Beranda Finansial Tips Investasi Emas Untuk Pemula

Tips Investasi Emas Untuk Pemula

387
0

Mungkin Anda saat ini sudah mulai merencanankan masa depan, maka melakukan investasi dari sekarang adalah pilihan yang tepat. Akan tetapi Anda bingung jenis investasi apa yang akan dipilih? Investasi emas bisa jadi solusi yang tepat bagi Anda yang baru memulai melakukan investasi alias pemula.

Investasi emas adalah investasi yang praktis serta mudah bagi siapa saja. Selain itu investasi emas disebut sebagai investasi yang paling aman dibanding instrumen investasi yang lainya. Sebab Investasi emas mempunyai resiko yang rendah karena mampu menahan kenaikan harga atau inflasi.

Dengan keunggulan serta resiko yang dimilikinya, emas jadi salah satu pilihan investasi yang tepat untuk pemula. Berikut beberapa tips investasi emas untuk pemula yang bisa Anda terapkan.

1. Tentukan Tujuan Investasi Emas
Dalam berinvestasi Anda harus menentukan tujuan dalam berinvestasi emas. Misal Anda investasi emas untuk digunakan biaya pernikahan 5 tahun kedepan, untuk membeli rumah, atau biaya pendidikan anak. Dengan memiliki tujuan yang jelas, Anda dapat membuat perencanaan yang tepat. Seperti menentukan berapa banyak emas yang harus dikumpulkan untuk mencapai tujuan tersebut, serta Anda tahu kapan harus menjual emas tersebut.

2. Cek Kemampuan Finansial
Dalam memulai investasi Anda diharuskan memiliki kemampuan finansial yang baik. Maksudnya dalam setiap bulannya Anda memiliki surplus, dalam artian pendapatan lebih besar daripada kebutuhan dalam setiap bulannya. Surplus atau kelebihan dana ini baru dapat anda alokasikan untuk investasi supaya nilainya berkembang dan dapat Anda gunakan di masa depan.

Jangan sampai Anda menggunakan seluruh pendapatan untuk dialokasikan untuk investasi, atau bahkan sampai berhutang. Selain itu sebelum melakukan investasi, Anda harus memiliki dana darurat yang cukup. Dana darurat ini dapat mencapai 6-12 kali pengeluaran tiap bulan, yang dapat Anda gunakan untuk menutupi biaya tak terduga seperti sakit, atau bahkan ketika resign dari kerja yang mana Anda sudah tidak memiliki pendapatan lagi.

3. Waktu Membeli Emas Yang Tepat
Ketika sudah memutuskan untuk investasi emas, Anda harus sering memantau harga emas di pasaran. Hal ini penting sebab untuk mempelajari pergerakan harga emas di pasaran. Selain itu hal ini juga dapat untuk menentukan kapan waktu terbaik untuk membeli emas dan menjual emas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Pilih Jenis Emas
Terdapat 2 jenis emas di pasaran saat ini, yakni emas logam mulia dan emas dalam bentuk perhiasan. Investasi emas logam mulia lebih menguntukan dibanding emas dalam bentuk perhiasan. Sebab emas logam mulia mempunyai harga jual yang lebih tinggi, sedangkan emas perhiasan justru harga jualnya cenderung lebih rendah. Emas logam mulia yang beredar di pasaran berasal dari PT Aneka Tambang (Antam) dan PT Untung Bersama Sejahtera (UBS).

5. Pilih Cara Investasi Emas
Setelah mantap untuk memutuskan untuk melakukan investasi emas, maka saatnya memilih cara investasnya. Anda dapat langsung membeli emas logam mulia langsung ke Butik Emas Antam atau toko emas logam muluia terpercaya lainya, atau melalui marketplace. Dengan cara ini Anda memiliki emas fisik dan dapat menyimpan nya sendiri di rumah.

Namun Anda juga bisa membeli emas melalui tabungan emas di Pegadaian. Anda dapat membeli dengan cara dicicil sesuai dengan kemampuan, dan sistem tabungan akan mengkonversi uang ke dalam besaran (gram) emas. Jika menginginkan emas berbentuk fisik, Anda harus membayar biaya cetaknya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini