Beranda Tips Cara Atasi WC yang Mampet dengan Soda Api

Cara Atasi WC yang Mampet dengan Soda Api

112
0
bahaya soda api untuk wc, manfaat soda api untuk saluran air mampet, bahaya soda api untuk wc, manfaat soda api untuk saluran air mampet, cara mengatasi wc mampet selain dengan soda api, cara mengatasi wc jongkok mampet, cara mengatasi wc mampet dengan garam, cara mencairkan soda api yang mengeras, cara menggunakan soda api untuk wastafel mampet
Soda Api

Cara Atasi WC yang Mampet dengan Soda Api. Natrium Hidroksida (NaOH) atau yang biasa dikenal sebagai Soda Api biasa digunakan di berbagai macam bidang industri. Soda api digunakan sebagai basa dalam proses pembautan bubur kayu dan kertas, tekstil, air minum, sabun, deterjen, dan sebagainya. Namun ternyata soda api memiliki fungsi lain yang tidak kita sangka-sangka sebelumnya.

Ternyata soda api juga dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan rumah tangga, salah satunya mampu mengatasi masalah saluran WC yang mampet. Saluran WC yang tersumbat adalah permasalahan yang cukup umum ditemui di berbagai rumah tangga. Jika biasanya mengatasi permasalahan tersebut dengan memanggil jasa tukang sedot wc, kamu bisa dengan mencoba menggunakan soda api terlebih dahulu.

Sebab jasa tukang sedot WC juga tidak murah, sehingga kamu bisa dapat menghemat pengeluaran. Disamping itu soda api cukup mudah didapatkan dan harganya juga terbilang sangat murah. Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakan soda api sebagai cara atasi wc yang mampet.

1. Soda api bersifat korosif
Korosif adalah sifat suatu subtantsi yang dapat menyebabkan benda lain hancur atau memperoleh dampak negatif. Karena memiliki sifat tersebut, soda api dapat membantu mengahancurkan benda yang menyumbat di saluran air seperti kotoran, rambut dan lain-lain. Meski berbentuk padat dalam bentuk pelet, serpihan, butiran namun soda api mudah dilarutkan dalam air.

2. Bahaya terpapar soda api
Sebagai bahan kimia yang cukup efektif dan mudah dalam mengatasi masalah saluran wc atau air yang mampet, soda api juga memeliki efek samping bila tidak hati-hati dalam penggunaanya. Jika soda api masih dalam berbentuk padat apabila terkena kulit yang kering maka hanya akan menghasilkan rasa panas.

Namun apabila kulit terkena soda api yang sudah larut dalam air maka langsung menyebabkan iritasi dengan rasa seperti terbakar, terasa gatal dan lengket. Tingkat iritasi kulit yang ditimbulkan dipengaruhi oleh konsentrasi soda api. Oleh karena itu selalu gunakan sarung tangan karet ketika akan menggunakan soda api sebagai solusi mengatasi saluran wc yang mampet.

Dalam menggunakan soda api, selalu gunakan kacamata sebagai pelindung mata. Apabila terpapar soda api pada bagaian mata bila pada konsentrasi tinggi dan penanganan yang terlambat, kebutaan permanen bisa terjadi. Saat selesai menggunakan soda api, segera simpan dalam keadaan tertutup dari udara dan simpan di luar jangkauan anak-anak.

Cara menggunakan soda api untuk WC mampet

Untuk membersihkan saluran air yang mampet dengan soda api, tentu saja persiapakan soda apinya baik dalam bentuk padat maupun yang berbentuk cairan. Soda api dapat dibeli di toko-toko bangunan atau di toko yang menjual cairan kimia. Selanjutnya ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Sebagai langkah langkah keselamatan, siapkan larutan penetral sebagai antisipasi jika terdapat bagian tubuh terkena cairan dari soda api. Gunakan sarung tangan karet, masker sebagai pelindung hidung dan mulut, kacamata sebagai pelindung mata, dan buka pintu dan jendela kamar mandi selebar mungkin supaya sirkulasi udara berjalan dengan baik.
2. Pada saat ketinggian air pada WC seperti pada seharusnya, tuangkan soda api ke dalam lubang WC. Tidak ada ukuran pasti berapa jumlah yang harus dituangkan. Kemudian guyur toilet, tunggu sampai larut.
3. Biarkan soda api bereaksi dengan air selama sekitar 10 menit.
4. Lakukan pengetesan apakah WC sudah sudah tidak mampet, dengan menuangkan sejumlah air ke dalamnya.
5. Jika saluran wc masih teteap mampet, ulangi langkah 2-4 dengan lebih banyak soda api selama durasi yang lebih lama. Meski lebih banyak, sebaiknya tidak menambahkan soda api berlebihan. Sebab efek panas soda api juga juga dapat merusak Pipa PVC jika penggunaan yang berlebihan.
6. Setelah sabar menunggu, saluran WC kamu akan lancar lagi.

Namun apabila WC masih mampet setelah beberapa kali mencoba langkah-langkah di atas, segera mungkin hubungi jasa penyedot WC untuk mengatasi saluran WC yang mampet.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini