saat koil sudah mulai melemah atau mati.

Ciri-ciri saat koil sudah mulai melemah

– Berkurangnya umur busi. Walaupun sudah diganti dengan yang baru, busi tetap cepat mati dan rusak
– Kondisi mesin melemah saat suhu motor sudah panas. Namun saat Anda masih menggunakannya dalam kondisi mesin dingin, motor akan berjalan dengan normal.
– Saat kondisi mesin sudah mengalami panas berlebihan, mesin tersebut kembali menjadi brebet dan lama-kelamaan akan mati. Jika mesin kondisi dingin, maka akan menjadi baik kembali
– Mengalami pengurangi jarak saat melakukan pengecekan loncatan tegangan arus listrik yang berasal dari kabel busi

Jika ciri-ciri di atas telah terjadi pada sepeda motor Anda, maka bisa dipastikan koil sudah mulai melemah atau bahkan rusak. Oleh karena itu, mau tidak mau Anda pun harus menggantinya. Namun bagaimana jika Anda tidak mampu menggantinya sendiri, maka apa yang harus dilakukan? Anda masih bisa memanfaatkan kondisi koil tersebut dengan cara mengakalinya sebagai berikut.

Cara Memperbaiki Koil Motor dengan Mudah

– Supaya kondisi koil tetap berada pada kondisi dingin, maka hal yang harus Anda coba yaitu membungkus koil dengan memakai kain basah. Hal ini bisa Anda praktekkan bila sedang melakukan perjalanan jarak dekat. Namun bila sedang mengendarai perjalanan jarak jauh, maka Anda harus menyediakan air yang banyak untuk menghindari kain lap menjadi kering.
– Kemudian Anda juga dapat melakukan perapatan pada celah busi sehingga dapat memperkuat aurs yang nantinya masuk ke busi. Tetapi dengan catatan, Anda harus memperhatikan komponen-komponen yang terpadang pada koil agar dapat bekerja dengan normal.

Jika Anda tidak mau repot-repot melakukan hal seperti yang telah kami sebutkan di atas, Anda dapat langsung mengganti koil motor di bengkel-bengkel terdekat supaya performa motor tetap berjalan seperti biasanya. Demikianlah ulasan yang dapat kami berikan kepada Anda dalam hal Cara Memperbaiki Koil Motor dengan Mudah. Semoga Bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini