Beranda Otomotif Tips Aman Mudik Lebaran, Wajib Tahu!

Tips Aman Mudik Lebaran, Wajib Tahu!

569
0
tips mudik, tips mudik cak lontong, tips mudik dengan motor, tips mudik aman, tips mudik naik motor, tips mudik sehat, tips mudik lebaran, tips mudik lebaran 2022, tips mudik aman saat pandemi, tips aman mudik

Ketika Ramadhan tiba, di Indonesia memiliki kebiasaan untuk mudik ke kampung halaman. Meninggalkan rumah untuk pulang ke daerah asal untuk bertemu dengan keluarga besar.

Saat mudik lebaran, keamanan ketika meninggalkan rumah merupakan suatu hal yang paling penting untuk diperhatikan, terutama bagi pemudik yang memboyong seluruh anggota keluarga pulang kampung.

Nah bagi Anda yang ingin mudik ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar, berikut ini tips aman mudik saat lebaran.

Tips Aman Mudik

1. Berangkat Lebih Awal
Bagi pemudik pengendara yang memanfaatkan jalur utama sebagai tujuan untuk mudik dan balik lebaran, disarankan untuk berangkat lebih awal agar tidak terjebak kemacetan dan menyusun agenda perjalanan sebelum berangkat. Berangkat lebih awal saat perjalanan mudik bisa menjadi salah satu solusi bagi para pemudik untuk terhindar dari kemacetan.

Dengan begitu pengendara tidak terburu-buru dan bisa lebih leluasa saat berkendara, karena jalur yang dilalui masih senggang. Selain itu pengendara juga harus mengetahui jalur jalur alternatif yang bisa digunakan apabila terjebak macet.

2. Utamakan Selamat
Selalu mengedepankan Safety Riding, serta membawa surat-surat kelengkapan berkendara dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada disepanjang jalur mudik. Utamakan keselamatan berkendara serta jangan paksakan kondisi tubuh saat berkendara.

Jika terasa lelah sebaiknya beristirahat dahulu di rest area yang sudah tersebar disepanjang jalur mudik, baru kemudian melanjutkan perjalanan.

3. Pastikan Rumah Terkunci
Yang lebih utama, bagi para pemudik yang meninggalkan rumah dalam waktu lama untuk memastikan semua pintu, jendela, dan garasi rumah pastikan semua sudah tertutup rapat serta terkunci. Apabila perlu ditambah kunci pengaman tambahan.

4. Matikan Peralatan Elektronik
Matikan semua peralatan elektronik seperti AC, kulkas, TV, kompor gas, serta lainnya guna menghindari bahaya kebakaran. Lampu depan biarkan tetap menyala agar dipandang rumah tidak kosong yang ditinggalkan. Usahakan untuk melapor kepada ketua RT dan tetangga atau bisa juga kepada pihak Kepolisian bahwa rumah dalam keadaan kosong karena penghuninya mudik Lebaran.

Itu tadi tips aman mudik, supaya Anda dapat berlebaran di kampung halaman dengan aman dan nyaman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini