Beranda Otomotif Cara Memperbaiki Kopling Slip Motor yang Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Kopling Slip Motor yang Tidak Berfungsi

1818
0
Kopling Slip Motor, selip kopling motor adalah, kopling slip pada motor, penyebab motor selip kopling, ciri slip kopling motor, mengatasi kopling motor slip, gejala selip kopling motor, ciri2 kopling motor slip, akibat selip kopling motor, apa itu selip kopling motor, penyebab kampas kopling motor slip, cara mengatasi kopling motor slip, cara memperbaiki slip kopling motor, penyebab selip kopling pada motor bebek

Kopling merupakan komponen motor yang menghubungkan antara poros engkol dengan poros roda gigi transmisi. Kalau diluar negeri, kopling sering disebut dengan clutch. Fungsi kopling berguna untuk mengatur daya yang disalurkan dari mesin ke transmisi, lalu transmisi mengubah kecepatan mesin sesuai dengan yang di inginkan. Di Indonesia, kopling yang sering dipakai menurut cara kerjanya yaitu kopling manual dan kopling otomatis.

Sering kali, kopling pada motor mengalami slip yang tidak wajar sehingga membuat para pengendara motor kurang nyaman saat menggunakannya. Salah satu dampak yang dirasakan saat kopling motor slip adalah kurangnya tenaga yang timbul dari motor tersebut. Untuk itulah, bila Anda sering mengalami atau baru pertama kalinya mengalami slip kopling motor ini, sebaiknya Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi dan memperbaiki kopling tersebut.

Beberapa penyebab kopling slip bisa dikarenakan oleh plat kopling aus, rumah kopling aus, kanvas kopling telah menipis, rapatnya setelan pada tuas kopling, baut pengunci per kopling longgar atau kendur dan mungkin oil sudah sangat encer karena lama tidak diganti. Bila lama-kelamaan, kopling terus dibiarkan slip dalam jangka panjang, maka dapat menyebabkan komponen motor yang lainnya dapat mengalami kerusakan yang fatal. Maka dari itu, jika kopling motor Anda sudah slip sebaiknya mulai perbaiki segera.

Cara memperbaiki kopling slip motor yang tidak berfungsi, bisa dibilang cukup mudah dan sederhana, tetapi Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana teknologi otomotif dasar seperti membongkar atau memasangnya kembali. Sebelum memperbaiki kopling tersebut, Anda juga harus mengetahui apa penyebabnya karena itulah poin utama yang perlu diperhatikan dari cara memperbaikinya.

Berikut ini langkah-langkah cara memperbaiki kopling slip

– Langkah awal yang harus Anda lakukan untuk memperbaiki kerusakan pada kopling motor yaitu Anda harus mengatur dulu jarak bebas tuas kopling lalu membuka bagian kopling
– Setelah memastikan bahwa kerusakan berasal dari dalam, maka Anda bisa melanjutkan perbaikan dengan cara membuka bagian blog yang terletak dibagian kanan
– Ingatlah baik-baik urutan yang terdapat pada blok kanan tersebut, karena memang Anda diharuskan berhati-hati saat melakukan pembongkaran. Kalau bisa difoto saja agar tidak lupa)
– Apabila terdapat sektor komponen yang memang sudah aus, maka sebaiknya gantilah segera dengan komponen baru
– Jika komponen sudah tersedia, segera ganti dan pasang kembali seperti semula.

Kopling motor slip jelas menyebabkan transmisi saat melajukan motor yang pastinya tidak akan bekerja secara maksimal karena kanvas kopling motor sudah habis. Untuk mengetahui kenapa kanvas kopling habis mungkin oli kemungkinan sudah lama tidak diganti atau tidak sesuai tipe mesin motor. Agar motor bekerja secara maksimal dan kenyamanan pun di dapatkan, maka alangkah baiknya kendaraan motor Anda sering diservice secara berkala.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini