cara mengatasi rambut rontok secara alami

0
134

Cara mengatasi rambut rontok – Rambut rontok adalah masalah yang hampir dihadapi oleh semua orang, pada titik tertentu anda akan mulai takut bahwa akan kehilangan terlalu banyak rambut Jika Anda pernah mengalami kerontokan rambut hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebab rambut rontok berlebihan dan cara mengatasi rambut rontok secara alami dan cepat.

Apa Penyebab Rambut rontok?

Penyebab rambut rontok parah dan berlebihan pada pria dan wanita bervariasi dari orang ke orang. Sementara dalam beberapa kasus faktor eksternal mungkin memegang peranan penting, masalah seperti beberapa kondisi medis yang serius, kurangnya nutrisi dan keturunan juga menjadi penyebab utama kebotakan. Lihat beberapa faktor utama yang mungkin menyebabkan kerontokan rambut prematur pada wanita.

a. Faktor keturunan

Kebotakan sering diturunkan melalui gen. Jika orang tua Anda memiliki masalah kerontokan rambut, kemungkinan besar Anda juga akan mengalami hal yang sama

b. Perubahan Hormonal

Perubahan hormon dalam tubuh meningkatkan kepekaan folikel rambut, melemahkan akar rambut, dan menyebabkan rambut rontok berlebih. Menopause, kista indung telur, hipotiroid, hipertiroid, dll, membawa perubahan dalam keseimbangan hormon tubuh Anda, yang akhirnya menyebabkan kerontokan rambut.

c. Kehamilan

Sebagian besar wanita, selama, dan pasca kehamilan, sering mengalami dehidrasi, kelelahan, dan ketidakseimbangan hormon. Ini menyebabkan peningkatan kepekaan pada folikel rambut. Ini juga menciptakan kondisi kulit kepala yang tidak sehat. Semua faktor ini menyebabkan rambut rontok kronis.

d. Stres Fisik dan Mental

Penyakit yang terus menerus, penurunan berat badan yang drastis dan berlebihan, dan kerja fisik yang ekstrim dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan kelelahan. Ini bisa membuat folikel rambut kurang gizi dan lemah, dan menyebabkan kerontokan rambut dengan cepat.

e. Infeksi Kulit Kepala

Infeksi jamur, bakteri, dan virus seperti seborrhea dermatitis dan psoriasis di kulit kepala dapat melemahkan akar dan merusak folikel rambut, sehingga menyebabkan penipisan, kerusakan, dan rambut rontok.

f. Gangguan autoimun

Alopecia Areata atau gangguan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh menyalahkan rambut untuk kontaminan asing dan mulai menyerang folikel rambut, menyebabkan kerontokan rambut. Tidak ada obat untuk kondisi ini dan 10% dari orang-orang yang memilikinya menderita kerontokan rambut permanen

g. Pengaruh Obat dan Perawatan

Kondisi medis tertentu memerlukan perawatan dan operasi yang membantu menyembuhkan penyakit.  efek samping dari perawatan seringkali dapat merusak folikel rambut dan menyebabkan rambut cepat rontok. Perawatan seperti kemoterapi untuk mengobati kanker, steroid, dan pengobatan untuk tifoid, penyakit jantung, depresi, dll dapat menyebabkan rambut yang rontok hingga kebotakan. Berikut ini daftar obat yang dapat menyebabkan kerontokan rambut sebagai efek samping:

  1. Antikoagulan
  2. Obat pelangsing
  3. Pil KB
  4. Obat-obatan tiroid
  5. Aspirin dan jenis obat anti-inflamasi non-steroid lainnya
  6. Aleve atau ibuprofen
  7. Gemfibrozil, clofibrate, dan obat-obatan kolesterol lainnya
  8. Obat ulkus seperti ranitidine, famotidine, dll.

h. Gangguan Tiroid

Gangguan tiroid dan obat anti-tiroid hampir selalu menyebabkan kerontokan rambut. Rambut terlihat jarang dan kerontokan rambut tersebar merata di seluruh kulit kepala. Perawatan yang berhasil sering menyebabkan rambut tumbuh kembali, tetapi dalam beberapa kasus kerontokan rambut bersifat permanen.

i. Treatment rambut yang berlebihan

Sementara semua orang ingin rambut mereka terlihat pada titik sepanjang waktu, pergi ke laut dengan perawatan rambut kimia dan alat-alat styling panas dapat menyebabkan rambut rontok.

j.  Anemia atau kurang darah

Kekurangan sel darah merah dalam tubuh, kehilangan darah secara tiba-tiba, dan kadar zat besi yang tidak memadai di dalam tubuh tidak hanya menyebabkan kelelahan, kelemahan, dan sakit kepala, tetapi juga kerontokan rambut.

k. Kurangnya Asupan nutrisi

Kurangnya asupan nutrisi dan mengikuti diet yang tidak sehat dan tidak seimbang dapat menyebabkan kekurangan gizi dalam tubuh. Ini menyebabkan dehidrasi pada kulit kepala dan rambut serta dapat memicu rambut rontok yang berlebihan.

itulah penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya baca lebih lanjut artikel dibawah ini

Perawatan rambut rontok

Dapatkan Diagnosis yang Tepat

Cara mengatasi rambut rontok

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, ada banyak penyebab rambut rontok sehingga menjadi sangat penting untuk mendapatkan akar masalah. Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mendapatkan diagnosis yang benar sejak awal. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda memiliki masalah medis yang mendasari yang menyebabkan rambut rontok.

Gunakan Sisir yang tepat

Menyisir rambut bisa menjadi mimpi buruk ketika Anda berurusan dengan rambut rontok. Gunakan sisir gigi lebar untuk menguraikan rambut Anda . Ini akan mengurangi kerontokan dan rambut rontok karena menarik. Penting juga diingat untuk tidak menyisir rambut saat basah. Rambut Anda paling rentan saat basah, yang meningkatkan kemungkinan pecahnya rambut. Anda juga harus membersihkan sisir dan sikat Anda setiap minggu. Membersihkan sisir Anda adalah tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mengendalikan rambut rontok.

Keringkan kepala dengan Cara Yang Benar

Mengeringkan rambut dengan menggosok handuk penuh semangat akan menyebabkan rambut patah, kusut, dan tertarik yang menyebabkan kerontokan. Sebaiknya,keringkan secara lembur dan perlahan dengan peras kelebihan kelembaban dari rambut Anda menggunakan handuk dan biarkan kering dengan sendirinya.

Pilih Produk dengan Bijak

rambut rontok

Cobalah beralih ke shampo yang tidak mengandung bahan kimia keras yang menyebabkan kerusakan, membuat rambut Anda rapuh dan lebih rentan terhadap kerusakan. Mengontrol kerusakan kimia tentu saja merupakan cara yang pasti untuk memastikan pencegahan kerontokan rambut.

Cuci Rambut Tiga Kali Seminggu

Perawatan rambut rontok

Cucilah rambut Anda setidaknya sekali setiap tiga hari dengan pembersih rambut yang lembut atau sampo untuk menghilangkan semua akumulasi debu, kotoran, minyak, dan bakteri yang menumpuk. Penting juga untuk tidak mencuci rambut lebih dari tiga kali seminggu

Lakukan styling dengan benar

Jangan melakukan styling rambut dengan terlalu sering menggunakan bahan kimia, pengeringan yang berlebihan, dan mewarnai, karena dapat menyebabkan rambut rontok. Jika Anda mewarnai rambut Anda dan telah menghadapi masalah rambut rontok, akan menjadi ide yang baik untuk beristirahat sejenak sebelum Anda memasukkan lebih banyak bahan kimia ke rambut Anda. Hindari gaya rambut seperti ekor kuda yang ketat, kuncir atau kepang setiap hari. Menggunakan ikat rambut untuk menarik rambut dengan kencang dapat menyebabkan rambut rontok.

Jaga Kesehatan Kulit Kepala

Jika Anda memiliki masalah seperti ketombe atau kulit kepala berminyak / kering, Anda harus segera mengatasi masalah ini. Kesehatan kulit kepala sangat penting untuk pertumbuhan rambut yang sehat dan untuk menghindari rambut rontok.

Yoga dan Olahraga

solusi rambut rontok

Stres berpengaruh pada kerontokan rambut. Olahraga teratur seperti yoga dapat membantu mengurangi stres dan membantu mengekang rambut rontok. Bahkan, ada latihan yoga tertentu yang secara khusus menargetkan mengurangi rambut rontok.

Gunakan Suplemen

Ada banyak suplemen pertumbuhan rambut di pasar yang membantu mengentalkan rambut dan mengurangi rambut rontok. Bahkan suplemen vitamin tertentu sangat membantu meningkatkan kesehatan dan volume rambut. Namun, jangan mulai mengonsumsi suplemen apa pun tanpa berkonsultasi dengan profesional perawatan kesehatan terlebih dahulu. Minoxidil (Rogaine) adalah salah satu obat yang paling efektif dan umumnya diresepkan dari dokter untuk mengatasi rambut rontok

Atur pola makan

merawat rambut rontok

Ketika datang ke kesehatan rambut, apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh Anda sama pentingnya dengan apa yang Anda taruh di rambut Anda. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan seimbang menjadi penting segera setelah Anda melihat rambut rontok.

Makanan yang kay zat Besi, Vitamin A, B kompleks, Vitamin C, Vitamin E, asam lemak omega-3, dan protein. rambut rontok secara langsung berkaitan dengan kekurangan vitamin / mineral.

konsumsi makanan sehat juga akan membantu menjaga rambut Anda lembab dan bernutrisi, yang menyebabkan rambut rontok lebih sedikit, ujung rambut bercabang lebih sedikit.

Hindari makanan berlemak dan minuman bersoda sekaligus mengurangi asupan karbohidrat Anda.

Jangan lupa minum banyak air sepanjang hari untuk membersihkan semua racun berbahaya dari tubuh Anda.

baca juga:
cara membersihkan komedo secara alami dan permanen
cara menghilangkan bau badan secara alami
cara memutihkan ketiak dengan cepat

Cara mengatasi rambut rontok secara alami

cara mengatasi rambut rontok dengan minyak zaitun

cara mengatasi rambut rontok secara alami

Tidak hanya minyak zaitun adalah bahan alami, tetapi juga merupakan bahan perawatan rambut yang luar biasa

Manfaat Menggunakan Minyak Zaitun Untuk Rambut

  1. Mengurangi Produksi DHT

Salah satu alasan terbesar untuk kerontokan rambut adalah produksi dihidrotestosteron. Hormon ini menyerang folikel rambut dan melemahkannya, menyebabkan rambut rontok. Penggunaan minyak zaitun secara teratur membantu memblokir produksi DHT dan dengan demikian membantu mengurangi rambut rontok.

  1. Mencegah Kerusakan

Minyak zaitun kaya akan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut dan menjaga mereka agar tidak rusak. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil yang menyebabkan kerusakan sel. Antioksidan membantu menstabilkan radikal bebas dan mencegah kerusakan.

  1. Memelihara Rambut

Minyak zaitun meningkatkan sirkulasi darah dan memelihara folikel dengan nutrisi penting dan lemak tak jenuh. Ini juga membantu menyegel kelembaban di batang rambut, mencegah kekeringan dan membuat rambut lebih mudah diatur.

  1. Mengurangi Kerusakan

Karena minyak mencegah kekeringan, itu juga membantu menjaga rambut Anda tebal dan tebal dengan mengurangi kerusakan. Ini dilakukan dengan mengkondisikan dan memperkuat batang rambut dengan kandungan asam lemak omega-6 yang kaya, menjaga rambut Anda dari patah.

  1. Menenangkan Kulit Kepala

Minyak zaitun memiliki sifat antijamur dan antibakteri yang membantu menenangkan kulit kepala yang diperparah dengan masalah seperti gatal, ketombe, dan folikel tersumbat. Ketombe dan folikel tersumbat adalah penyebab utama kerontokan rambut.

berikut cara mengatasi rambut rontok dengan minyak zaitun:

Siapkan

  • 2 putih telur
  • 2 sdm Minyak Zaitun
  • Topi Mandi
Proses
  1. Dalam mangkuk, kocok putih telur dan minyak sampai keduanya digabung dengan baik.
  2. Mulailah menerapkan campuran ini ke kulit kepala dan rambut Anda.
  3. Setelah kulit kepala dan rambut Anda tertutup sepenuhnya, biarkan campuran selama 20 menit.
  4. Tutupi rambut Anda dengan topi mandi sambil menunggu, agar tidak berantakan.
  5. Setelah 20 menit berlalu, bilas rambut Anda dengan air dingin dan sampo bebas sulfat ringan.

lakukan 1-2 kali seminggu.

cara mengatasi rambut rontok dengan jahe

cara mengatasi rambut rontok dan kering

Rambut berminyak dan rambut rontok sering berjalan beriringan. ramuan ini membantu menormalkan produksi minyak sambil menyehatkan kulit kepala dan rambut Anda dengan protein penting untuk pertumbuhan rambut .

Mengingat manfaat jahe yang ditawarkan untuk berbagai macam penyembuhan penyakit dan masalah kesehatan, jahe juga salah satu bahan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

  1. Mencegah Kerontokan Rambut

Akar jahe segar mengandung magnesium, kalium, fosfor, dan vitamin yang menyediakan folikel rambut Anda dengan nutrisi, membuat mereka kuat dan mencegah rambut rontok

  1. Mengontrol Ketombe

Ketombe dan rambut rontok sering berjalan beriringan. Ini terjadi karena sel-sel kulit mati menyumbat folikel Anda, yang menyebabkan rambut rontok. Jahe memiliki khasiat antimikroba yang ampuh yang membantu mengendalikan ketombe dan, pada gilirannya, mengurangi rambut rontok

  1. Melembabkan rambut

Kekeringan menyebabkan rambut menjadi rapuh, dan ini menyebabkan kerusakan . Jahe bertindak sebagai kondisioner alami, mengatasi kekeringan dengan mengembalikan kelembaban ke rambut Anda

  1. Meningkatkan Aliran Darah

Bahan aktif ginger, gingerol, membantu merelaksasi pembuluh darah dan dengan demikian meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini memungkinkan untuk meningkatkan nutrisi folikel rambut, memastikan pertumbuhan rambut lebih cepat.

  1. Menutrisi Rambut Dengan Asam Lemak

Jahe juga mengandung rantai asam lemak seperti asam linoleat yang menyehatkan rambut Anda , menjaganya tetap sehat dan kuat

berikut cara mengatasi rambut rontok dengan jahe

Siapkan bahan:
  • 2 sendok makan Parutan Jahe
  • air
Proses
  1. Haluskan jahe parut dengan sedikit air sampai Anda mendapatkan konsistensi yang sedikit berair.
  2. Oleskan pasta ini ke kulit kepala Anda dan biarkan selama 45 menit hingga satu jam.
  3. Bilas dengan air.

Gunakan pasta jahe ini dua kali seminggu jika Anda mengalami kerontokan rambut yang parah.

Mengapa Ini Berfungsi

Pasta jahe dengan sifat antimikrobanya yang kuat dan bergizi akan mengatasi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan kembali rambut. Ini adalah salah satu cara paling sederhana dan paling efisien untuk menggunakan jahe dalam rutinitas perawatan rambut Anda .

cara mengatasi rambut rontok dengan teh hijau

cara mengurangi rambut rontok

Teh hijau mengandung antioksidan, yang membantu mencegah rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Telur telah menjadi bahan perawatan rambut yang populer selama beberapa dekade karena kandungan proteinnya yang tinggi. Mereka menyediakan rambut Anda dengan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh sehat.
Anda akan perlu
  • 2 sdm teh hijau
  • 1 kuning telur
  • Topi mandi
Proses
  1. Ambil 1 kuning telur dalam mangkuk bersih. Tambahkan 2 sendok makan teh hijau yang baru disiapkan untuk itu.
  2. Aduk hingga tercampur hingga mencapai konsistensi berbusa dan kental. Jika menjadi terlalu tebal, Anda bisa menambahkan lebih banyak teh hijau untuk mencairkannya.
  3. Pisahkan rambut Anda dari pusat dan oleskan masker rambut ini ke kulit kepala dan rambut Anda.
  4. Tutupi rambut Anda dengan topi mandi.
  5. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air dingin dan sampo biasa Anda.

lakukan 2-3 kali seminggu.

baca juga:
cara membersihkan karang gigi tanpa harus kedokter
cara menghilangkan kutu rambut secara alami

Cara mengatasi rambut rontok dengan Spa Rambut

Banyak salon menawarkan perawatan rambut spa yang dimaksudkan untuk memperkuat, dan menyehatkan rambut Anda. Cara mengatasi rambut rontok dengan Spa Rambut ideal untuk wanita yang sibuk dan stres. Perawatan tidak hanya meningkatkan kesehatan rambut, tetapi juga merupakan cara sempurna untuk bersantai dan menghilangkan stres. Di bawah ini adalah manfaat perawatan spa rambut.

  • merawat ujung rambut bercabang, dan memperbaiki rambut kering, rusak, dan kusam. Ini juga membantu menghilangkan ketombe.
  • memberikan rambut dan kulit kepala Anda dengan nutrisi penting yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut yang sehat.
  • membantu memperkuat folikel rambut dan merevitalisasi kulit kepala, menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan rambut tanpa hambatan.
  • mencegah penuaan kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dengan pijat merangsang.
  • membantu menghilangkan kotoran dari rambut dan kulit kepala Anda, mencegah penyumbatan dan membangun, menghasilkan kesehatan rambut yang lebih baik.
  • perawatan hair spa membawa melegakan dari stres dan ketegangan.

Cara mengatasi rambut rontok dengan Terapi Laser

Terapi Laser Tingkat Rendah (LLLT) semakin populer sebagai pengobatan pertumbuhan rambut yang efektif. Ini secara efektif berurusan dengan rambut rontok atau rambut menipis dengan menyediakan sel-sel yang rusak di kulit kepala Anda dengan energi ekstra untuk melanjutkan fungsi normal. Cara mengatasi rambut rontok dengan terapi Laser Ini membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mengurangi rambut rontok.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here