Beranda Otomotif Cara Mudah Memperbesar Pengapian Coil Motor

Cara Mudah Memperbesar Pengapian Coil Motor

368
0
memperbesar pengapian koil motor, cara memperbesar pengapian coil motor, cara memperbesar pengapian koil motor, coil pengapian motor, memperbesar pengapian coil motor, koil pengapian motor, cara memperbesar pengapian coil motor, coil motor pengapian besar, koil pengapian sepeda motor, cara kerja coil pengapian sepeda motor, fungsi koil pengapian sepeda motor, koil motor pengapian besar, coil motor pengapian besar

Performa mesin motor Anda kurang memuaskan? Ingin menjadikan pengapian coil motor yang mumpuni dan menginginkan derasnya uap BBM tanpa perlu keluar banyak modal? Pernahkah Anda mencoba kapasitor 4.7 uF di motor dengan mesin yang biasa aja? Sepeda motor yang memiliki kapasitor 4.7 uF dipastikan akan memberikan performa yang luar biasa.

Jika Anda ingin menaikkan performa motor Anda dengan budget yang minim, mungkin Anda harus memperbesar pengapian coil motor. Hal ini dapat Anda coba dengan menerapkan kapasitor yang ukurannya lebih besar sehingga supply api yang keluar pun lebih besar pula, Anda juga dapat menaikkan angka spuyernya. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah piston tidak bolong disebabkan pengapian yang Anda gunakan kering.

Sebelum Anda mencobanya, apakah Anda sudah tahu apa itu kapasitor? Kapasitor adalah suatu benda elektronik yang biasanya terdapat pada televisi, radio, tape dan benda elektronik lainnya. Bentuknya seperti kabel kunci yang memiliki dua kaki dan setiap kakinya berbeda-beda.

Ada yang panjang dan ada juga yang pendek. Kaki yang panjang mengusung daya positif (+) sementara kaki pendeknya mewakili negatif (-). Tanpa Anda sadari, pasti Anda sering melihatnya. Keberadaan kapasitor cukup mudah ditemukan, Anda dapat membelinya di toko pusat penjualan suku cadang kendaraan, dan harganya juga tidak terlalu mahal. Intinya, Anda harus memiliki kapasitor dulu untuk dapat menaikkan performa motor Anda.

Bila Anda sudah mempunyai benda berkaki dua ini, Anda langsung bisa menambah pengapian coil motor menjadi lebih deras. Caranya mudah, Anda hanya perlu menyambungkan dari kabel CDI ke coil atau bisa disebut dengan koil. Walaupun terdengar cukup mudah, namun memang banyak cara unruk melakukannya. Jangan lupa untuk menyambungkan kaki negatif (-) ke kabel yang ada pada CDI (biasanya menuju ke koil), sementara kaki positifnya (+) mengantarkan arus dari kapasitor ke koil.

Bila masih bingung, kami akan beri contoh pada motor RX King bagaimana cara memperbesar koil seperti dibawah ini:
– Jika Anda tahu dengan motor RX King, biasanya kabel dari CDI menuju ke arah coil berwarna orange
– Pindahkan arus dari kabel CDI ke arah kaki kapasitor negatif
– Sedangkan kapasitor yang memiliki kaki positif akan Anda teruskan arusnya menuju coil
– Untuk menyambungkan arusnya, Anda bisa memotong kabel orange kemudian sambungkan ke kaki negatif

Selain langkah-langkah di atas, memperbesar pengapian coil motor dapat dilakukan dengan menggunakan Groud Strap. Dengan cara ini, Anda dapat meredam distorsi dan frekuensi liar yang terjadi di sepanjang kabel busi. Biasanya arus listrik yang ada pada kabel busi ini terlalu tinggi, dikarenakan oleh hasil kinerja coil. Pertama-tama, yang harus Anda siapkan adalah solasi ban dan kabel tembaga dan berikut ini adalah langkah-langkahnya:
– Bukalah coil terlebih dahulu
– Jika kabel tembaga masih terbungkus, kupas atau lepas bungkusnya
– Kemudian lilitkan rapat-rapat di sepanjang kabel busi
– Ujung pertama untuk dudukan coil sedangkan ujung satunya lagi, usahakan jauh dari busi
– Bila sudah, tinggal bungkus lagi dengan solasi ban yang telah disiapkan

Demikianlah informasi yang bisa kami berikan untuk Anda tentang bagaimana cara memperbesar pengapian coil motor. Anda dapat mencoba sendiri dirumah sebab cara-cara tersebut sangat simpel dan sederhana. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini