cara menghilangkan bau mulut cepat dan permanen

0
361

Cara menghilangkan bau mulut – Halitosis, umumnya dikenal sebagai bau mulut adalah kondisi kesehatan yang mempengaruhi sekitar 30% dari orang di seluruh dunia. Terlepas dari istilah yang digunakan, bau mulut adalah bau yang datang dari rongga mulut. Meskipun hal ini adalah sesuatu yang dialami banyak orang, jika bau mulut tidak membaik setelah menyikat gigi dan berkumur dengan obat kumur bebas alkohol, hal ini dapat menjadi kronis.

bau mulut biasanya disebabkan oleh sekelompok anaerob, sulfur-memproduksi bakteri yang berkembang biak di bawah permukaan lidah dan di tenggorokan . Istilah “anaerobik” secara harfiah berarti hidup tanpa oksigen, dan pada kenyataannya, bakteri ini tidak memerlukan oksigen untuk hidup. Mereka terjadi secara alami dalam lingkungan mulut dan sangat penting karena mereka membantu dalam pencernaan dengan memecah protein menjadi asam amino. Protein biasanya ditemukan dalam makanan, lendir atau dahak, darah di jaringan mulut.

berikut ini uraian lengkap penyebab bau mulut, cara menghilangkan bau mulut secara alami dan mencega bau mulut:

Penyebab bau mulut

penyebab bau mulut

Ada banyak penyebab yang mendasari halitosis, tetapi empat di antaranya sangat umum.

Mulut kering

Xerostomia, istilah medis untuk mulut kering, menyediakan lingkungan yang sempurna untuk bakteri anaerob reproduksi. Lama berbicara, merokok, minum alkohol, dan mendengkur adalah beberapa umum yang mendasari penyebab. Kebanyakan orang mengalami napas yang tidak segar di pagi hari karena kurangnya produksi air liur saat mereka tidur. Untuk orang sehat, bau makanan bersifat sementara dan normal aliran ludah akan menghilangkan mereka dalam beberapa menit. Namun, mereka yang menderita mulut kering dan kurangnya air liur dapat menyebabkan bau mulut menjadi lebih lama dibanding orang yang normal.

Makanan

Halitosis dapat diperburuk oleh makanan tertentu seperti bawang merah,bawang putih, jengkol dan petai karena mengandung bau belerang, sementara susu, daging, dan ikan padat berisi protein yang digunakan sebagai sumber makanan oleh bakteri anaerob, gula olahan juga menyediakan sumber makanan bagi bakteri. Kopi dan jus dapat berkontribusi untuk masalah ini karena bersifat asam dan memberikan bakteri lingkungan yang baik untuk tumbuh

Kebersihan gigi yang buruk

Kurangnya perawatan mulut yang menyebabkan penumpukan bakteri pada gigi dan gusi. kurangnya gosok gigi menyebabkan mikroorganisme dapat dengan mudah menempel pada gigi dan tetap ada untuk waktu yang lama. Jika terus-menerus tidak  sikat gigi, bakteri ini berkembang menjadi sesuatu yang disebut biofilm, umumnya dikenal sebagai plak gigi. Ketika plak dibiarkan menumpuk di dekat garis gusi, itu akan mengeras dan mulai menghancurkan gigi dan jaringan gusi karena intens aktivitas bakteri.Hal ini menyebabkan penyakit gusi seperti gingivitis dan periodontitis

penyakit

Menurut penelitian, diperkirakan 10% dari semua kasus halitosis yang disebabkan oleh penyakit tertentu. Individu yang menderita diabetes, penyakit paru, penyakit ginjal, kanker, penyakit hati, infeksi saluran pernapasan, atau gangguan metabolik sering mengalami bau mulut kronis karena mulut kering. Sinusitis, pneumonia, bronkitis, postnasal drip, dan polip mempengaruhi saluran udara dan juga dapat berkontribusi untuk masalah ini. Penyakit umum lainnya yang terkait dengan bau mulut seperti infeksi ragi mulut, dan penyakit gusi. Obat-obatan tertentu seperti antidepresan, obat tekanan darah tinggi, dan antihistamin dapat menjadi faktor mulut kering karena mereka mengurangi produksi air liur.

obat penghilang bau mulut di apotek

Secara umum, seorang dokter gigi akan merekomendasikan obat kumur dan pasta gigi yang mengandung oxygenating agen seperti klorin dioksida atau natrium klorit untuk menetralkan senyawa belerang yang mudah menguap dan membantu mengontrol bakteri yang menyebabkan bau yang ditemukan di mulut.

Jika anda mengalami kekeringan mulut, dokter gigi  akan merekomendasikan untuk membasahi mulut sepanjang hari dengan permen karet bebas gula Terus mengunyah permen karet bebas gula dapat menyembuhkan bau mulut dengan mempromosikan dan mempertahankan aliran air liur yang sehat di mulut dan tenggorokan. Kebanyakan permen karet bebas gula juga mengandung rasa yang menyegarkan seperti mint yang memberi Anda bau napas bebas selama berjam-jam. permen seperti xylitol, CoQ10, glycyrrhizic acid dan oral probiotik seperti K12 dan M18.

Baca juga
Cara berhenti merokok secara permanen
Cara membersihkan karang gigi dengan cepat
Cara memutihkan gigi secara alami

Cara menghilangkan bau mulut secara alami

cara menghilangkan bau mulut secara alami

bahan alami yang digunakan untuk menghilangkan bau mulut:

Jeruk nipis

Jeruk nipis adalah salah satu solusi tertua untuk bau mulut. The sitrat asam menghentikan pertumbuhan bakteri di lidah dan gusi. cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk nipis sangat mudah, Siapkan 1 jeruk nipis dan 1 cangkir air (200 ml). Kemudian Peras air jeruk nipis ke dalam secangkir air dan aduk rata. Berkumurlah dengan cairan ini, beberapa kali sehari.

Daun sirih

Daun sirih digunakan untuk mengobati bau mulut dan menyegarkan mulut ketika dikunyah setelah makan dan sirih juga membantu pencernaan. Selain dikunyah langusng cara menghilangkan bau mulut dengan daun sirih adalah dengan membuat ramuan dengan merebus 2-3 daun sirih dalam dua gelas air sampai menjadi setengahnya. Saring dan dinginkan campuran dan gunakan untuk berkumur setelah makan.

Daun kemangi

Daun kemangi adalah sejenis tumbuhan alami yang dapat ditemukan dengan mudah di daerah tropis. cara menghilangkan bau mulut dengan daun kemangi adalah dengan menambahkan daun kemangi dalam semua hal yang Anda makan dengan menjadikannya lalab pendamping makanan anda.

Cara lain menggunakan daun kemangi adalah dengan menumbuk daun kemangi dengan halus dan tuangkan segelas air hangat. Kemudian, saring campuran tersebut. Air daun kemangi bisa digunakan untuk berkumur. Ini dapat membantu mengurangi bau mulut dan membuat mulut anda wangi.

Peterseli

Peterseli tidak hanya membuat pencernaan efektif dan mudah, tetapi juga merupakan obat rumah yang baik untuk halitosis. Klorofil dalam peterseli bertindak sebagai antibakteri dan membantu dalam menghilangkan bakteri penyebab bau mulut dan tenggorokan. Dengan mengunyah daun peterseli segar langsung atau tambahkan sebagai hiasan di makanan Anda akan mengurangi bau mulut dengan cepat

Air Garam

Larutan air garam menetralkan pH mulut dan membersihkannya juga Itu juga bersifat antimikroba. Larutkan 1 sendok teh garam meja dengan segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.Ulangi ini sekali atau dua kali sehari.

Baking Soda

cara menghilangkan bau mulut

Soda kue menyeimbangkan tingkat pH dalam mulut dan menurunkan keasaman karena merupakan antasid alami. Seiring dengan sifat antibakteri dari jus lemon, obat ini membuat kombinasi yang kuat untuk menghilangkan bau mulut. Berikut cara menghilangkan bau mulut dengan baking soda

Anda akan perlu

  • 1 sendok teh soda kue
  • 1/2 sendok teh jus lemon

Apa yang Harus Anda Lakukan

  1. Campur bahan-bahan untuk mendapatkan pasta kasar. Gosok pasta ini dengan lembut di gigi Anda.
  2. Biarkan selama satu menit dan kemudian bilas mulut Anda dengan air bersih.
Peringatan

Jangan terlalu sering menggunakan obat ini karena penggunaan soda kue yang berlebihan dapat merusak enamel gigi.

Cuka apel

cara mengatasi bau mulut

Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri yang sangat membantu dalam mengurangi halitosis. Ini mengembalikan keseimbangan pH di mulut. Berikut cara menghilangkan bau mulut dengan cuka apel:

Anda akan perlu
  • 1-2 sendok makan cuka sari apel
  • Segelas air dingin

Apa yang Harus Anda Lakukan

  1. Buat larutan cuka dan air.
  2. Gunakan ini sebagai obat kumur. Berkumurlah selama 3-5 menit.
  3. Bilas mulut Anda dengan air biasa.
  4. Lakukan ini di pagi hari dan juga sebelum tidur.

Jahe

Sifat antimikroba jahe membantu menghilangkan bau tak sedap serta berbagai jenis infeksi mulut dan tenggorokan. tips menghilangkan bau mulut dengan jahe:
Anda akan perlu
  • 1 sendok teh jus jahe
  • Segelas air hangat
Apa yang Harus Anda Lakukan
  1. Parut dan peras akar jahe untuk mengekstrak jus segar.
  2. Tambahkan jus ini ke air hangat dan bilas mulut Anda dengannya.
  3. Lakukan ini setelah makan, dan kemudian, sekali setiap beberapa hari untuk menjaga bau mulut di teluk.

The hijau

Memiliki teh hijau di pagi hari, bukan teh atau kopi dengan susu dapat membawa Anda jauh dalam perang melawan halitosis. Fitokimia dalam teh hijau secara alami antibakteri dan akan membersihkan dan menghilangkan bakteri penyebab bau. tips menghilangkan bau mulut dengan teh hijau

Anda akan perlu

  • 1 kantong teh hijau
  • Secangkir air panas
  • Madu untuk dicoba)

Apa yang Harus Anda Lakukan

  1. Curam kantong teh selama beberapa menit dan kemudian lepaskan.
  2. Tambahkan madu secukupnya dan minum teh ini.
  3. Minum 1-3 cangkir teh hijau setiap hari.

Kayu manis + Madu +Lemon

Kayu manis dan madu memiliki sifat antimikroba yang akan mendisinfeksi dan membersihkan mulut Anda tambahan Lemon juga mengandung asam yang memiliki efek bakterisida pada flora mulut sambil menyeimbangkan pH di mulut. Berikut cara menghilangkan bau mulut dengan madu, kayu manis dan lemon

Anda akan perlu

  • 1/2 sendok makan bubuk kayu manis
  • 1-2 sendok makan madu (sebaiknya madu Manuka)
  • 2 lemon
  • Secangkir air panas

Apa yang Harus Anda Lakukan

  • Peras air lemon.
  • tambahkan bubuk kayu manis dan madu.
  • Tuangkan air panas tutup, dan kocok dengan baik untuk mencampur semua bahan.
  • Gunakan 1-2 sendok makan campuran ini untuk membilas mulut Anda setelah Anda menyikat gigi.
  • Bilas mulut Anda dengan air biasa
  • Simpan sisa bahan yang masih tersisa untuk digunakan nanti

cara menghilangkan bau mulut dengan jeruk lemon dan campuran madu efektif menghilangkan bau mulut secara permanen.

Cara Mudah untuk Mencegah bau Mulut

menghilangkan bau mulut

Harap diingat, mencegah halitosis selalu lebih mudah daripada mengobati. Dengan mengembangkan kebiasaan yang tepat, anda dapat secara efektif membantu mencegah hal itu.

  • Makan makanan yang kaya serat: makanan Tinggi serat membantu mencegah halitosis. Hindari makan banyak makanan olahan yang mengandung karbohidrat olahan seperti kue, kue, permen dan es krim.
  • Gunakan obat kumur: Beberapa obat kumur atau bilasan mulut yang efektif mencegah bau mulut. Namun, anda tidak harus menggunakan obat kumur berbasis alkohol karena alkohol membuat mulut kering, yang akan membuat masalah lebih buruk.
  • Minum teh hijau dan hitam: mengandung polifenol yang membantu menghilangkan senyawa sulfur dan mengurangi bakteri mulut.
  • Hindari produk dengan natrium lauril sulfat atau alkohol: tidak menggunakan produk kebersihan mulut yang mengandung sodium lauryl sulfat atau alkohol karena alkohol membuat mulut kering, salah satu penyebab paling umum dari bau mulut.
  • Membersihkan mulut setelah makan daging, ikan atau produk susu: Berlatih konsisten dan menyeluruh kebersihan mulut adalah pencegahan yang efektif alat.
  • Berhenti merokok: Penelitian telah menunjukkan bahwa perokok berisiko lebih tinggi mengembangkan penyakit periodontal dan mulut kering. Selain itu, orang yang merokok juga dapat terlibat dalam kebiasaan-kebiasaan lain yang mempromosikan kondisi ini seperti diet, minum alkohol, dan yang menderita kecemasan kronis kondisi yang memerlukan memperburuk obat resep.
  • Bernapas melalui hidung, bukan mulut anda: Mencoba untuk mengatasi masalah mendengkur atau sleep apnea isu-isu yang dapat mempengaruhi napas dan menyebabkan mulut kering.
  • Minum air: Menjaga mulut anda lembab dengan minum banyak air.
  • Membersihkan gigi palsu setidaknya sekali sehari: Praktek yang sama, perawatan mulut yang tepat yang anda mau dengan gigi asli.
  • Kurangi meminum susu: intoleransi Laktosa bisa menjadi penyebab halitosis.
  • Penggunaan oral probiotik seperti S. salivarius K12 dan M18: Penggunaan probiotik untuk keseimbangan rongga mulut dan mencegah pertumbuhan berlebih dari bakteri penyebab bau terlibat dalam halitosis.

Itulah cara alami yang Sangat mudah dan nyaman untuk mengobati bau mulut di rumah dengan pengobatan rumah sederhana yang tercantum dalam artikel ini. Semua pengobatan ini mudah diikuti dan bekerja untuk kebanyakan orang. Ada beberapa yang menghilangkan bau mulut sepenuhnya, sementara yang lain membantu Anda membatasi halitosis kronis. Pilih obat yang akan bekerja paling baik untuk Anda. Kami juga telah mencantumkan beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk menjaga napas Anda selalu segar selalu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here