Beranda Otomotif Cara Memperbaiki Fuel Pump yang Rusak

Cara Memperbaiki Fuel Pump yang Rusak

188
0
Memperbaiki Fuel Pump, memperbaiki fuel pump mio j, memperbaiki fuel pump vixion, memperbaiki fuel pump beat fi, memperbaiki fuel pump mobil, memperbaiki fuel pump vario 125, memperbaiki fuel pump lemah, memperbaiki fuel pump cb150r, memperbaiki fuel pump rusak, memperbaiki fuel pump vario, memperbaiki fuel pump motor injeksi, cara memperbaiki fuel pump mobil, cara memperbaiki fuel pump beat fi, cara memperbaiki fuel pump vixion, cara memperbaiki fuel pump motor injeksi, cara memperbaiki fuel pump mio j, cara memperbaiki fuel pump vario 125, cara memperbaiki fuel pump mio gt, cara memperbaiki fuel pump cb150r, cara memperbaiki fuel pump verza, cara memperbaiki fuel pump, cara memperbaiki fuel pump avanza, cara memperbaiki fuel pump beat, cara memperbaiki fuel pump honda beat, cara memperbaiki fuel pump motor beat, cara memperbaiki fuel pump honda beat fi, cara memperbaiki fuel pump beat karbu, cara memperbaiki fuel pump jupiter z1, cara memperbaiki fuel pump x ride, cara memperbaiki fuel pump mio m3, cara memperbaiki fuel pump scoopy, cara memperbaiki fuel pump soul gt, cara memperbaiki fuel pump mio soul gt, cara memperbaiki fuel pump supra x 125, cara memperbaiki fuel pump xeon rc, cara memperbaiki dinamo fuel pump, cara memperbaiki fuel pump scoopy fi, memperbaiki fuel pump mio gt, cara memperbaiki fuel pump honda verza, cara memperbaiki fuel pump hyundai, cara memperbaiki fuel pump injeksi motor, cara memperbaiki fuel pump mobil injeksi, cara memperbaiki ic fuel pump mio j, cara memperbaiki ic fuel pump, cara memperbaiki fuel injection pump, cara memperbaiki fuel pump injeksi, memperbaiki ic fuel pump mio j, cara memperbaiki fuel pump mio j rusak, cara memperbaiki fuel pump yamaha mio j, cara memperbaiki fuel pump motor mio j, cara memperbaiki fuel pump jupiter mx, cara memperbaiki fuel pump lemah, cara memperbaiki fuel pump vixion yang lemah, cara memperbaiki fuel pump yang lemah, cara memperbaiki fuel pump yg lemah, cara memperbaiki fuel pump vixion lama, cara memperbaiki fuel pump motor vixion, cara memperbaiki fuel pump motor, cara memperbaiki fuel pump yg mati, memperbaiki fuel pump motor, cara memperbaiki fuel pump mobil carry, cara memperbaiki fuel pump vixion old, cara memperbaiki fuel pump rusak, cara memperbaiki fuel pump cb 150 r, cara memperbaiki relay fuel pump, memperbaiki fuel pump yang rusak, cara memperbaiki fuel pump vixion rusak, cara memperbaiki fuel pump motor yang rusak,
Fuel Pump (Foto: Motor Plus)

Apakah Anda adalah salah satu pengguna motor matic injeksi seperti Mio J yang merupakan produk keluaran Yamaha? Motor ini memang menjadi motor yang cukup unik dan nyaman untuk dikendarai. Namun seperti motor injeksi lainnya, motor matic tersebut juga sering mengalami mogok mendadak. Peristiwa menjengkelkan ini akibat dari pompa bahan bakar yang tidak dapat bekerja dengan normal, seperti menyalakan mesin di waktu pagi atau mesin yang tiba-tiba mati sendiri ketika dijalankan.

Tak jarang pula para pengguna motor injeksi mengeluh karena fuel pump atau pompa bensin yang tak kunjung berat dan padat, padahal sudah sering memompa dan yang dirasakan hanya ringan terus menerus seolah-olah, Anda memompa angin dan bukannya bahan bakar. Apa yang terjadi dapat disebabkan oleh dua hal yakni masuknya angin pada jalur bahan bakar dan feed pump yang memang tidak bisa lagi bekerja dengan baik seperti seharusnya.

Cara Memperbaiki Fuel Pump yang Rusak

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan informasi mengenai cara memperbaiki fuel pump yang rusak. Sebelum itu, ada baiknya mengetahui bagaimana ciri-ciri fuel pump yang baik dan masih kondisi bagus. Cirinya-cirinya adalah pompa dapat menghisap bahan bakar dari tangki dengan mudah dan mampu menahan bahan bakar yang terhisap itu tidak turun lagi dan kembali ke tangki.

Fuel pump yang rusak berkaitan erat dengan bagian motor penggerak, impeller, dan pressure regulator dan bagian IC integrated curcuit. Lantas bagaimana cara memperbaikinya dengan mudah? Cara memperbaiki pompa bensin motor injeksi di mulai dengan mengetahui komponen yang ada pada bagian motor. Umumnya komponen yang ada pada IC yang terdiri dari transistor, resistor, dioda dan kapasitor. Terkadang beberapa jenis motor injeksi bukan hanya dapat melakukan reset pada bagian ISC-nya sebab Anda perlu melakukan perbaikan lanjutan di komponen lain.

Kemudian, pastikan bahwa resistor berada di angka normal sebab apabila lebih besar artinya motor Anda perlu di service. Kadang-kadang, dalam hal memperbaiki fuel pump yang rusak ini, Anda tidak perlu melakukan pembongkaran melainkan hanya membeli bagian yang rusak tadi. Kendati demikian, untuk menghindari membeli bagian baru, Anda hanya bisa memilih untuk memperbaiki bagian yang rusak saja dengan benar, murah dan irit biaya.

Selanjutnya, Anda dapat mengganti IC assy dengan fuel pump lain lalu periksa kembali apakah pompa telah bekerja secara normal atau tidak. Anda dapat melepaskan IC dan terminal, lalu dengan kaki-kaki IC secara mudah dengan alat-alat yang sudah dipersiapkan seperti solder, obeng, dan lain-lain. Pastinya jika ingin memperbaiki alat yang rusak ini tidaklah mudah terutama orang yang masih asing dengan dunia otomotif. Akan tetapi, apabila Anda terus berusaha maka cara memperbaiki fuel pump yang rusak bukanlah sesuatu yang sulit dilakukan. Semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini