cara screenshot di laptop dengan mudah

0
174
cara screenshot di laptop

Ingin mengambil tangkapan layar? Mungkin Anda perlu mengirim satu untuk dukungan teknis atau hanya menangkap sesuatu yang lucu untuk dikirim di Twitter. Mari kita mulai dengan cara termudah dan paling mudah: Pintasan keyboard.

Petunjuk di bawah ini hanya berlaku untuk menangkap tangkapan layar di laptop Windows, dan lihat panduan cara kerja kami untuk Chromebook atau Mac jika Anda memerlukannya.

TANGKAPAN LAYAR DENGAN PINTASAN KEYBOARD

Kiat cepat:

  • Tombol Layar Cetak keyboard Anda menyalin layar Anda saat ini. Anda kemudian dapat menempelkannya ke perangkat lunak pengeditan gambar dengan Ctrl + V. Jika Anda memiliki beberapa monitor, metode ini akan membuat satu gambar lebar termasuk semua tampilan Anda.
  • Menekan Alt + Print Screen hanya akan menangkap jendela yang sedang dipilih.

Mengambil screenshot itu sederhana, terlepas dari versi Windows yang Anda jalankan. Hanya ada beberapa langkah – dengan asumsi Anda belum mengotak-atik kontrol keyboard standar dan pintasan – dan jika Anda memerlukan beberapa perangkat lunak pengedit gambar gratis untuk menyesuaikannya, ini adalah favorit kami .

Langkah 1: Ambil gambar –  Dengan asumsi area yang ingin Anda tangkap ditampilkan pada layar Anda, tekan tombol “Print Screen” (sering disingkat menjadi “PrtScn”), biasanya terletak di sudut kanan atas keyboard Anda, untuk menangkap tangkapan layar seluruh layar Anda (sekali lagi, termasuk beberapa layar). Sebagai alternatif, tekan “Alt + Print Screen” untuk mengambil screenshot dari jendela aktif.

Jika Anda menggunakan laptop, Anda mungkin perlu menekan “Fn” + “Print Screen” jika laptop Anda memiliki fitur lain yang ditetapkan untuk kunci tertentu.

Keyboard Dell XPS 13 stripe

Tidak akan ada suara atau indikasi lain screenshot diambil, tetapi gambar yang dihasilkan akan disimpan sebagai file PNG ke clipboard Anda. Kecuali Anda menggunakan versi sebelum Windows 8, tekan Tombol Windows + Layar Cetak untuk secara otomatis menyimpan screenshot layar penuh dalam  folder “Tangkapan layar” dari direktori gambar Anda.

Jika Anda telah memasang Dropbox , tangkapan layar juga akan disimpan secara otomatis di direktori Dropbox Anda, di bawah Layar – sangat bagus untuk “Etalase .” OneDrive milik Microsoft sendiri akan melakukan hal yang sama jika Anda telah memberitahukannya saat pertama kali mengambil cetak layar setelah mengonfigurasinya. Anda akan menemukan screenshot di folder OneDrive Anda di Gambar> Layar. Kami memberikan detail tambahan tentang metode OneDrive di bagian berikutnya.

Langkah 2: Buka Paint  – Dalam versi Windows 10 sebelum pembaruan Fall Creators, Anda dapat membuka menu Start, masuk ke “All Apps,” dan gulir daftar abjad sampai Anda menemukan Paint . Alternatif lain, dan untuk Fall Creators perbarui dan kemudian, gunakan kotak pencarian Windows untuk mencari “Paint” dan klik ikon yang sesuai.

Jika menggunakan Windows 7 dan 8, Anda dapat menemukan aplikasi Paint dalam beberapa cara berbeda, tetapi keduanya mendukung alat pencarian yang akan segera menemukan apa yang Anda butuhkan.

tep 3: Tempel tangkapan layar  – Setelah Paint dibuka, klik tombol “Tempel” di sudut kiri atas program, pilih “Edit” lalu “Tempel,” atau tekan “Ctrl” + “V” pada keyboard untuk menempelkan tangkapan layar Anda.

cat-screenshot-windows

Langkah 4: Simpan tangkapan layar  –  Lakukan pengeditan apa pun yang Anda inginkan, seperti memotong gambar ke area tertentu, dan klik opsi “File” utama di sudut kiri atas, diikuti dengan “Save as.”

Langkah 5:  Judul file baru, pilih lokasi penyimpanan, dan pilih format file yang Anda inginkan dari menu drop-down. Untuk sebagian besar tujuan, JPG akan berfungsi dengan baik, tetapi berbagai format lain tersedia untuk dipilih seperti PNG, BMP, GIF, dan lainnya. Klik tombol abu-abu “Simpan” di pojok kanan bawah setelah selesai.

SCREENSHOT DENGAN ONEDRIVE

Kiat cepat:

  • Dengan OneDrive diinstal, menekan Print Screen akan secara otomatis menyimpan salinan tangkapan layar.
  • Gambar disimpan ke OneDrive / Gambar / Layar secara default

Jika Anda menjalankan Windows 10, Anda memiliki opsi lain untuk mengambil dan menyimpan tangkapan layar: platform penyimpanan cloud Microsoft, OneDrive. Setelah dibuka, ia akan menanyakan apakah Anda ingin secara otomatis menyimpan screenshot Anda ke cloud setiap kali Anda menekan tombol “Print Screen”. Dari sana, Anda dapat dengan mudah mengakses tangkapan layar dengan menyalin tautan. Begini cara kerjanya.

Langkah 1: Buka OneDrive  – Jika Anda belum melakukannya, lanjutkan dan luncurkan OneDrive di komputer Windows 10 Anda . Anda dapat menemukan aplikasi gratis ini, yang hadir dengan Windows 10, di menu Mulai di bawah “Semua Aplikasi,” atau dengan mencarinya dengan Cortana .

Jika Anda sudah menyiapkan OneDrive, folder akan terbuka di Windows Explorer. Jika tidak, Anda akan diminta untuk masuk dengan Akun Microsoft Anda – cukup ikuti petunjuk di layar.

Langkah 2: Tekan tombol Print Screen  – Tekan tombol “Print Screen” yang disebutkan dan Anda akan melihat prompt dari OneDrive menanyakan apakah Anda ingin menyimpan screenshot Anda ke OneDrive. Lanjutkan dan konfirmasikan, dan mulai sekarang, PNG tangkapan layar Anda akan disimpan ke OneDrive setiap kali Anda menekan “Print Screen.” Ini juga berfungsi untuk Alt + Print Screen, yang mengambil tangkapan layar dari jendela aktif alih-alih keseluruhan Desktop. Komputer Anda tidak akan mengeluarkan suara atau indikasi lain saat Anda mengambil tangkapan layar, tetapi foto-foto itu akan secara otomatis disimpan ke OneDrive.

Jika tidak ada pesan yang muncul ketika Anda menekan Print Screen, Anda dapat mengaktifkan fitur ini secara manual. Klik kanan ikon OneDrive di baki sistem Anda, yang terletak di sebelah kiri jam di bilah tugas. Anda mungkin perlu mengklik ikon panah untuk menemukan ikon ini. Ketika Anda menemukan ikon awan, klik kanan dan pilih “Pengaturan.” Kemudian, klik tab “Simpan Otomatis” dan pastikan “Secara otomatis menyimpan tangkapan layar yang saya ambil ke OneDrive” diaktifkan.

onedrive-enable-screenshots

Langkah 3: Cari dan bagikan file  – Luncurkan OneDrive dari menu Start dan buka folder “Pictures”. Di dalam, Anda akan menemukan folder “Tangkapan layar”, yang akan berisi semua tangkapan layar yang Anda ambil sebelumnya. Anda bisa mengambil file-file ini dan memindahkannya ke folder yang Anda suka, atau mengeditnya dengan editor gambar pilihan Anda.

Anda juga dapat membaginya dengan teman-teman dengan menyalin tautan yang sesuai – cukup klik kanan file tersebut dan pilih “Bagikan tautan OneDrive”. URL untuk membagikan tangkapan layar dengan teman akan secara otomatis disalin ke papan klip Anda, yang dapat Anda tempelkan ke email atau pesan obrolan apa pun.

onedrive-screenshot-locations

MENGGUNAKAN ALAT SNIPPING

Utilitas menangkap layar bawaan di Windows bekerja cukup baik, tetapi itu bukan yang paling kuat atau serbaguna ketika datang untuk menyimpan snapshot layar Anda. Untungnya, Windows juga dilengkapi dengan Snipping Tool, utilitas bawaan yang memungkinkan pengguna untuk lebih mendefinisikan dan menangkap bagian dari tampilan desktop mereka sebagai tangkapan layar, tanpa perlu keyboard.

Ini adalah alat yang terus berkembang dan jika Anda adalah Windows Insider, Anda mungkin memiliki akses ke versi terbaru dengan semua fitur terbaru. Jika Anda tidak menjalankan pratinjau orang dalam dari Windows 10, baca terus, tetapi bagi mereka yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang Alat Snipping baru, langsung beralih ke bagian berikutnya.

Alat Snipping tradisional

Langkah 1: Buka Snipping Tool  – Klik menu Start, arahkan ke folder “Windows Accessories” – atau folder “Accessories”, jika menggunakan Windows 7  –  dan pilih “Snipping Tool” dari daftar aplikasi Microsoft asli. Ikon itu menggambarkan sepasang gunting biru dengan dua oval putih di bawahnya. Atau, cari dan buka program menggunakan bilah pencarian Windows.

Jika menggunakan Windows 8, klik panah bawah di sudut kiri bawah, tekan “Ctrl” + “Tab” atau geser ke bawah dari pusat layar  untuk mengakses “Tampilan Aplikasi.” Dari sana, pilih Snipping Tool.

Langkah 2: Pilih jenis snip atau penundaan  –  Setelah terbuka, klik panah bawah di sebelah kanan “Mode” di sudut kiri atas jendela program, dan pilih jenis potongan yang diinginkan dari daftar opsi drop-down. Opsi layar penuh menangkap seluruh layar Anda, sementara opsi lainnya memungkinkan Anda menentukan suatu area. Selain itu, Anda dapat menentukan penundaan singkat jika Anda perlu mendapatkan tangkapan layar dari sistem atau menu konteks yang menghilang saat Anda memilih Snipping Tool.

cara mengambil screenshot di windows pc 10 alat snipping
Tandai Coppock / Tren Digital

Langkah 3: Tentukan pilihan  –  Gunakan mouse atau trackpad Anda untuk menentukan pilihan tangkapan layar Anda secara manual. Jepretan layar penuh dan jepretan jendela tidak menyediakan banyak kelonggaran dalam hal keserbagunaan dan pemilihan pilihan, tetapi yang terakhir akan tetap mengharuskan Anda untuk memilih jendela yang sesuai sebelum melanjutkan.

Langkah 4: Simpan tangkapan layar  –  Lakukan pengeditan apa pun yang Anda inginkan, seperti sorotan atau anotasi, dan klik tombol “File” di sudut kiri atas. Setelah itu, pilih “Save As,” judul file baru, pilih lokasi penyimpanan, dan pilih format file yang Anda inginkan dari menu drop-down. Jika tangkapan layar Anda menyertakan teks, Anda akan melihat peningkatan kejelasan jika Anda menyimpan file sebagai PNG, tetapi Anda dapat memeriksa panduan kami untuk berbagai format gambar  untuk membantu Anda memilih yang terbaik untuk setiap skenario.

Langkah 5: Bagikan tangkapan layar Anda –  Klik tombol abu-abu “Simpan” di pojok kanan bawah ketika selesai, atau jika Anda suka, Anda dapat mengeklik ikon amplop untuk mengirim email tangkapan layar sebagai lampiran.

Alat Snipping baru

Diperkenalkan dengan Windows Insider build 17661 , Snipping Tool yang baru membuat pengambilan screenshot dan annotating mereka lebih mudah dari sebelumnya. Mudah snipping berarti Anda tidak perlu lagi melalui sistem menu untuk menyimpan screenshot dengan alat. Cukup buka, tentukan area dan itu akan secara otomatis disimpan ke clipboard di mana Anda dapat menempelnya di tempat yang Anda inginkan.

Dengan memadukan dunia lama dengan yang baru, Anda cukup menekan tombol “Print Screen” pada keyboard untuk membuka alat snipping jika Anda mengaktifkannya melalui halaman Pengaturan Keyboard. Atau, Anda dapat mengklik ujung-ujung perangkat Pen Anda jika Anda memetakannya kembali ke fungsi itu melalui menu “Pen dan Pengaturan Tinta Windows”. Anda juga dapat menggunakan lagi, perintah Windows Key + Shift + S.

Jika Anda ingin melakukan beberapa pengeditan terhadap tangkapan layar itu, seperti anotasi, atau menghapus elemen sensitif, Anda dapat melakukannya melalui aplikasi Sketsa Layar yang baru. Untuk mengaksesnya dengan cepat, Microsoft membuat pemberitahuan baru ketika Anda membuat ‘snip’ yang ketika diklik, mengambil screengrab langsung ke aplikasi Screen Sketch yang baru berdiri untuk perubahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here