Beranda Tekno Perbedaan MacBook Pro dan MacBook Air

Perbedaan MacBook Pro dan MacBook Air

375
0
MacBook Pro vs Air

MacBook menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk digunakan, sebab laptop MacBook terkenal ringan, cepat, dan sederhana. MacBook jadi produk keluaran Apple yang kini semakin digemari, karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan laptop lainnya.

Saat ini terdapat dua jenis MacBook, yaitu MacBook Air dan Macbook Pro. Bagi para apple enthusiast tahu persis apa perbedaan MacBook Pro dan Air, namun bagi Anda yang tidak begitu akrab dengan laptop Apple, perbedaannya mungkin tidak begitu terlihat. Keduanya memang memiliki karakteristik yang sama, namun berikut adalah perbedaan rincinya

1. Segmen Pasar
Secara sekilas MacBook Pro dan Air mungkin terlihat seperti laptop yang sama. Keduanya memiliki warna dan desain yang sama. Tapi ternyata bahwa MacBook Pro dan Air ditujukan untuk segmen pasar yang berbeda. MacBook Pro ditujukan untuk kalangan profesional yang membutuhkan perangkat dengan kinerja yang lebih baik dan kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Sementara MacBook Air diperuntukkan bagi pengguna yang tidak membutuhkan banyak daya dan pengguna yang menginginkan laptop terbaik dan compact.

2. Desain dan Varian Warna
Untuk dari segi desain, keduanya sulit untuk dibedakan. Baik MacBook Pro dan Air memiliki bodi yang terbuat dari aluminium daur ulang. Tidak ketinggalan dengan tampilan logo Apple yang menyala ketika dipakai. Namun perbedaan terletak pada touch bar, dimana MacBook Air tidak memilikinya. MacBook Air berfokus pada fitur lain seperti sensor Touch ID, yang digunakan untuk membayar di web dengan Apple Pay.

Untuk varian warna MacBook Pro hanya memiliki dua varian warna yaitu Abu-abu dan Perak, sedangkan MacBook Air terdapat tiga varian warna yaitu Abu-abu, Perak, dan Emas.

3. Ketebalan
Dari sisi ketebalan, MacBook Air terlihat lebih tipis dibanding yang versi Pro. Namun sebenarnya perbedaan keduanya sangatlah tipis. Berikut ini detail ukurannya:

– MacBook Air: 30,41 x 21,24 x 0,41–1,61 cm
– MacBook Pro 13 inci: 30,41 x 21,24 x 1,56 cm
– MacBook Pro 16 inci: 35,79 x 24,59 x 1,62 cm

4. Baterai
MacBook jadi primadona karena terkenal dengan ketahanan baterainya yang lebih awet dibandingkan dengan laptop lainnya. Terdapat sedikit perbedaan antara MacBook Air dan Pro. Menurut laman resminya, MacBook Air bisa bertahan 11 jam ketika digunakan untuk mengakses internet dan menonton film Apple TV hingga 12 jam. Sedangkan MacBook Pro bisa bertahan selama 11 jam untuk internet dan menonton film Apple TV.

5. Performa
Terdapat perbedaan spesifikasi antara kedua laptop keluaran Apple tersebut. MacBook Air untuk varian tertinggi dilengkapi dengan Intel Core i5 quad-core 1,1 GHz, Turbo Boost hingga 3,5 GHz. Sedangkan MacBook Pro versi 16 inchi untuk varian tertinggi dilengkapi dengan Intel Core i9 8-core 2,3 GHz, Turbo Boost hingga 4,8 GHz.

Jelas MacBook Pro lebih unggul dibandingkan MacBook Air, karena MacBook Pro memang didesain untuk kalangan profesional, sehingga memiliki performa yang lebih baik. MacBook Pro mampu bekerja dengan smooth meski dipakai untuk membuka software yang berat seperti untuk editing video, desain grafis, dan lain-lain.

6. Penyimpanan
Agaar MacBook Air tetap ringan dan tipis, itulah mengapa MacBook Air memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih kecil dari MacBook Pro. MacBook Pro memiliki kapasitas penyimpanan yang mampu mencapai SSD 1 TB, sedangkan MacBook Air maksimal hanya di SSD 512GB.

Sehingga setelah melihat beberapa perbedaan diatas, mana yang lebih baik? Perbedaan MacBook Pro dan Air memang cukup banyak, namun kembali lagi ke kebutuhan Anda dan budget yang sudah Anda siapkan. Nah, sekarang tinggal kamu sendiri yang memutuskan, mana seri MacBook terbaik untukmu sendiri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini