Beranda Tekno Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Perahu Karet

Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Perahu Karet

1249
0
Perahu Karet (Foto: Google.com)

Perahu merupakan salah satu alat transportasi yang dioperasikan di atas air. Perahu sendiri sudah ada sejak zaman dahulu. Bahkan, perahu-perahu tersebut digunakan untuk melintasi satu benua ke benua yang lainnya.

Awalnya, perahu terbuat dari kayu. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, beberapa bahan pun digunakan untuk membuat perahu, termasuk salah satunya yaitu karet. Saat ini, banyak orang yang lebih memilih perahu karet karena dianggap lebih praktis dan bisa dibawa kemana saja.

Selain itu, tidak banyaknya orang yang menjual perahu karet menjadikan perahu jenis ini semakin digandrungi oleh sebagian orang. Ada yang menggunakan perahu karet untuk memancing atau hanya sekedar sebagai rekreasi saja.

Nah, bagi kamu yang ingin membeli perahu karet dengan harga murah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik. Karena jika kamu membelinya secara sembarangan, maka hal itu akan membuat kamu memilih perahu karet yang salah.

1. Model Perahu Karet

Foto: Shopee.co.id

Ada berbagai macam model dari perahu karet itu sendiri. Mulai dari perahu dengan model bagian depan yang runcing ataupun bulat. Tentu saja, model dari perahu karet tersebut memiliki tujuannya masing-masing.

Tak hanya itu, saat kamu akan memilih sebuah perahu karet, pastikan bahwa perahu yang kamu pilih tidak memiliki warna yang mencolok. Terlebih jika kamu akan menggunakan perahu tersebut untuk rekreasi bersama dengan keluarga di danau.

Warna yang mencolok akan membuat pantulan perahu karet, karena sinar matahari membuat penglihatan menjadi tidak nyaman. Tak hanya itu, suhu di atas perahu karet tersebut juga akan terasa lebih panas.

2. Bahan Perahu Karet

Foto: Google.com

Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah bahan dari perahu karet itu sendiri. Nah, bahan paling umum yang digunakan dalam sebuah perahu karet adalah PVC. Tentu saja, semakin banyak lapisan PVC yang ada dalam perahu karet tersebut, maka akan membuat kualitasnya menjadi semakin baik dan kuat.

Namun, disisi lain dengan adanya penambahan bahan tersebut akan membuat bobot menjadi bertambah. Oleh sebab itu, kamu harus bisa memilih perahu karet yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak salah dalam memilih material.

Apakah cukup sampai disitu saja? Belum, kamu juga harus menghitung berapa berat maksimal perahu untuk aktivitas yang akan kamu jalani. Hal ini karena keselamatan diri memang jauh lebih penting.

3. Elemen Tambahan Pada Perahu

Foto: erkas.ru

Ada beberapa perahu karet yang dilengkapi dengan menggunakan beberapa elemen seperti saluran air, katup pelepas tekanan, mata jangkar, jangkar perahu karet dan cincin pengaman motor. Akan tetapi, tidak semua perahu karet dilengkapi dengan beberapa elemen tersebut.

Oleh karena itu, carilah perahu dengan elemen tambahan yang kamu butuhkan. Sebagai contohnya yaitu katup pelepas tekanan, katup pelepas otomatis tersebut berfungsi saat cuaca sedang terik-teriknya. Karena pada saat cuaca terik, bagian silinder pada perahu karet bisa mengalami kritis.

Dengan adanya katup tersebut, maka akan otomatis menghitung berapa banyak udara yang harus dikeluarkan dari area silinder sehingga tidak akan membahayakan para penumpang.

4. Pilihlah Perahu Karet Sesuai Kebutuhan

Foto: intex.id

Seperti yang telah kamu ketahui, ada berbagai macam jenis perahu karet. Setiap jenis dari perahu tersebut tentu saja memiliki perbedaan dan tujuannya sendiri-sendiri. Jadi, ketika kamu ingin membeli perahu karet jangan asal, apalagi karena perahu tersebut memiliki harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan perahu karet pada umumnya.

Pastikan terlebih dahulu, perahu yang kamu beli akan digunakan untuk apa. Jika perahu tersebut digunakan untuk menjelajah medan yang ekstrim, maka kamu harus memilih perahu yang memiliki bentuk kokoh serta kuat.

Begitu pula dengan kapasitas perahu karet itu sendiri. Jika kamu ingin menggunakan perahu karet yang akan ditumpangi lebih dari satu atau dua orang, maka pilihlah perahu dengan kapasitas yang memadai. Jangan lupa untuk menyisakan ruang di perahu karet untuk berbagai macam peralatan yang akan kamu beli nantinya.

5. Sesuaikan dengan Budget

Foto: pixabay.com

Harga dari perahu karet memang cukup bervariasi. Meski kamu bisa menemukan banyak perahu karet murah, akan tetapi kamu juga harus memperhatikan kualitas dari perahu karet itu sendiri. Umumnya, semakin baik kualitas dari perahu karet maka semakin mahal pula harga yang ditawarkan.

Nah, jika kamu tidak memiliki budget yang terlalu banyak, kamu bisa melakukan survei dengan membandingkan harga dan kualitas perahu karet dari satu tempat dengan tempat yang lainnya.

Memilih sebuah perahu karet tentu tidak boleh sembarangan. Meski banyak yang menjual perahu karet murah, namun kamu jangan mudah terpikat begitu saja. Perhatikan pula kualitas dari perahu karet itu sendiri. Hal ini karena sangat berkaitan dengan keselamatan diri kamu dan penumpang lainnya.

Nah, setelah kamu membaca beberapa tips sebelum membeli perahu karet murah tersebut, semoga pembahasan ini bisa memberikan manfaat bagi kamu untuk memilih perahu karet yang tepat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini