cara membasmi kutu rambut secara alami cepat dan permanen

0
188

cara menghilangkan kutu rambut – bagi anda atau keluarga anda yang memiliki masalah kutu rambut artikel ini sangat cocok untuk anda  yang mencari cara membasmi kutu rambut dengan cepat dan permanen.

Kutu adalah serangga parasit tanpa sayap yang sangat kecil dan memakan darah manusia. Kutu dewasa hanya memiliki panjang sekitar dua hingga tiga milimeter. Karena tidak memiliki sayap, kutu tidak bisa terbang dan uga tidak melompat. Kutu berkeliling dengan merangkak yang membuat kepala menjadi sangat gatal.

kutu rambut memiliki ukuran sangat kecil dan menempel telur mereka ke bagian bawah batang rambut. Telur kutu sangat sulit dilihat dan biasanya membutuhkan sekitar delapan hingga sembilan hari untuk menetas.pada artikel kali ini kita akan membahas penyebab kutu rambut, obat kutu rambut yang ampuh, dan cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan cepat.

penyebab kutu rambut

cara menghilangkan kutu rambut

Kutu dapat menyebar dengan sangat mudah, terutama di antara anak-anak sekolah yang secara konsisten berhubungan dekat. Cara nomor satu yang menyebar kutu kepala adalah melalui kontak langsung kepala-ke-kepala dengan individu yang terinfeksi. Dengan anak-anak, ada banyak peluang untuk kontak kepala-ke-kepala ini secara teratur.

berbagi barang yang bersentuhan langsung dengan kepala atau badan juga merupakan cara lain bagi kutu rambut untuk berpindah tempat . Berbagi sisir dan sikat adalah cara lain agar kutu rambut menyebar. Barang-barang lain yang dapat membawa dan menyebarkan kutu kepala meliputi: jepit rambut, pita rambut, topi, selendang, mantel, seragam olahraga, handuk, selimut dan boneka binatang.

Anda juga dapat terkena kutu rambut dengan berbaring di atas karpet, sofa, tempat tidur, bantal atau selimut bahwa seseorang dengan kutu rambut baru-baru ini menghabiskan waktu. Jadi ada banyak cara untuk terkena kutu rambut. Untungnya, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing tidak dapat menyebarkan kutu manusia.

kutu rambut bukan tanda bahwa seseorang kotor atau jarang mencuci rambut. kutuan paling sering terjadi pada anak kecil, terutama anak usia prasekolah dan anak usia sekolah dasar. Kutu kepala dapat terjadi pada anak-anak dari segala usia, panjang rambut atau latar belakang sosial ekonomi.

Sekarang, saatnhya membahas cara menghilangkan kutu rambut:

Obat kutu rambut di apotik

obat pembasmi kutu rambut banyak beredar di pasaran, tapi salah satu obat kutu rambut paling ampuh yang dapat menghilangkan kutu rambut dan telurnya untuk anak dan dewasa adalah peditox. berikut cara menghilangkan kutu rambut dengan peditox

Cara membasmi kutu rambut dengan peditox

obat kutu rambut

Peditox adalah Obat kutu rambut yang tersedia dalam kemasan botol praktis dan bisa dibeli di apotik dengan harga yang cukup murah, dibawah 20 ribu per botol.

Peditox  memiliki 0,5% kandungan Hexachlorocyclohexane yang dapat membasmi kutu dan telurnya.

Peditox sudah memiliki ijin resmi dari Departemen Kesehatan sehingga aman untuk digunakan untuk dewasa dan anak-anak.

cara menggunakan peditox:
  1. Tuangkan peditox ke rambut kepala secara pelan dan merata.
  2. Pijatlah kepala dengan lembut agar meresap dengan sempurna.
  3. Setelah dipijat, tutuplah rambut dengan penutup kepala atau shower cap.
  4. Diamkanlah semalaman, atau bila perlu hingga 12 jam.
  5. bilasl hingga bersih rambut dipagi harinya dengan shampoo
  6. Sisir rambut menggunakan serit atau sisir kutu

Peditox, obat kutu rambut  tidak menimbulkan panas dan ketergantungan. Sangat mudah digunakan dan terbukti ampuh membasmi kutu rambut hingga ke telur-telurnya. Belum ditemukan efek samping peditox yang sangat merugikan pengguna.

baca juga
cara mengatasi rambut rontok secara alami
cara memutihkan ketiak dengan cepat

cara menghilangkan kutu rambut secara alami

selain menggunakan peditox ada cara menghilangkan kutu rambut dan telur kutu secara alami, cepat, permanen ampuh  tanpa merusak rambut dengan menggunakan bahan alami seperti minyak zaitun, daun sirsak, bawang merah, cuka, minyak kayu putih, kapur ajaib berikut cara membasmi kutu rambut secara alami:

cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dengan minyak zaitun

cara menghilangkan kutu

Minyak zaitun telah banyak dipakai dan terbukti memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan termasuk membasmi kutu rambut.

Harvard School of Public Health menjelaskan cara kerja minyak zaitun untuk membunuh kutu rambut. bahwa kutu yang terendam dalam minyak zaitun mati karena sesak napas setelah 2 jam. Penelitian serupa menemukan bahwa diperlukan setidaknya 8 jam untuk kutu rambut mati karena mati lemas setelah dilapisi dengan minyak zaitun.

Jadi, kunci utama di sini adalah Anda perlu mengoleskan minyak zaitun di rambut dan kulit kepala Anda untuk memastikan bahwa kutu mati lemas karena kehabisan oksigen.

cara membasmi kutu rambut dan telurnya dengan minyak zaitun

  1. Oleskan hingga merata dan pijat secara halus minyak zaitun ke kulit kepala dan rambut
  2. Tunggulah 6-8 jam agar kutu mati lemas di dalam minyak
  3. Gunakan sisir kutu di seluruh rambut
  4. Bersihkan sisir kutu dengan handuk, atau bilas dalam mangkuk air sabun
  5. Ulangi langkah 2-4 sampai tidak ada lagi kutu yang muncul di sisir
  6. Ulangi semua langkah selama 2-3 minggu

cara menghilangkan kutu rambut dengan daun sirsak

cara menghilangkan kutu rambut secara alami

Daun sirsak mengandung senyawa antibakteri yang tinggi memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan parasit, senyawa anti bakteri juga dapat membantu membasmi kutu rambut membandel pada kulit kepala. Daun sirsak efektif menyingkirkan kutu dan telurnya dari rambut

Cara membasmi kutu rambut dengan daun sirsak secara alami:

  • Siapkan daun sirsak sebanyak 10 buah, lalu rebus semua daun.
  • Setelah mendidih, diamkan dingin.
  • Lalu oleskan secara merata pada rambut.
  • Agar bekerja optimal, diamkan daun sirsak selama 2-3 jam.
  • Untuk membilasnya, Anda bisa mencuci dengan sampo untuk membersihkan.

cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah

membasmi kutu rambut

Bawang merah memiliki kandungan belerang putih yang sangat efektif untuk membunuh kutu rambut.

Cara membasmi kutu rambut dengan bawang merah:

  • Siapkan 4 hingga 5 bawang, lalu blender hingga halus.
  • Jika sudah berbentuk pasta, peras bawang dengan memasukkannya ke dalam kain terlebih dahulu.
  • Oleskan minyak bawang di seluruh bagian rambut, pijat ringan selama sekitar 10 menit.
  • Selanjutnya, tutupi rambut dengan handuk basah hangat selama dua jam.
  • Setelah itu, sisir rambut dengan menggunakan sisir kutu khusus.
  • Kutu mati akan jatuh dengan sendirinya.

baca juga:

cara menghilangkan karang gigi
cara menghilangkan bau mulut
cara berhenti merokok dengan mudah

Cara mencegah kutu rambut 

cara membasmi kutu rambut

setelah memahami cara membasmi kutu rambut anda pasti ingin mencegah kutu rambut agar datang kembali, berikut 3 cara mencegah kutu rambut:

1. Menyisir saat rambut basah

Menyisir saat rambut basah adalah cara paling ampuh untuk mengusir kutu. anda perlu ulangi setiap tiga hingga empat hari selama minimal dua minggu. Ini juga merupakan ide yang bagus untuk menambahkan beberapa kondisioner yang alami. Selanjutnya, dengan menggunakan sisir nit gigi halus Anda perlu menyisir seluruh kulit kepala yang dipenuhi kutu mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut. Lakukan penyisiran hati-hati ini setidaknya dua kali selama sesi.

2. Membersihkan Sisir

bersihkan semua sisir dan  cuci dengan menggunakan air panas dan sabun. Anda juga bisa merendam sikat dan sisir dalam alkohol selama setidaknya satu jam. Anda bahkan dapat melakukan pencucian dan perendaman jika itu membuat Anda merasa lebih baik. Dan jaga kebersihan termasuk semua alat penata rambut  seperti jepit rambut, ikat rambut, ikat kepala, dll.

3. Cuci Barang Yang Berisiko

pastikan bahwa Anda mencuci barang-barang yang bisa terkontaminasi dengan kutu. Tidak hanya ini akan membantu secara alami mengobati wabah kutu saat ini, tetapi juga akan mencegah transfer kutu ke orang lain atau reinfestasi orang yang sama.

Apa saja barang-barang di rumah Anda yang harus Anda pastikan untuk dicuci? pakaian, selimut, selimut dan boneka binatang. Untuk memastikan bahwa Anda benar-benar membuang berbagai macam barang ini, pastikan Anda mencucinya dengan air sabun yang panas. Keringkan mereka pada pengaturan panas tinggi sampai benar-benar kering, dengan waktu kering minimal 20 menit. Jika Anda memiliki sesuatu yang tidak bisa Anda bersihkan, tetapi Anda pikir mungkin terkontaminasi, Anda bisa menyegel benda-benda ini dalam kantong kedap udara setidaknya selama dua minggu.

Kesimpulan

Setiap orang tua cenderung bersentuhan dengan kutu di beberapa titik sejak anak-anak usia sekolah. Jika anak Anda memiliki teman dengan kutu atau pembawa kutu, jangan panik. kutu rambut tidak berarti bahwa anak Anda kotor, rumah Anda kotor atau Anda tidak mencuci rambut anak Anda dengan bersih. Penting untuk diingat, apakah itu anak Anda atau diri Anda sendiri, bahwa kutu bukanlah sesuatu yang memalukan. Itu bisa terjadi pada siapa saja. Kutu hanyalah masalah parasit yang sangat umum dan ada banyak cara membasmi kutu rambut secara alami.

bagikan pengalaman anda cara membasmi kutu yang ampuh di kolom komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here