cara memutihkan ketiak secara alami dan permanen

0
570

Cara memutihkan ketiak – ketiak gelap adalah masalah yang banyak dihadapi oleh wanita. ketiak gelap dapat mempengaruhi percaya diri untuk memakai pakaian favoritmu

Umumnya, perubahan warna di bawah lengan tidak selalu menunjukkan kondisi medis yang serius. Namun beberapa faktor seperti insulin, obesitas, gangguan hormonal dan kondisi obat dapat menyebabkan masalah. Dapatkan didiagnosis dengan dokter Anda untuk mencari tahu alasan yang tepat.

Namun, jika itu hanya karena mencukur, keringat berlebihan, akumulasi sel-sel mati, penggunaan antiperspirant tertentu, krim penghilang rambut dan ventilasi yang tidak tepat pengobatan alami adalah solusi yang bagus untuk menghilangkan ketiak gelap.

Penyebab ketiak gelap

Ada berbagai alasan yang menyebabkan warna gelap kulit di daerah ketiak. Berikut beberapa penyebab utama ketiak gelap tercantum di bawah ini …

  • Penggunaan teratur krim atau pencukuran rambut
  • Ventilasi ketiak yang buruk
  • Keringat berlebih
  • Akumulasi kotoran atau sel kulit mati
  • Penggunaan deodoran dan antiperspiran alkohol
  • Kehamilan atau ketidakseimbangan hormon
  • Peningkatan kadar insulin atau diabetes
  • Erythrasma (infeksi bakteri kronis)
  • Obesitas atau kegemukan

Cara memutihkan ketiak secara alami

Berikut ini adalah top 10 cara untuk menyingkirkan ketiak gelap.

Lemon

Lemon adalah hal pertama yang terlintas dalam pikiran kapan pun Anda ingin menghapus sesuatu yang gelap dari kulit Anda! Tidak ada yang lebih baik sebagai pemutih seperti lemon. Lemon tidak hanya pembersih alami (kebanyakan restoran menggunakan mangkuk cuci dengan air hangat yang memiliki irisan lemon di dalamnya!) Tetapi juga memiliki sifat anti-bakteri dan antiseptik. Sifat asamnya membantu secara ekstensif dalam mencerahkan kulit Anda bersama dengan pengelupasan sel-sel kulit mati. Jadi, mengapa tidak menggunakan lemon untuk meringankan ketiak gelap Anda? berikut cara memutihkan ketiak dengan lemon:

  • Ambil irisan lemon yang tebal dan gosokkan ketiak Anda setiap hari sebelum Anda pergi mandi. Oleskan pelembap setelah mandi karena lemon juga cenderung membuat kulit kering. Anda juga dapat menggunakan lemon dengan cara yang berbeda, seperti yang diceritakan pada poin berikutnya, untuk memastikan tidak mengeringkan kulit Anda.
  • Tambahkan sejumput atau dua kunyit, madu atau yoghurt ke jus lemon. Ini akan memberi Anda sesuatu seperti pasta. Terapkan ini ke ketiak gelap Anda dan biarkan selama sekitar 10 menit. Sekarang bersihkan dengan air.

Kentang

Kentang merupakan agen pemutihan alami yang baik. Terlebih bagi mereka yang memiliki kulit sensitif karena sifat asam lemon dapat mengiritasi kulit. Kentang, karena asamnya yang ringan tidak mengiritasi kulit. berikut cara menggunakan kentang untuk memutihkan ketiak gelap Anda.  berikut cara memutihkan ketiak dengan kentang:

  • Ambil irisan tipis kentang dan gosokkan ketiak Anda  selama sekitar 5-10 menit dan kemudian bersihkan dengan air hangat.
  • Atau, parut kentang dan peras. Oleskan air kentang ke ketiak Anda dengan bantuan jari-jari Anda atau bola kapas. Biarkan selama sekitar 10 menit lalu bersihkan.

Gunakan kentang setidaknya dua kali sehari untuk melihat hasil yang lebih cepat yang dapat Anda harapkan untuk dilihat dalam waktu tujuh hari

Mentimun

Mentimun memiliki sifat-sifat pemutih kulit alami.Irisan mentimun sering digunakan untuk meredakan kantong mata dan juga untuk meringankan lingkaran gelap di bawah mata. Ini karena ekstrak mentimun memiliki sifat pencerah kulit. Properti yang sama juga dapat digunakan untuk mencerahkan ketiak gelap.

Apa yang lebih baik adalah jika Anda ingin mendapatkan manfaat dari sifat pemutihan lemon, Anda dapat melakukannya dengan menggabungkan jus lemon dengan mentimun. Sementara lemon berfungsi untuk memutihkan kulit Anda, mentimun menenangkan kulit untuk menghindari gatal atau iritasi. berikut ini cara memutihkan ketiak dengan timun:

  • Campurkan air jeruk lemon dengan jus mentimun dan tambahkan sejumput kunir ke dalamnya. Lemon pemutih dan menghilangkan sel-sel mati, mentimun memberikan efek pendinginan dan kunyit mencegah perubahan warna.
  • Anda juga dapat memotong bulat mentimun dan menggosok ketiak Anda dengannya.
  • Atau gunakan jus mentimun murni ke ketiak gelap Anda. Ini juga dapat meringankan kulit Anda dalam beberapa hari.

Baking soda

baking soda juga bisa membuat ketiak putih. Soda kue dapat digunakan untuk membuat lulur yang bagus untuk ketiak Anda. Bahkan, jika Anda menggunakan soda kue untuk ketiak, Anda dapat menghindari deodoran dan antiperspirant yang terbuat dari bahan kimia, penyebab lain untuk ketiak gelap. Tidak hanya ini, lulur yang dibuat dengan baking soda juga bisa membuat Anda menyingkirkan sel yang rusak dan mati yang mengarah ke pori-pori yang tidak tersumbat. Itu juga membunuh kuman untuk memberi Anda ketiak yang bersih dan bebas bau.

  • Ambil beberapa soda kue dan air. Campur untuk membuat pasta kental. oleskan ke ketiak Anda dan menggosok lembut area tersebut dan Cuci bersih

Kulit Jeruk

Scrub alami lainnya untuk ketiak yang ampuh untuk ketiak hitam adalah kulit jeruk. Jeruk, memiliki sifat pemutihan yang dapat digunakan untuk mencerahkan ketiak gelap. Berikut langkah-langkah untuk membuat scrub ini.

  • Keringkan kulit jeruk di tempat teduh.
  • parut atau tumbuk hingga menjadi bubuk.
  • Ambil air mawar dan susu.
  • Tambahkan kulit jeruk bubuk ke air mawar dan susu dan aduk rata untuk mendapatkan pasta kental.
  • Oleskan pasta ini ke ketiak Anda dan gosok lembut daerah tersebut selama sekitar 10 menit.
  • Cuci bersih dengan air dingin.
  • Lulur ini menghilangkan sel-sel kulit mati, memutihkan kulit dan membuat Anda harum dengan efek air mawar dan jeruk itu sendiri.

Cuka Apel

Cuka sari apel mengandung asam ringan yang akan mengangkat sel-sel kulit mati yang terakumulasi dan juga meringankan area ketiak yang gelap. Selain itu, ia juga akan bertindak sebagai disinfektan dan membunuh mikroba. berikut cara memutihkan ketiak dengan cuka apel

Anda akan perlu
  • 2 sendok teh cuka sari apel
  • 2 sendok teh soda kue
Apa yang Harus Anda Lakukan
  1. Untuk soda kue, tambahkan cuka dan biarkan gelembung campuran.
  2. Setelah gelembung mereda, gunakan campuran ini pada area ketiak dan biarkan mengering.
  3. Bilas dengan air dingin.
  4. Ulangi ini tiga kali seminggu.
Peringatan

Jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan satu sendok teh cuka apel, satu sendok teh air, dan campuran soda kue.

Minyak zaitun

Minyak zaitun sangat menghidrasi dan memberi nutrisi bagi kulit. Ia juga kaya antioksidan Gula coklat berfungsi sebagai pengelupas kulit dan akan mengangkat sel kulit mati yang telah terakumulasi dan membuat kulit ketiak Anda menjadi lebih gelap. berikut cara memutihkan ketiak dengan minyak zaitun :

Anda akan perlu
  • 2 sendok makan minyak zaitun murni
  • 2-3 sendok makan gula cokelat
Apa yang Harus Anda Lakukan
  1. Tambahkan gula cokelat ke minyak dan aduk dengan lembut.
  2. Basahi kulit ketiak dan aplikasikan campuran.
  3. Gosok selama satu atau dua menit dan biarkan selama lima menit.
  4. Bilas dengan air hangat.
  5. Lakukan ini dua kali seminggu sampai mendapatkan hasil yang diinginkan.

Lidah Buaya

Aloesin yang ditemukan dalam gel lidah buaya adalah inhibitor tirosinase, enzim yang bertanggung jawab untuk pigmentasi kulit. Dengan menghambat aktivitas enzim ini, lidah buaya dapat mencerahkan ketiak yang berubah warna Ini juga bersifat antibakteri dan menenangkan untuk kulit yang meradang / iritasi. berikut cara memutihkan ketiak dengan lidah buaya

Apa yang Harus Anda Lakukan
  1. Potong dan kupas lidah buaya.
  2. Oleskan lapisan gel pada ketiak Anda dan biarkan selama sekitar 10-15 menit.
  3. Bilas dengan air.
  4. Ulangi ini setiap hari.

Jika Anda tidak memiliki tanaman lidah buaya di rumah, Anda juga bisa menggunakan gel lidah buaya organik.

Kunyit

Kunyit biasanya digunakan dalam masker wajah untuk mencerahkan dan mencerahkan warna kulit dan juga memudar bintik-bintik. Aplikasi reguler pada ketiak pasti akan meringankan kulit yang gelap. Susu mengandung asam laktat yang membantu lebih lanjut dalam proses pemutihan ketiak. berikut cara memutihkan ketiak dengan kunyit:

Anda akan perlu
  • 1 sendok teh bubuk kunyit
  • 1 sendok makan susu cair
  • 1 sendok teh madu (opsional)
Apa yang Harus Anda Lakukan
  1. Campur semua bahan dan gunakan pasta pada ketiak.
  2. Biarkan mengering selama 10-12 menit lalu bilas.
  3. Ulangi ini dua kali seminggu.

Batu apung

Batu apung digunakan sebagai eksfoliant selama berabad-abad. Ini akan membantu menghilangkan lapisan kulit yang gelap. Jangan terlalu bersemangat saat menggosok karena dapat menyebabkan lecet lebih lanjut, dan Anda tentu tidak ingin berjalan-jalan seperti orang-orangan sawah selama beberapa hari ke depan.

Basahi batu apung dan sikat lembut ketiak selama beberapa menit sebelum mandi. Lakukan ini dua atau tiga kali seminggu.

Tawas

Tawas mendisinfeksi kulit dan juga menyeimbangkan pH kulit. Semua mikroba berbahaya yang bertanggung jawab untuk gatal dan berkeringat (yang menyebabkan ketiak gelap) dihilangkan. berikut cara memutihkan ketiak dengan tawas:

Anda akan perlu
  • 1-2 sendok teh bubuk tawas
  • air
Apa yang Harus Anda Lakukan
  1. Membuat pasta alum dan menerapkannya pada ketiak selama 10-15 menit sebelum mandi.
  2. Mandi seperti biasa.
  3. Gunakan obat ini sekali atau dua kali seminggu.
Peringatan

Alum mungkin tidak cocok untuk semua orang. Lakukan uji tempel sebelum menggunakannya pada ketiak.

Jangan Lakukan Hal-Hal Ini

Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Berikut ini adalah daftar beberapa tindakan preventif agar ketiak tidak gelap.

  • Jangan mencukur ketiakmu. Mencukur hanya menghilangkan rambut dari permukaan meninggalkan tunggul jelek untuk memberikan penampilan gelap di ketiak. Juga, kulit Anda menjadi kasar dengan waktu ketika Anda bercukur lagi dan lagi. Sebaliknya lakukan Waxing untuk menghilangkan rambut dari akarnya serta mengangkat sel-sel kulit mati untuk memberi kesan lembut dan cerah pada ketiak Anda.
  • Jangan gunakan krim penghilang rambut. Hampir semuanya mengandung bahan kimia keras yang sangat tidak ramah bagi kulit Anda. Mereka menyebabkan ruam, gatal, iritasi dan kadang-kadang kelainan kulit yang serius. Penggunaan hair removal dan lotion yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada kulit.
  • Jangan lakukan elektrolisis. Jika Anda bukan wanita berkulit gelap, Anda memiliki risiko hiperpigmentasi karena elektrolisis.
  • batasi pengggunakan deodoran dan antiperspirant. Kandungan kimia dapat menjadikan ketiak gelap dan kasar bahkan dapat menyebabkan pigmentasi sehingga menghasilkan ketiak yang lebih gelap secara permanen. lebih baik, mulai menggunakan deodoran alami dan antiperspiran seperti soda kue, minyak kelapa, minyak esensial cendana, dll.
  • Jangan melewatkan mandi. Tidak mandi dapat menyebabkan terbentuknya keringat dan pigmentasi bau yang menyebabkan bakteri. Anda mungkin ingin mencampur beberapa tetes minyak jeruk tertentu ke dalam air mandi Anda sehingga Anda mencium bau harum sepanjang hari dan minyak jeruk dapat mencegah penggelapan kulit Anda yang gelap.
  • Jangan memakai pakaian yang terlalu ketat. Jika memungkinkan, hindari mengenakan pakaian sintetis. Pakaian ketat dan sintetis menyebabkan gesekan yang menyebabkan ruam dan kemudian pigmentasi. Pakaian sintetis tidak membiarkan kulit Anda bernafas dan menjebak keringat menimbulkan bakteri yang dapat menyebabkan kulit menjadi gelap. Sebisa mungkin, kenakan kain katun atau kain ramah kulit lainnya.
  • Jangan biarkan berat badan Anda menjadi tidak terkendali. Turunkan berat badan jika Anda mengalami obesitas. Tidak hanya pakaian ketat, bahkan lemak tubuh Anda yang terakumulasi di bawah lengan bergesekan dengan pakaian dan menyebabkan ketiak gelap.
  • Jangan berkompromi dengan kebersihan dasar. Ketika Anda tidak membersihkan ketiak Anda dengan benar, itu menyebabkan akumulasi sel-sel kulit mati di bawah lengan menumpuk dan menimbulkan bintik-bintik gelap.
  • Jangan biarkan diabetes Anda lepas kendali. Jika Anda menderita diabetes tipe 2, tingkat insulin yang tinggi dapat menyebabkan kelebihan produksi sel-sel kulit yang dapat menyebabkan pigmentasi.

Kunjungi Dokter jika cara-cara alami diatas tidak bekerja

Anda mungkin menderita kondisi medis yang disebut acanthosis nigricans. Ini mungkin penyebab ketiak gelap Anda dan ini tidak dapat disembuhkan dengan cara alami diatas. Acanthosis nigricans dapat menyebabkan bintik-bintik hitam dan tanda pada tubuh Anda, terutama di sekitar ketiak, selangkangan, paha bagian dalam dan leher. Anda berisiko mengalami kondisi ini jika Anda mengalami obesitas atau sebagian kelenjar Anda tidak berfungsi dengan baik atau bahkan jika Anda memiliki diabetes tipe 2.

Pertanyaan dan Jawaban Paling Umum:

Apakah ketiak menjadi gelap selama kehamilan?

Jawab: Ya, adalah umum untuk mendapatkan kulit yang lebih gelap selama kehamilan dan kita menyebut kondisi ini sebagai melasma atau chloasma. Pada saat ini, Anda dapat mengembangkan bercak gelap di pipi, leher, lengan bawah, daerah kelamin, paha bagian dalam dan ketiak.

Melasma disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan yang menyebabkan peningkatan sementara melanin dalam tubuh dan dengan demikian menyebabkan ketiak gelap. Paparan sinar matahari bahkan akan menambah warna kulit yang lebih gelap.

Apakah gelap ketiak merupakan tanda diabetes?

Ya, peningkatan kadar insulin dalam darah (atau diabetes) pasti akan menyebabkan penggelapan kulit seperti beludru yang kita sebut kondisi kulit ini sebagai acanthosis nigricans. Jika Anda melihat perubahan ini pada kulit Anda, konsultasikan dengan dokter Anda untuk diagnosa yang tepat.

Mengapa ketiak saya selalu gatal?

Jawab: Ada berbagai alasan yang membuat Anda mengalami ketiak gatal. Ketiak mengandung beberapa pembuluh darah dan kelenjar getah bening dengan folikel rambut dan kelenjar keringat. Berikut adalah beberapa penyebab ketiak gatal yang tercantum di bawah ini …

  • Kurangnya kebersihan
  • Pencukuran yang tidak benar
  • Deterjen
  • Intertrigo (ruam terjadi pada lipatan kulit)
  • Miliaria rubra (ruam panas yang disebabkan oleh kelenjar keringat yang tersumbat dengan terjebak – keringat)
  • Dermatitis aksila (kontak alergen dengan kulit)
  • Folikitis aksila (ketika folikel rambut menjadi terinfeksi oleh bakteri)
  • Hiperhidrosis aksila (gangguan yang mendorong ketiak untuk mengeluarkan terlalu banyak keringat).
  • Limfadenopati aksiler (kelenjar getah bening di ketiak membesar karena penyakit jinak)
  • Tinea axillaris (kurap pada ketiak)
  • Psoriasis atau infeksi jamur
  • Penggunaan antiperspiran dan deodoran berlebihan
  • Kehamilan, kelebihan berat badan atau ketidakseimbangan hormon
  • Jenis kanker tertentu
  • Kulit kering atau keratosis pilaris

Krim terbaik untuk memutihkan ketiak gelap?

Jawab: Selain menggunakan obat alami, Anda dapat menggunakan beberapa krim terbaik yang direkomendasikan untuk memutihkan ketiak gelap Anda. Miliki daftar krim top ini untuk memutihkan ketiak hitam Anda.

  • Amaria Intimate Lightening Serum
  • Xtreme Brite Brightening Gel
  • Relumins Advance White Underarm and Paha Cream
  • Garnier Mineral Light Extra Whitening Roll-on Deodoran
  • Krim Hiperpigmentasi Meladerm
  • Nature Republic Armpit Wash and Whitening Cream Set
  • Belo Underarm Whitening Cream
  • Krim Pemutih Kulit Terang Rahasia
  • Solusi Kulit Pantai Selatan untuk Ketiak

Apa pengobatan untuk gatal ketiak setelah bercukur?

Jawab: Masalah paling umum yang dihadapi karena mencukur ketiak Anda adalah gatal (atau ruam ketiak). Berikut adalah beberapa solusi alami terbaik untuk mengobati gatal ketiak setelah bercukur. Mereka adalah minyak pohon teh, gel lidah buaya, minyak kelapa, lemon, cuka sari apel, kompres dingin dan panas, oatmeal, soda kue, shea butter, lilac India, kunyit, dll. Coba obat alami ini untuk mendapatkan bantuan yang menenangkan dari ketiak gatal setelah bercukur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here