cara mengetik 10 jari dengan mudah dan cepat

0
1041

Belajar mengetik dengan 10 jari

Metode 10 jari adalah teknik yang sangat mapan untuk secara efisien menggunakan keyboard komputer Anda. Dengan beberapa latihan dan posisi jari yang benar Anda dapat mengetik “tanpa suara” di keyboard. Jika Anda memilikinya, Anda dapat secara signifikan menurunkan tingkat kesalahan Anda dan meningkatkan kecepatan mengetik Anda pada saat yang bersamaan.

1 Berburu dan hancurkan

Meskipun kelebihan metode 10 jari sangat jelas, masih banyak orang yang berburu dan mematuk. Di sini Anda mulai di keyboard Anda sampai Anda menemukan kunci yang tepat dan kemudian tekan dengan jari telunjuk Anda.

Setelah beberapa tahun Anda mulai menggunakan lebih banyak jari dan Anda mungkin tahu posisi kunci dengan lebih baik – namun, tanpa kombinasi tombol-jari yang jelas hanya beberapa orang yang dapat mengelola “buta” dan sama cepatnya.

2 Posisi dasar untuk ketikan

Dengan menggunakan metode 10 jari, ada posisi dasar untuk jari-jari Anda, dari mana Anda dapat mencapai kunci apa pun yang Anda butuhkan. Jari-jari kiri Anda ditempatkan pada tombol A, S, D dan F. Jari-jari kanan Anda berada di tombol J, K, L dan?. Jempol Anda berada di bilah spasi.

Tipp

Anda dapat menemukan posisi dasar tanpa melihat keyboard Anda. Tombol F dan J, di mana jari telunjuk Anda ditempatkan, memiliki tonjolan kecil. Ini adalah bagaimana Anda bisa merasakan di mana harus meletakkan jari telunjuk Anda, sisa jari-jari Anda ditempatkan sesuai dengan itu.

3 Fingers dan kunci

Setiap jari harus menekan beberapa kunci yang berbeda. Pada grafik Anda dapat melihat tanda berwarna: mereka menunjukkan jari dan kunci mana yang berkorelasi.

Contoh

Anda ingin menekan E. Ini adalah jari tengah kiri Anda yang bertanggung jawab, yang berada di posisi dasar yang ditempatkan pada kunci D. Raih dengan jari tengah kiri Anda ke E dan kembali setelah itu ke posisi dasar pada D.

4 Tujuan metode 10 jari

Tujuannya adalah untuk mengaitkan penanganan keyboard di bawah sadar Anda. Alam bawah sadar kita membantu kita berurusan dengan tindakan yang lebih atau kurang rumit dalam hitungan detik, hampir secara otomatis.

Saat berburu dan mematuk, Anda membutuhkan tingkat ketegasan tertentu (di mana kunci berikutnya?). Namun, kombinasi jari-kunci yang berbeda membantu Anda untuk fokus pada hal yang paling penting: konten.

Tipp

Jika Anda telah mengadaptasi sistem tulisan Anda sendiri dan telah menggunakannya untuk waktu yang lama, Anda mungkin akan lebih lambat dari sebelumnya setelah beralih ke metode 10 jari. Jangan putus asa. Setelah waktu yang singkat Anda akan melihat kemajuan yang signifikan dan menulis lebih cepat dan lebih nyaman daripada dengan sistem lama Anda.

5 Keuntungan mengetik dengan 10 jari

Menggunakan metode 10 jari memiliki beberapa keuntungan yang meningkatkan pekerjaan harian Anda di komputer Anda.

Kecepatan

Dengan menggunakan metode 10 jari tanpa sadar Anda dapat meningkatkan kecepatan mengetik Anda secara signifikan, dengan kata lain Anda akan menghemat waktu yang berharga.

Efisiensi

Karena Anda tidak perlu fokus untuk memukul kunci tunggal lebih lama lagi, Anda dapat berkonsentrasi pada teks yang Anda tulis. Anda tidak perlu berganti-ganti lagi, otak Anda lega dan bisa bekerja lebih efisien.

Ergonomi

Mata permanen pada keyboard mendukung postur yang tidak sehat saat bekerja. Menggunakan metode 10 jari Anda tidak perlu melihat keyboard Anda sepanjang waktu. Ini membantu Anda untuk duduk tegak dan dalam posisi yang baik.

6 Alat bantu

Pelatih mengetik kami menunjukkan keyboard visual tepat di bawah latihan. Pada awalnya ini membantu Anda untuk tidak berpaling dari layar. Jadi Anda dapat menghafal kunci dengan lebih baik dan lebih cepat.

Tipp

Jika Anda sudah mengelola metode 10 jari, Anda dapat menyesuaikan tampilan keyboard visual untuk meningkatkan efek pembelajaran.

7 Mistyping

Harap diingat: hal pertama yang pertama. Penting untuk menempatkan ketepatan sebelum kecepatan! Dalam kondisi nyata Anda membakar banyak waktu mengoreksi kesalahan ketik Anda sesudahnya. Untuk setiap kesalahan, Anda akan kehilangan poin.

Tipp

Jika Anda salah mengetik sesuatu dalam suatu latihan, hanya satu kesalahan yang akan disimpan sementara Anda dapat memperbaiki kesalahan ketik Anda. Anda tidak akan kehilangan poin lagi, jika Anda baru menyadari bahwa Anda salah ketik di kemudian hari.

Tingkatkan kecepatan mengetik Anda

Sekarang Anda tahu semua dasar-dasar untuk mulai mengetik dengan 10 jari. Coba saja program traning ketikan kami sekarang juga:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here