Beranda Kesehatan 5 Vaksin Yang Diperlukan Orang Dewasa

5 Vaksin Yang Diperlukan Orang Dewasa

68
0

Tidak banyak yang tahu bahwa terdapat vaksin yang diperlukan oleh orang dewasa. Pemberian vaksin tak hanya penting dilakukan pada saat masih anak-anak, tetapi juga kepada orang yang sudah dewasa. Vaksin diperlukan oleh tubuh manusia untuk memberikan rasa kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu.

Vaksin adalah senyawa atau zat yang memilki fungsi membentuk kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit tertentu. Vaksin terdiri dari banyak jenis, masing-masing vaksin berfungsi memberikan perlindungan terhadap suatu penyakit yang berbahaya.

Kandungan yang terdapat pada vaksin adalah bakteri, racun, atau virus penyebab penyakit namun yang sudah dilemahkan atau sudah mati. Sehingga saat zat tersebut masuk ke dalam tubuh seseorang, vaksin akan merangsang pembentukan kekebalan tubuh berupa antibodi.

Dengan menerima vaksin, selain mampu melindungi tubuh dari serangan penyakit tertentu, tetapi juga turut serta andil mencegah penyebarannya. Berikut ini adalah vaksin dewasa yang diperlukan oleh tubuh.

5 Vaksin Dewasa Yang Diperlukan Tubuh

1. Vaksin Influenza
Vaksin dewasa yang diperlukan oleh tubuh yang pertama adalah vaksin influenza. Infulenza adalah penyakit yang ditandai dengan batuk, demam, dan nyeri pada otot. Penyakit ini sering muncul pada saat musim pancaroba (musim peralihan antara musim kemarau ke musim penghujan, atau sebaliknya) atau sering juga terjadi pada saat musim hujan.

Pemberian vaksin influenza dilakukan satu tahun sekali untuk mencegah terjadinya flu yang mudah menular. Sebab penyakit influenza sering dianggap sepele, padahal sebenarnya virus influenza dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya.

2. Vaksin Pneumonia
Pneumonia adalah penyakit radang paru-paru yang masyarakat umum lebih mengenalnya dengan istilah paru-paru basah. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Streptococcus yang menyerang saluran napas pada bagian bawah. Penularan pneumonia adalah melalui bersin, batuk, atau droplet penderita saat sedang berbicara.

Vaksin dewasa untuk penyakit penumonia ini akan mencegah seseorang dengan daya tahan tubuh lemah terserang flu. Serangan pneumonia lebih sering terjadi pada orang berusia lebih dari 60 tahun atau sesorang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah.

3. Vaksin HPV
Untuk mencegah penyakit kanker serviks diperlukan vaksin HPV. HPV (Human Papiloma Virus) biasa ditularkan pada saat melakukan hubungan seksual. Angka penderita kanker serviks sangat tinggi di Indonesia, sehingga sangat penting untuk melakukan vaksinasi HPV bagi wanita.

Vaksin ini sebaiknya diberikan sebelum ada riwayat hubungan seksual. Namun, apabila sudah terdapat riwayat atau masih aktif secara seksual juga tetap harus divaksinasi.

4. Vaksin Varisela
Vaksin varicella adalah vaksin yang diperlukan untuk mencegah penyakit cacar air. Meski penyakit ini lebih sering dialami oleh anak-anak, namun orang dewasa pun bisa juga mengalaminya. Oleh karenanya vaksin varisela penting diberikan tidak hanya untuk anak-anak tetapi orang dewasa pun tidak kala penting.

Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster yang dapat menular. Penyakit ini ditandai dengan gejala berupa demam, nyeri otot, sakit kepala, dan muncul bintik kemerahan berisi cairan bening di seluruh tubuh yang terasa gatal. Sehingga vaksin varisela diberikan kepada orang yang belum pernah terkena cacar air.

5. Vaksin Hepatitis B
Penularan penyakit Hepatitis B dapat melalui darah maupun cairan tubuh. Indonesia sendiri adalah negara dengan angka kejadian hepatitis B tertinggi kedua di Asia Tenggara. Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar 2007, satu dari sepuluh orang Indonesia terinfeksi hepatitis B

Sehingga pencegahan penyakit hepatitis B sangat penting dilakukan, salah satunya dengan vaksin hepatitis B. Selain mampu mencegah infeksi virus hepatitis B, vaksin ini mampu mencegah infeksi hepatitis B menjadi penyakit kronis yang sulit untuk disembuhkan.

Setelah mengetahui beberapa vaksin dewasa yang masih diperlukan tubuh, Anda bisa langsung ke pusat kesehatan terdekat untuk melakukan vaksinasi. Atau Anda juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu melalui Aplikasi Halodoc.

Halodoc adalah Aplikasi solusi kesehatan terlengkap di Indonesia. Di aplikasi ini kita mendapatkan banyak artikel kesehatan terupdate yang ditulis oleh dokter langsung. Anda juga dapat membeli obat, booking dokter, booking rumah sakit dan konsultasi gratis baik dengan dokter umum maupun dokter spesialis di halaman tanya dokter.

Yuk tunggu apalagi, segera ceritakan segala permasalahan kesehatan Anda melalui aplikasi Halodoc.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini