Beranda Otomotif Cara Memperbesar Pengapian Busi Motor

Cara Memperbesar Pengapian Busi Motor

217
0
Memperbesar Pengapian Busi, memperbesar pengapian busi motor, memperbesar pengapian busi dengan kapasitor, cara memperbesar pengapian busi motor, memperbesar pengapian pada busi, cara memperbesar pengapian pada busi, cara memperbesar pengapian busi, cara memperbesar pengapian busi pada motor, cara memperbesar pengapian pada busi motor, cara membesarkan pengapian busi motor, cara memperbesar api busi dengan kapasitor, memperbesar api busi motor dengan kapasitor, cara meningkatkan pengapian busi, cara menambah pengapian busi

Busi merupakan komponen terpenting dalam sistem pengapian yang berguna untuk memercikkan bunga api di ruang pembakaran sehingga pada langkah akhir kompresi busi akan menerima tegangan tinggi. Kemudian, api akan di bangkitkan pada coil pengapian sehingga menghasilkan letupan api pada kedua ujung busi yang akan membakar campuran udara dan bahan bakar untuk menggerakan mesin pada motor.

Ketika terpasang dengan mesin, tekanan pembakaran dan temperatur pada busi sangat tinggi hinga suhunya mampu mencapai lebih dari 2000 Celcius. Maka dari itu, busi juga harus tahan terhadap getaran yang diciptakan terhadap kondisi itu. Jika Anda ingin melaju dengan aman dan nyaman, rawatlah busi secara rutin supaya motor tidak mengalami kendala. Periksalah dari jarak 3000 km dan segera ganti bila menempuh 6000 km. Karena apabila perawatan busi di abaikan maka akan mengakibatkan mesin sulit menyala dan tenaga laju berkurang.

Lain halnya lagi bila Anda menginginkan untuk memperbesar pengapian busi yang lebih besar dari sebelumnya sehingga laju motor pun semakin kencang. Apa yang harus Anda lakukan? Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana Cara Memperbesar Pengapian Busi Motor tersebut.

Pengapian pada kendaraan roda dua menjadi komponen yang paling vital untuk kinerja mesin. Jika pengapian lemah atau bahkan mati, maka sudah di pastikan mesin motor Anda sukar di hidupkan atau bahkan sering mogok tengah jalan. Hal ini di sebabkan oleh kinerja busi yang tak optimal, dan mungkin saja umur busi sudah melebihi masa pakai atau pengapian busi yang kurang besar.

Apabila Anda ingin memperbesar pengapian busi dengan cara mudah dan murah sehingga dapat dilakukan sendiri dirumah, bisa dilakukan dengan langkah-langkah di bawah ini. Tapi dengan catatan bahwa trik ini hanya dapat diterapkan untuk motor dengan karburator saja. Jadi jika motor Anda memakai sistem injeksi, tidak di sarankan sebab dapat mengganggu sensor yang ada pada motor. Sebelum Anda memulai, sebaiknya siapkan terlebih dahulu gergaji besi, plastik steel dan tembaga atau serabut kabel antena TV.

Cara Memperbesar Pengapian Busi Motor

– Lepaskan cop busi motor, lalu potong leher cop businya
– Setelah terpotong, Anda akan menemukan potongan besi yang sebenarnya berguna untuk menghambat besarnya listrik dari koil agar frekuensi listrik yang tinggi.
– Lepaslah besi tersebut dan gantikan dengan tembaga atau serat kabel antena TV yang telah Anda siapkan tadi
– Pastikan tembaga kabel menyentuh bagian paling bawah dan dalam dari atas lubang busi
– Kemudian, satukan lagi leher cop busi yang telah dipotong dan tambal dengan plastik steel
– Tunggu hingga kering lalu pasanglah. Lihat apakah ada peningkatan percikan api pada busi dengan cara menempelkannya pada blok mesin
– Hidupkan motor dengan kickstarter

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini