Beranda Finansial Tips Memilih Pinjaman Online Yang Aman

Tips Memilih Pinjaman Online Yang Aman

90
0
Aplikasi Pinjaman Online Tunaiku

Sekitar lima tahun belakangan ini Indonesia dibanjiri oelh aplikasi finansial teknologi (fintech) Pinjaman Online. Banyak yang memberikan tawaran menggiurkan dengan iming-iming proses pengajuan mudah hingga angsuran yang ringan. Akan tetapi pada prakteknya banyak disalahgunakan oleh beberapa pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bukanya memberikan kemudahan bagi peminjam, oknum tersebut justru memeras orang dengan kedok pinjaman online. Apalagi kondisi ekonomi masyarakat Indonesia sedang dalam masa sulit efek dari Pandemi Covid-19. Semakin banyak masyarakat saat ini yang membutuhkan uang secara cepat untuk modal usaha maupun sekedar bertahan hidup.

Demi memastikan apakah pinjaman online yang akan Anda pilih aman atau tidak, perhatikan beberapa ciri-cirinya berikut ini. Berikut ini beberapa tips memilih pinjaman online yang aman.

Tips Memilih Pinjaman Online Yang Aman

1. Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)
Sebelum mengajukan pinjaman online, pastikan terlebih dahulu lembaga yang Anda pilih terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Caranya adalah dengan mengecek di situs resmi OJK, ojk.go.id.

Secara berkala OJK biasanya akan melakukan press release daftar fintech legal dan mana yang ilegal. Jangan mudah percaya dengan klaim sepihak dari lembaga yang menawarkan pinajam oline secara sepihak, akan tetapi pastikan cek langsung di situs resmi OJK.

2. Memiliki Alamat dan Situs yang Jelas
Meskipun lembaga keuangan tersebut menawarkan pinjaman online, seharusnya tetap memiliki alamat kantor yang digunakan untuk operasional mereka. Alamat kantor biasanya ditulis pada bagian footer (bagian dasar atau paling bawah) website. Dalam footer tersebut biasanya juga dituliskan nomor telepon kantor serta link media sosial mereka diberbagai platform sosmed.

Kemudian pastikan juga email perusahaan tersebut tidak menggunakan email gratisan seperti Gmail dan Yahoo, tetapi menggunakan email dengan domain situs website perusahaan tersebut sendiri. Jika alamat, nomor telepon dan email sulit ditemukan atau susah dipastikan kevalidannya sebaiknya jauhi. Kemungkinan besar lembaga tersebut merupakan penyedia jasa pinajaman online yang abal-abal.

3. Mekanismenya Transparan
Lembaga keuangan pinjaman online yang legal, pasti akan menjelaskan semua mekanisme baik cara peminjaman dan pelunasan secara jelas. Biasanya akan dijelaskan bagaimana alur peminjaman, syarat-syarat yang dibutuhkan, kapan dana dicairkan, suku bunga, hingga simulasi angsuran. Sehingga membuat calon nasabah memiliki pemahaman yang baik terkait pinjaman online di lembaga tersebut.

4. Bunganya Tidak Mencekik
Karena sudah terlanjur terdesak oleh kebutuhan uang yang harus ada secara cepat, banyak calon nasabah yang tidak membaca dengan teliti bunga dari pinjaman online yang ditawarkan. Setelah mendapatkan kemudahan pinjaman, justru nasabah terlilit hutang akibat dari bunga yang mencekik.

Sedikit tips untuk memilih pinjaman online adalah bunga yang dikenakan tidak jauh dari bunga pinjaman di bank. Umumnya pinjaman di bank memiliki bunga kurang dari 3 persen per bulan. Apabila ada pinjaman online yang memiliki bunga diatas 3 persen, sebaiknya dihindari.

Pinjaman Online di Tunaiku

Setelah membaca tips memilih pinajaman online yang aman diatas, saya merekomendasikan untuk Anda melakukan pinjaman online di Tunaiku. Sebab di Tunaiku telah memenuhi setidaknya 4 tips memilih pinajaman online yang aman. Berikut ini kami ulas sedikit mengapa Anda perlu mempertimbangkan Tunaiku dalam memilih aplikasi pinjaman online.

1. Berpengalaman
Tunaiku merupakan teknologi finansial (fintech) pertama di Indonesia yang bergerak menyediakan pinjam uang online tanpa agunan. Berdiri sejak 2014, Tunaiku adalah produk digital pinjaman tanpa agunan dari PT Bank Amar Indonesia Tbk yang dimiiki oleh perusahaan multinasional bernama TOLARAM.

Amar Bank sendiri merupakan sebuah bank yang berasal dari Surabaya yang telah berdiri sejak 1991. Sehingga Tunaiku adalah pinjaman online yang legal, resmi, serta terdaftar di OJK.

2. Tanpa Agunan
Yang menarik dari Pinjaman Online di Tunaiku adalah tidak dibutuhkan agunan atau jaminan. Nasabah cukup dengan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), memilki usia 21 hingga 55 tahun, warga negara Indonesia (WNI), memiliki rekening bank dan berpenghasilan.

3. Plafon Besar
Kelebihan lain Pinjaman Online di Tunaiku adalah nasabah diberikan plafon besar. Meski tanpa agunan, Tunaiku berani memberikan plafon atau batas jumlah pinjaman uang tertinggi yang bisa diajukan yang besar. Tunaiku merupakan satu-satunya Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan plafon mencapai Rp. 20 juta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini