Cara Memperbaiki Aki Soak Dengan Mudah

admin

Aki Motor (Foto: motorblitz.com)

Aki ditemukan pertama kalinya pada tahun 1800 oleh seorang tokoh ilmuwan fisika dari Italia yang bernama Alessandro Volta. Pada saat itu, Alessandro Volta sukses menemukan sistem pembangkit listrik yang praktis dengan memakai susunan elemen rumit sehingga menjadi cikal bakal produk aki masa kini. Aki merupakan singkatan dari akumulator dalam bahasa inggrisnya lead acid battery atau accu. Pada kendaraan bermotor, aki berperan sangat penting karena menjadi sumber listrik, dan apabila mulai rusak atau soak, maka performa mesin motor pun menjadi terganggu.

Pada sepeda motor, jenis aki yang sering dipakai adalah aki kering. Meskipun bentuknya sama dengan aki basah namun cara kerjanya berbeda. Api kering sepertinya aki yang bebas perawatan bila dibandingkan dengan aki tipe basah yang ketinggian atau level cairannya harus selalu dijaga. Dari beberapa orang belum tentu mengetahui bila aki kering yang sudah soak atau bahkan rusak tidak bisa diperbaiki lagi. Namun sebenarnya, aki tersebut masih bisa diperbaiki dan digunakan lagi. Lantas bagaimanakah cara untuk memperbaikinya?

Langkah-langkah untuk memperbaiki aki kering yang sudah rusak atau soak yaitu dengan menyediakan alat serta barang berbentuk obeng min (-), suntikan dan accu zuur atau cairan aki yang baru untuk pengisisan kembali. Beberapa orang sering mengatakan bahwa cairan aki diberi nama dengan aki sir. Namun jangan salah beli air aki untuk memperbaiki karena tipe air aki terkadang tidak sama. Meskipun demikian Anda harus teliti terlebih dahulu bagaimana sistem pengisian aki sebelum menganggap aki yang Anda punya sudah rusak atau soak.

Cara memperbaiki aki yang sudah soak

– Pertama adalah lepaskan terlebih dahulu aki kering yang terdapat pada box motor Anda. Kabel-kabel penyusunnya harus di ingat, atau bisa di foto agar tidak lupa.
– Sesudah aki telah di ambil, kemudian buka paksa tutup aki kering tersebut dengan obeng min (-). Hal itu disebabkan karena tutup aki sudah dilem rapat pada saat pembuatan dipabriknya.
– Kemudian buka tutup aki, biasanya terdapat tiga buah lubang dengan penutup tipe karet
– Setelah penutup aki terbuka, sebelumnya Anda isikan Accu zuur tadi di dalam aki kering dengan tetras 1 cm dari jarak mulut lubang aki.
– Sesudah di isi, tutup rapat-rapat kembali dengan rapi dan jangan sampai mengalami kebocoran. Aki kering tersebut dapat dipergunakan kembali setelah kabel-kabel telah terpasang dengan benar
– Sesudah semua kabel terpasang, nyalakan motor seperti biasa tetapi dengan cara mengengkol sampai mesin dapat berjalan.
– Diamkan selama 15 menit, hal itu dilakukan karena untuk mengisi ulang aki kering Anda yang sudah digunakan tadi.

Demikianlah beberapa tahapan yang dilakukan untuk cara memperbaiki aki kering pada motor yang sudah soak, rusak atau mati. Meski daya tahan aki hasil dari upaya perbaikan tidak dapat maksimum seperti halnya aki baru, namun cari ini akan lebih bermanfaat daripada Anda membiarkan aki soak tetap terpasang pada motor. Bila terus di abaikan maka dapat memicu kerusakan pada perangkat lainnya yang memerlukan arus listrik.

Tags

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer