cara sharing printer

0
209
cara sharing printer

inp_top_1

Selama bertahun-tahun, Windows menjadi jauh lebih baik tentang bagaimana ia menangani printer jaringan. Tetapi jika Anda ingin berbagi printer melalui jaringan, Anda mungkin masih perlu melakukan sedikit kerja keras untuk menyelesaikan dan menjalankannya. Begini cara kerjanya.

Menyiapkan printer di jaringan Anda melibatkan dua langkah. Langkah pertama adalah menghubungkan printer ke jaringan, dan ada tiga cara yang dapat Anda lakukan:

  • Hubungkan printer ke jaringan secara langsung . Ini adalah cara termudah untuk mengatur printer jaringan. Tidak perlu PC lain dihidupkan untuk mencetak (seperti metode di bawah ini), dan Anda tidak perlu repot untuk mengatur pembagian. Dan, karena sebagian besar printer yang dibuat dalam beberapa tahun terakhir memiliki jaringan yang terintegrasi, ada peluang bagus printer Anda mendukung opsi ini.
  • Hubungkan printer ke salah satu PC Anda dan bagikan dengan jaringan melalui Homegroup . Jika menghubungkan printer langsung ke jaringan bukan merupakan pilihan, Anda dapat menghubungkannya ke PC di jaringan dan membaginya dengan Windows Homegroup. Ini mudah diatur, dan optimal untuk jaringan yang sebagian besar terdiri dari komputer Windows. Namun, metode ini mengharuskan komputer yang terhubung untuk hidup dan berjalan agar Anda dapat menggunakan printer.
  • Hubungkan printer ke salah satu PC Anda dan bagikan tanpa Homegroup . Ini sangat ideal jika jaringan Anda memiliki komputer lain yang menjalankan sistem operasi yang berbeda, jika Anda ingin lebih banyak kontrol atas berbagi file dan printer, atau jika Homegroup tidak berfungsi dengan baik. Seperti metode Homegroup, ini mengharuskan komputer yang terhubung untuk hidup dan berjalan agar Anda dapat menggunakan printer.

Langkah kedua, setelah Anda menghubungkan printer Anda, akan menghubungkan PC lain ke printer jaringan … yang sangat bergantung pada cara Anda menghubungkannya. Bingung belum? Jangan khawatir Kami akan membahas semua ini.

Langkah Satu: Hubungkan Printer Anda ke Jaringan

Pertama, mari kita bicara tentang cara menghubungkan printer ke jaringan Anda. Seperti yang kami sebutkan di atas, Anda memiliki tiga opsi di sini. Anda dapat menghubungkannya langsung ke jaringan, Anda dapat menghubungkannya ke PC dan membagikannya melalui sebuah Homegroup, atau Anda dapat menghubungkannya ke PC dan membagikannya tanpa menggunakan Homegroup.

Hubungkan Printer Anda Secara Langsung ke Jaringan

Kebanyakan printer saat ini memiliki jaringan built in. Beberapa dilengkapi dengan Wi-Fi, beberapa dengan Ethernet, dan banyak yang memiliki kedua opsi yang tersedia. Sayangnya, kami tidak dapat memberi Anda instruksi yang tepat untuk menyelesaikannya, karena cara Anda melakukannya tergantung pada jenis printer yang Anda miliki. Jika printer Anda memiliki layar LCD, kemungkinan Anda dapat menemukan pengaturan jaringan di suatu tempat di bagian Pengaturan atau Alat pada menu. Jika printer Anda tidak memiliki tampilan, Anda mungkin harus mengandalkan serangkaian penekanan tombol fisik untuk memberitahukannya apakah harus menggunakan adaptor jaringan Wi-Fi atau Ethernet-nya. Beberapa printer bahkan memiliki tombol koneksi mudah yang dapat mengatur Wi-Fi untuk Anda.

Jika Anda kesulitan mengatur printer yang terhubung langsung ke jaringan, pabrikan harus memiliki instruksi untuk membuatnya terjadi. Periksa manual yang disertakan dengan printer Anda atau situs web pabrikan untuk informasi tentang mengaitkannya.

Berbagi Printer Terhubung ke PC dengan Menggunakan sebuah Homegroup

Berbagi printer dengan Homegroup sangat mudah. Pertama, tentu saja, Anda akan ingin memastikan bahwa printer terhubung ke salah satu PC di jaringan dan diatur dengan benar. Jika PC itu bisa mencetak ke printer, maka Anda siap untuk pergi.

Mulai dengan meluncurkan aplikasi panel kontrol Homegroup. Klik Mulai, ketik “homegroup,” dan kemudian klik pilihan atau tekan Enter.

inp_e

Apa yang Anda lakukan selanjutnya tergantung pada apa yang Anda lihat di jendela Homegroup. Jika PC yang Anda miliki terhubung dengan printer sudah menjadi bagian dari Homegroup, Anda akan melihat sesuatu seperti layar berikut. Jika ini menunjukkan bahwa Anda sudah berbagi printer, maka Anda sudah selesai. Anda dapat melompat ke langkah dua, di mana Anda menghubungkan PC lain di jaringan. Jika Anda belum berbagi printer, klik tautan “Ubah apa yang Anda bagikan dengan rombongan”.

inp_f

Pada menu drop-down “Printers & Devices”, pilih opsi “Dibagi”. Klik Berikutnya dan kemudian Anda dapat menutup opsi Homegroup dan melanjutkan ke langkah dua.

inp_g

Jika sudah ada Homegroup yang dibuat untuk PC lain di jaringan, tetapi PC yang Anda miliki terhubung dengan printer Anda bukan anggota, layar utama saat Anda memulai aplikasi panel kontrol Homegroup akan terlihat seperti yang di bawah ini. Klik tombol “Gabung sekarang” dan kemudian klik “Berikutnya” pada layar berikut yang hanya memberi tahu Anda sedikit tentang Homegroup.

inp_h

Setel opsi berbagi Anda, pastikan bahwa “Pencetak dan perangkat” diatur ke “Dibagikan,” lalu klik “Berikutnya.”

inp_i

Ketik kata sandi untuk Homegroup dan kemudian klik “Next.” Jika Anda tidak tahu kata sandinya, pergi ke salah satu PC lain di jaringan yang sudah menjadi anggota Homegroup, luncurkan aplikasi panel kontrol Homegroup, dan Anda dapat mencarinya di sana.

Jika Anda terhubung dari PC lain yang telah Anda masuki menggunakan akun Microsoft yang sama dengan PC yang sudah menjadi anggota Homegroup, Windows 8 dan 10 tidak akan meminta kata sandi Anda. Sebaliknya, Windows akan memberi Anda otorisasi secara otomatis.

inp_j

Pada layar terakhir, klik tombol “Selesai” dan kemudian Anda dapat melanjutkan ke langkah dua dan mendapatkan PC Anda yang lain di jaringan yang terhubung ke printer.

inp_k

Dan akhirnya, jika tidak ada Homegroup sama sekali di jaringan Anda, Anda akan melihat sesuatu seperti layar berikut ketika Anda membuka jendela panel kontrol Homegroup. Untuk membuat homegroup baru, klik tombol “Create a homegroup”.

inp_a

Layar berikut hanya sedikit memberi tahu Anda tentang Homegroups. Pergi ke depan dan klik “Next.”

inp_b

Pilih perpustakaan dan folder apa pun yang ingin Anda bagikan dengan jaringan dari PC yang Anda gunakan. Pastikan saja Anda memilih opsi “Dibagi” untuk “Pencetak & Perangkat.” Klik “Berikutnya” ketika Anda selesai membuat pilihan Anda.

inp_c

Layar terakhir menunjukkan kata sandi yang Anda perlukan untuk PC lain di jaringan Anda untuk terhubung ke Homegroup. Tuliskan dan klik tombol “Selesai”.

inp_d

Sekarang setelah Anda mengatur Homegroup dan PC Anda berbagi printer dengannya, Anda dapat melompati langkah ke dua dan mendapatkan PC-PC lain di jaringan yang terhubung ke printer.

Berbagi Printer Terhubung ke PC Tanpa Menggunakan Homegroup

Jika Anda memiliki komputer atau perangkat seluler di jaringan Anda yang menjalankan OS selain Windows 7, 8, atau 10 – atau Anda hanya tidak ingin menggunakan Homegroup karena beberapa alasan – Anda selalu dapat menggunakan alat berbagi yang selalu menjadi bagian dari Windows untuk berbagi printer dengan jaringan. Sekali lagi, langkah pertama Anda adalah memastikan printer terhubung ke PC dan Anda dapat mencetak ke sana.

Klik Mulai, ketik “perangkat dan printer,” lalu tekan Enter atau klik hasilnya.

inp_1

Klik kanan printer yang ingin Anda bagikan dengan jaringan dan kemudian pilih “Properti printer”.

inp_m

Jendela “Printer Properties” menampilkan semua hal yang dapat Anda konfigurasikan tentang printer. Untuk saat ini, klik tab “Berbagi”.

inp_n

TERKAIT: Menyesuaikan Pengaturan Berbagi Jaringan Anda

Anda diberi tahu bahwa printer tidak akan tersedia ketika komputer Anda tidur atau komputer dimatikan. Juga, jika Anda menggunakan berbagi yang dilindungi kata sandi, Anda diberitahu bahwa hanya pengguna di jaringan Anda dengan nama pengguna dan kata sandi untuk komputer ini yang dapat mencetak ke sana. Kredensial adalah hal satu kali Anda harus memasukkan pertama kali Anda menghubungkan PC lain ke printer yang dipakai bersama; Anda tidak perlu melakukannya setiap kali Anda mencetak. Jika Anda lebih suka, Anda dapat membuat berbagi tersedia untuk tamu sehingga kata sandi tidak diperlukan, tetapi pengaturan itu juga akan berlaku untuk setiap file yang telah Anda bagikan. Kami sarankan Anda membaca tentang menyesuaikan pengaturan berbagi jaringan Anda sebelum membuat keputusan itu.

Untuk melanjutkan, aktifkan opsi “Bagikan printer ini” dan, jika Anda mau, berikan printer nama yang lebih ramah sehingga orang lain di jaringan dapat lebih mudah mengidentifikasi printer.

Pilihan lain yang dapat Anda atur di sini adalah apakah Anda ingin membuat pekerjaan cetak di komputer klien. Jika pengaturan ini diaktifkan, semua dokumen yang akan dicetak diberikan di komputer tempat orang-orang melakukan pencetakan. Ketika pengaturan ini dinonaktifkan, dokumen-dokumen yang diberikan pada komputer yang printer terpasang. Jika PC yang digunakan seseorang secara aktif, kami menyarankan untuk mengaktifkan pengaturan ini agar kinerja sistem tidak terpengaruh setiap kali sesuatu dicetak.

Setelah selesai mengatur segalanya, lanjutkan dan klik “OK.”

inp_o

Sekarang setelah Anda berbagi printer, PC lain di jaringan Anda harus dapat terhubung dengannya. Jadi, Anda siap untuk melanjutkan ke langkah kedua.

Langkah Kedua: Hubungkan ke Printer Anda dari PC mana pun di Jaringan

Sekarang setelah printer Anda terhubung ke jaringan menggunakan salah satu metode di atas, saatnya untuk mengalihkan perhatian Anda ke bagian kedua dari proses: menghubungkan PC lain di jaringan ke printer itu. Bagaimana Anda melakukannya benar-benar tergantung pada apakah Anda menggunakan Homegroup atau tidak.

Hubungkan ke Printer Yang Dibagi-pakai oleh PC Menggunakan sebuah Homegroup

Ini mungkin langkah termudah dalam seluruh tutorial ini. Jika Anda memiliki printer yang terhubung ke PC dan PC itu berbagi printer sebagai bagian dari Homegroup, yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa PC lain di jaringan juga bergabung dengan Homegroup. Anda dapat menggunakan proses yang sama dengan kami melangkah di Langkah Satu untuk membuat mereka bergabung. Ketika PC adalah bagian dari Homegroup yang sama, Windows akan secara otomatis terhubung ke printer yang dibagikan dari PC lain. Mereka hanya akan muncul di jendela Perangkat dan Printer Anda secara otomatis dan setiap PC di Homegroup dapat mencetak kepada mereka. Sangat sederhana.

inp_l

Hubungkan ke Printer Tanpa Menggunakan Homegroup

Jika printer Anda terhubung langsung ke jaringan, atau dibagikan dari PC tanpa menggunakan Homegroup, Anda harus melakukan sedikit lebih banyak pekerjaan untuk menghubungkannya dari PC lain di jaringan. Ini masih cukup mudah. Klik Mulai, ketik “perangkat dan printer,” lalu tekan Enter atau klik hasilnya.

inp_1

Jendela Perangkat dan Printer menampilkan koleksi perangkat di PC Anda. Klik tautan “Tambahkan printer” untuk mulai menambahkan printer jaringan Anda.

inp_2

Windows akan melakukan pemindaian cepat jaringan Anda untuk perangkat yang dapat ditemukan yang belum diinstal pada PC Anda dan menampilkannya di jendela “Tambah perangkat”. Kemungkinan besar Anda akan melihat printer Anda pada daftar, apakah itu langsung terhubung ke jaringan atau dibagikan dari PC lain. Jika Anda melihat printer yang Anda cari, maka pekerjaan Anda menjadi sangat mudah. Klik printer yang ingin Anda pasang. Windows akan menangani instalasi, mengunduh driver jika diperlukan, dan meminta Anda memberikan nama untuk printer. Itu saja yang harus Anda lakukan.

inp_3

Jika Anda tidak melihat printer yang ingin Anda instal – dan Anda yakin Anda sudah memasangnya dengan benar ke jaringan – klik tautan “Printer yang saya inginkan tidak terdaftar”. Jendela berikutnya akan memberi Anda beberapa pilihan untuk membantu Anda menemukannya:

  • Printer saya sedikit lebih tua . Jika Anda memilih opsi ini, Windows akan melakukan pemindaian jaringan Anda yang lebih menyeluruh untuk mencari printer. Namun, dalam pengalaman kami, ia jarang menemukan sesuatu yang belum ditemukan selama pemindaian awalnya. Ini adalah opsi yang cukup mudah untuk dicoba, tetapi mungkin perlu waktu beberapa menit.
  • Pilih printer yang dipakai bersama berdasarkan nama . Jika komputer jaringan dibagi dari PC lain, ini adalah opsi terbaik untuk menemukannya. Jika Anda tahu nama jaringan komputer dan printer yang tepat, Anda dapat mengetikkannya di sini. Atau Anda dapat mengklik tombol “Browse” untuk melihat melalui PC di jaringan Anda yang telah mengaktifkan berbagi dan melihat apakah Anda dapat menemukan printer dengan cara itu.
  • Tambahkan printer menggunakan alamat TCP / IP atau nama host . Jika printer Anda terhubung langsung ke jaringan dan Anda tahu alamat IP-nya, ini mungkin opsi yang paling sederhana dan paling pasti. Sebagian besar printer jaringan memiliki fungsi yang memungkinkan Anda menentukan alamat IP mereka. Jika printer Anda memiliki layar LCD, Anda mungkin dapat menemukan alamat IP dengan menggulir melalui pengaturan printer. Untuk printer tanpa layar, Anda biasanya dapat melakukan beberapa urutan penekanan tombol yang akan mencetak pengaturan untuk Anda. Jika semuanya gagal, Anda selalu dapat menggunakan aplikasi pemindaian IP seperti Wireless Network Watcher untuk mencari perangkat di jaringan Anda. Lihat bagian terakhir dari panduan ini untuk informasi lebih lanjut tentang cara melakukannya.
  • Tambahkan Bluetooth, nirkabel, atau printer yang dapat ditemukan jaringan . Jika Anda memilih opsi ini, Windows akan memindai jenis perangkat tersebut. Sekali lagi, kami jarang melihatnya mengambil perangkat yang tidak ditemukan selama pemindaian awal. Tapi, mungkin masih patut dicoba.
  • Tambahkan printer lokal atau printer jaringan dengan pengaturan manual . Opsi ini dapat membantu Anda menambahkan printer jika tidak ada yang berfungsi. Ini sebagian besar untuk mengkonfigurasi printer lokal dengan menentukan informasi port yang tepat, tetapi ada satu pengaturan khususnya yang dapat membantu dengan printer jaringan jika Anda tahu modelnya. Ketika diminta untuk menentukan port, Anda dapat memilih opsi Windows Self Discovery, yang terdaftar di bagian bawah port yang tersedia sebagai “WSD” diikuti dengan serangkaian angka dan huruf. Ketika Anda memilih itu, Windows akan meminta Anda untuk menentukan model sehingga dapat menginstal driver. Setelah selesai, Windows akan memonitor jaringan untuk printer itu. Ini adalah hal yang sia-sia, tetapi patut dicoba jika semuanya gagal.

Anda akan menemukan semua opsi ini cukup mudah dan menampilkan penyihir singkat untuk memandu Anda menjalani proses. Karena TCP / IP adalah cara paling pasti untuk menambahkan printer, kita akan melanjutkannya sebagai contoh. Pilih “Tambah printer menggunakan alamat TCP / IP atau nama host” dan kemudian klik “Next.”

inp_4

Ketikkan alamat IP untuk printer ke kotak “Hostname atau alamat IP”. Pastikan kotak centang “Query the printer dan otomatis memilih driver to use” dipilih dan kemudian klik “Next.”

inp_5

Ketik nama baru untuk printer jika nama default tidak sesuai dengan Anda dan kemudian klik “Next.”

inp_6

Pilih apakah akan menetapkan printer baru sebagai default, cetak halaman uji jika Anda ingin memastikan semuanya berfungsi, dan kemudian klik “Selesai” setelah selesai.

inp_7

Mudah-mudahan, Anda tidak perlu repot dengan sebagian besar barang-barang ini. Jika printer jaringan Anda terhubung dengan benar ke jaringan, kemungkinan besar Windows akan mengambilnya dan menginstalnya untuk Anda langsung dari kelelawar. Dan jika jaringan Anda sebagian besar adalah mesin Windows dan Anda menggunakan Homegroup untuk berbagi file dan printer, hal-hal seharusnya juga terjadi secara otomatis. Jika tidak – atau jika Anda memiliki pengaturan yang lebih rumit – setidaknya Anda tahu Anda memiliki beberapa opsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here