Cara menghilangkan komedo secara Alami cepat dan permanen

0
180

Cara menghilangkan komedo – Komedo adalah tonjolan kecil yang muncul karena pori-pori tersumbat dengan minyak dan kulit mati. komedo merupakan jenis jerawat ringan yang biasanya terbentuk di wajah, sering di mana mereka paling terlihat, seperti pada atau di sekitar hidung, tetapi mereka juga dapat muncul di punggung, dada, leher, lengan, dan bahu, sebagian besar umumnya pada remaja dan wanita pra-menstruasi.

cara menghilangkan komedo

pada artikel kali ini kita akan membahas cara menghilangkan komedo parah secara alami dan permanen.

Cara menghilangkan komedo secara alami

berikut ini 12 cara alami menghilangkan komedo hitam dan putih di hidung secara permanen dan ampuh serta terbukti aman bagi wajah:

1. Baking Soda

cara menghilangkan komedo dengan baking soda

Soda kue tidak hanya untuk memanggang, atau menjaga lemari es Anda tetap segar. Kualitas antiseptik membuatnya menjadi produk yang luar biasa untuk kulit Anda. Ini tidak hanya berfungsi sebagai pengelupas kulit untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, meninggalkan kulit lembut dan halus, soda kue efektif menghilangkan komedo dari wajah anda. Dan, karena soda kue juga membantu menetralkan pH kulit, ia mendorong kulit untuk menghasilkan lebih sedikit minyak, yang berarti bahwa setelah penggunaan teratur, Anda mungkin dapat mengucapkan selamat tinggal kepada komedo tersebut untuk selamanya.

Ikuti petunjuk sederhana ini untuk menggunakannya:

  • Siapkan mangkuk, campurkan sekitar satu sendok makan soda kue dengan sedikit air untuk membentuk pasta.
  • Oleskan pasta ke komedo dan biarkan mengering selama sekitar 10 menit.
  • Bilas dengan air hangat.

Ulangi cara ini sekali atau dua kali seminggu untuk menghilangkan kotoran dari pori-pori yang dapat menyebabkan mereka tersumbat, menghasilkan komedo.

2. Pasta gigi 

cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi

menghilangkan komedo dengan pasta gigi sangat mudah dan efektif untuk membersihkan komedo. Pasta gigi mengandung bahan-bahan seperti triclosan, alkohol, mentol, hidrogen peroksida dan baking soda, antara lain yang dapat mengeringkan kulit. Triclosan, bahan aktif yang ditemukan dalam banyak produk kamar mandi, adalah agen antibakteri yang sangat efektif untuk mengeringkan minyak berlebih di pori-pori.

anda dapat menggunakan pasta gigi pepsoden atau merk lainnya untuk menghilangkan komedo hitam. sebelum menggunakan odol, tes terlebih dahulu untuk memastikan Anda tidak memiliki reaksi buruk terhadapnya

cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi

  • Oleskan pasta gigi sebesar biji kacang di area komedo
  • biarkan selama 15 menit dan kemudian lepaskan.
  • siram dengan air dingin atau jalankan potongan es di atasnya untuk membantu menutup pori-pori.
  • Oleskan pelembab sesudahnya untuk menetralkan efek pengeringan pasta gigi.

Jika Anda memiliki reaksi terhadap pasta gigi pada kulit Anda, cobalah gunakan odol yang tidak mengandung fluoride, yang dapat menyebabkan ruam kulit . Hindari produk pasta gigi yang memiliki zat pemutih gigi yang dapat membakar kulit Anda. Pertimbangkan untuk memilih pasta gigi alami dan organik yang mencakup beberapa bahan aktif alami

3. Minyak Bayi

Baby oil atau minyak bayi mampu mengangkat sel kulit mati dan mengeluarkan minyak yang tertutupi pori-pori, sehingga akan sangat membantu dalam penyembuhan masalah kulit wajah yang satu ini.
Minyak bayi yang biasanya digunakan untuk menjaga kesehatan kulit bayi juga kaya nutrisi. Vitamin E serta pH normal dapat membantu mengurangi terjadinya iritasi ketika kulit hidung mendorong dengan sisik halus yang halus, menghilangkan di kulit, serta merangsang pembentukan jaringan kulit baru yang tumbuh setelah kulit lama terkelupas.

cara menghilangkan komedo dengan baby oil

  • Siapkan handuk bersih, kapas, air hangat, dan sebotol baby oil
  • bersihkan wajah menggunakan handuk yang sebelumnya telah dibasahi dengan air hangat
  • tuangkan beberapa tetes minyak bayi ke kecantikan kapas yang sudah disiapkan, lalu teteskan kapas ke hidung atau wajah dengan komedo.
  • lakukan pijatan lembut bagian kulit yang sudah diolesi minyak sehingga minyak bayi dapat meresap masuk ke dalam pori-pori kulit
  • biarkan selama 15 menit
  • bilas dengan air dingin

4. Jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung asam sitrat alpha-hydroxy acid (AHA) yang berfungsi sebagai astringen alami untuk mengangkat kulit mati, membuatnya sempurna untuk mencegah pori-pori tersumbat. Jeruk nipis juga kaya vitamin C, antioksidan yang merangsang produksi kolagen untuk meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi jaringan parut dari jerawat.

cara menghilangkan komedo dengan Jeruk nipis

  • Pertama, bersihkan wajah Anda dengan pembersih alami yang lembut dan menyenangkan.
  • Peras sekitar satu sendok teh jeruk nipis ke mangkuk
  • Celupkan bola kapas ke dalam cairan jeruk nipis dan oleskan ke setiap komedo yang Anda miliki.
  • Biarkan hingga kering setidaknya selama 10 menit sebelum dibilas dengan air dingin – atau biarkan sebagai perawatan semalam dan bilas wajah Anda di pagi hari.

Anda juga bisa mencampurkan jeruk nipis dengan madu. Perawatan jeruk nipis ini harus digunakan sekali sehari.

5. Teh Hijau

Vitamin dan antioksidan dalam teh hijau membantu memecah kelebihan minyak dan mengurangi peradangan pada kulit yang rentan jerawat, serta untuk membantu melindunginya dari kerusakan di masa depan.

cara menghilangkan komedo dengan teh hijau

  • Rebus sekitar satu cangkir (8 ons) air dan kemudian angkat dari api.
  • Curam dua tas atau bola teh yang mengandung sekitar dua sendok teh teh hijau organik selama satu jam.
  • Tuangkan cairan ke dalam gelas atau mangkuk keramik dan dinginkan sampai hangat.
  • Bubuhi cairan ke komedo dan biarkan mengering setidaknya selama 10 menit.
  • Bilas dengan air dingin, keringkan dan kemudian melembabkan dengan pelembab alami.

Perawatan ini dapat digunakan satu kali per hari.

6. Madu

cara menghilangkan komedo dengan madu

Madu adalah antibakteri dan antiseptik terbaik, sifat yang membantu menghilangkan komedo dengan menghancurkan kuman atau kotoran yang menyumbat pori-pori, menjadikannya pilihan bagus bagi mereka yang memiliki komedo terkait jerawat. Madu juga bertindak sebagai antibiotik alami, membantu menarik kotoran dari pori-pori kulit untuk membersihkan komedo serta mengencangkan dan menghidrasi pori-pori untuk kulit yang lebih cerah.

Jika Anda memiliki alergi atau kepekaan terhadap madu, gunakan salah satu metode lain yang disarankan, karena bahkan menerapkannya secara topikal dapat menyebabkan reaksi pada beberapa orang.

cara menghilangkan komedo dengan Madu

  • Panaskan satu sendok makan madu mentah murni dalam botol kecil hingga hangat saat disentuh (atau tempatkan botol madu ke dalam mangkuk berisi air panas).
  • Bubuhkan beberapa madu hangat ke setiap komedo dan biarkan ia meresap selama 10 menit.
  • Hapus dengan kain hangat dan lembab.

Anda dapat meninggalkan perawatan ini dalam semalam untuk hasil yang lebih besar, membilasnya di pagi hari. Ulangi setiap hari.

baca juga:
cara mengecilkan perut buncit secara alami dan cepat
cara memutihkan ketiak secara alami

7. Garam Epsom

Garam Epsom tidak hanya bagus untuk meredakan sakit otot, mereka juga dapat membantu menghilangkan komedo. Sementara sebagian besar perawatan pada daftar ini melarutkan kulit mati dan minyak, campuran garam Epsom ini benar-benar menarik sumbat dari setiap pori yang tersumbat sehingga mereka hanyut begitu saja.

cara menghilangkan komedo dengan Garam epsom

  • Mulailah dengan pengelupasan di sekitar semua komedo Anda untuk menghilangkan kulit mati yang mungkin mengganggu proses pembersihan ini.
  • Campurkan satu sendok teh garam Epsom dalam setengah cangkir air panas dan empat tetes yodium .
  • Aduk sampai semua garam larut, lalu biarkan larutan dingin sampai hangat, tetapi tidak panas lagi.
  • Pijat campuran ke area kulit yang terkena dan biarkan benar-benar kering.
  • Cuci muka dengan air hangat dan keringkan dengan kain bersih.

Perawatan ini dapat digunakan sesering yang Anda mau.

8. Bentonit Clay

Bentonit adalah jenis tanah liat penyerap dan sangat menyembuhkan yang ditemukan pada akhir abad 19 dekat Red Rock, Wyoming di Fort Benton, maka dari itu namanya. Ini diketahui mengandung lebih dari 60 mineral alami seperti kalsium, besi, magnesium, kalium dan silika, yang membuatnya menjadi zat yang sangat kaya yang telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati sejumlah kondisi, terutama yang berhubungan dengan kulit.

Bentonit sangat baik dalam menarik keluar minyak dan kotoran lain yang terkunci di pori-pori. Dengan mengaplikasikannya sebagai masker, kulit menyerap mineral sementara tanah liat mengeluarkan komedo.

cara menghilangkan komedo dengan beniton clay

  • Campur sekitar satu sendok makan tanah liat dengan cukup air atau cuka sari apel untuk membentuk pasta kental – seharusnya tebal, tetapi tidak terlalu tebal sehingga sulit atau tidak mungkin untuk diterapkan.
  • Cuci tanganmu.
  • Gunakan ujung jari bersih Anda, oleskan pasta tipis ke wajah Anda dan biarkan selama 10 hingga 25 menit, atau sampai kering.
  • Bilas dengan air hangat dan melembabkan seperti biasa, sebaiknya dengan pembersih alami.

Gunakan perawatan ini dua atau tiga kali seminggu untuk hasil terbaik.

9. Putih telur

cara menghilangkan komedo dengan putih telur

Putih telur menawarkan banyak manfaat bagi kulit. Mereka kaya protein dan albumin, yang menawarkan sifat kulit toning dan membantu untuk mempromosikan kulit bebas keriput. Karena kemampuan mereka untuk mengencangkan kulit dan meminimalkan pori-pori, menggunakan putih telur sangat baik untuk kulit berminyak dan mengurangi kemungkinan komedo di masa depan saat menghilangkan komedo saat ini pada saat yang sama. Metode ini menarik keluar sebum dan menarik keluar gunk yang menempel jauh di dalam pori-pori.

cara menghilangkan komedo dengan putih telur:

  • Kumpulkan telur, beberapa tisu wajah atau tisu toilet, mangkuk kecil dan handuk bersih; pisahkan kuning telur dari putih.
  • Bilas wajah Anda dan tepuk sampai kering.
  • Oleskan selapis tipis putih telur ke seluruh wajah Anda dan kemudian letakkan potongan kertas toilet atau tisu wajah di atasnya, tekan dengan lembut ke wajah Anda. Biarkan hingga kering.
  • Selanjutnya, letakkan lapisan kedua putih telur di atas jaringan. Anda dapat mencelupkan jari-jari Anda ke dalam putih telur dan kemudian ke jaringan untuk membuatnya lebih mudah. Biarkan lapisan itu mengering juga.
  • Setelah masker mengering, kupas jaringannya dan kemudian bilas untuk menghilangkan residu.
  • Tepuk kering dan melembapkan dengan pelembab alami favorit Anda.

baca juga:
cara menghilangkan kantung mata secara alami dan cepat
cara berhenti merokok secara permanen

10. Gula

Hampir semua dari kita bisa mendapat manfaat dari mengurangi gula , jadi mengapa tidak menggunakan apa yang Anda harus membuat gula scrub daripada menuangkannya ke kopi pagi Anda. Gula adalah pengelupas kulit yang sangat baik, dan ketika ditambahkan ke minyak pembawa, ini sangat efektif untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat yang dapat menyebabkan komedo jahat. Minyak jojoba paling baik digunakan sebagai minyak pembawa karena itu adalah salah satu yang paling dekat meniru sebum kulit, meskipun zaitun , almond manis dan minyak biji anggur adalah alternatif yang baik.

cara menghilangkan komedo dengan gula:

  • 1 cangkir gula putih atau coklat
  • 4 sdm minyak jojoba (zaitun, almond manis dan minyak biji anggur dapat digunakan sebagai gantinya)
  • Minyak esensial aromatik untuk pewangi, opsional
  • Campurkan minyak ke dalam gula sampai benar-benar dimasukkan. Tambahkan minyak esensial untuk pewangi jika diinginkan.
  • Basahi wajah Anda dan pijatkan beberapa campuran ke kulit Anda menggunakan ujung jari Anda, gosok dengan gerakan melingkar.
  • Bilas dengan air dingin dan kemudian melembabkan.

Masker ini bisa digunakan hingga tiga kali seminggu, tetapi tidak lebih karena menggunakannya terlalu sering dapat mengiritasi kulit Anda.

11.  Cuka sari apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat yang dikenal untuk menghancurkan penumpukan yang sulit di kulit dan juga menyeimbangkan pH dalam tubuh Anda untuk mencegah masalah komedo dan jerawat. Anda dapat menggunakan cuka sari apel dengan hemat, mengaplikasikannya setiap hari ke wajah Anda sebagai toner. Atau tambahkan tiga sendok makan daun mint yang dihancurkan ke tiga sendok cuka sari apel untuk membuat toner yang menawarkan sensasi pendinginan yang juga membantu mengencangkan kulit dan menjinakkan peradangan.

12.  Kayu Manis

Kayu manis adalah bumbu anti-bakteri yang dapat digunakan untuk membuat masker wajah aromatik yang menawarkan segala macam manfaat bagi kulit, termasuk membersihkan komedo hitam dan putih dari wajah anda. Hal ini juga membantu untuk menghilangkan kulit keripik serta jerawat, dan dapat digunakan sebagai lulur untuk kulit yang lebih halus, lebih bercahaya.

cara menghilangkan komedo dengan Kayu manis:

  • Campurkan satu bagian kayu manis organik dengan dua bagian madu untuk membentuk pasta.
  • Oleskan lapisan tipis di atas komedo.
  • Biarkan pasta selama setidaknya 15 menit.
  • Bersihkan dengan pembersih alami favorit Anda, dan kemudian tindak lanjuti dengan pelembab.

Gunakan obat ini setiap hari untuk hasil terbaik.

13. Oatmeal

Oatmeal lebih dari sekedar sereal sarapan populer. Gandum kaya nutrisi ini aman dan efektif pada sejumlah kondisi kulit, termasuk komedo dan kulit sensitif dan teriritasi. Ia bekerja sebagai pembersih alami yang lembut dan eksfoliant, melonggarkan pori-pori tersumbat yang menyebabkan komedo. Ini juga mengandung antioksidan kuat dan beberapa sifat anti-inflamasi juga. Ini menenangkan iritasi, mengangkat sel kulit mati, dan menyerap minyak berlebih untuk membantu memperjelas kulit.

cara menghilangkan komedo dengan outmeal

  • Masak cukup oatmeal per paket instruksi untuk menutupi semua komedo Anda, pastikan untuk menggunakan air suling yang bebas dari kontaminan.
  • Biarkan oatmeal menjadi dingin sampai suhu kamar sebelum diterapkan ke area yang terkena.
  • Oleskan ke komedo, memungkinkan untuk duduk selama 10 hingga 20 menit sebelum berkumur dengan air hangat.

lakukan setidaknya satu kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Cara menghilangkan komedo dengan masker

masker hitam

Jika anda merasa cara alami diatas masih belum maksimal mengangkat komedo anda, atau anda tipe orang yang males ribet cobalah gunakan masker penghilang komedo. masker untuk menghilangkan komedo banyak tersedia di apotik atau online shop.

pada umumnya ada 3 jenis masker yang recommended buat

  1. Masker komedo Jenis strip: mudah dan praktis dibawa kemanapun, tapi tidak bersahabat jika anda memiliki kulit yang sensitif
  2. Masker komedo jenis clay atau tanah liat: cocok untuk orang yang memiliki kulit sensitif tapi tidak praktis dan hanya bisa dipakai dirumah

berikut ini 10 masker wajah yang terbukti mengangkat komedo sampai ke akarnya:

  1. Origins Clear Improvement Active Charcoal Mask to Clear Pores
  2. Lush Mask of Magnaminty
  3. Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask
  4. Innisfree Jeju Volcanic Blackhead Out Balm
  5. The Face Shop Jeju Volcanic Lava Peel Off Clay Nose Mask
  6. Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack
  7. Biore Pore Pack Black
  8. Bioaqua Actived Carbon Remove Blackhead Mask
  9. Hanasui Egg White Peel Off Mask
  10. Vienna Blackhead Remover

masker diatas terbukti ampuh mengangkat komedo dalam hitungan menit. selamat mencoba!! share pengalaman anda di kolom komentar.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here