cara membuat google form dengan mudah

0
33
cara membuat google form

Kami telah mengatakannya sebelumnya,  tetapi patut untuk dikatakan lagi – salah satu cara paling efektif untuk mengumpulkan informasi tentang pelanggan Anda adalah dengan meminta mereka memberikannya kepada Anda .

Dengan melangkah lebih jauh, Anda perlu menyediakan platform cepat dan mudah kepada pelanggan Anda untuk berbagi informasi ini dengan Anda.

Apakah Anda ingin mengumpulkan informasi kontak dasar pelanggan Anda , data segmentasi mendalam , atau laporan tentang pengalaman mereka dengan merek Anda , membuat formulir untuk audiens Anda untuk mengisi adalah salah satu pilihan terbaik Anda.

Anda dapat membuat formulir untuk berbagai tujuan, seperti:

  • Untuk mengumpulkan informasi kontak
  • Untuk mendaftarkan anggota audiens untuk acara mendatang
  • Untuk melakukan survei pelanggan
  • Untuk mengumpulkan pesanan produk

Meskipun ada sejumlah alat pembuat formulir yang tersedia, hari ini kami akan fokus pada cara menggunakan Google Formulir untuk mengumpulkan informasi penting tentang pelanggan Anda.

Catatan: Jika Anda ingin benar-benar menyesuaikan seluruh desain survei Anda dan menginginkan beberapa fitur yang lebih canggih seperti menjawab pemipaan, melewati logika dan pelaporan lanjutan, lihat Fieldboom. Anda bahkan dapat mencobanya secara gratis .

Dalam posting ini, kita akan membahas:

  • Penggunaan dasar Google Formulir
  • Cara menerapkan dan menggunakan add-on pihak ketiga
  • Pertanyaan yang sering diajukan tentang Google Formulir
  • Keterbatasan Google Formulir

Mari kita mulai dengan hal-hal mendasar.

Cara Menggunakan Google Formulir Untuk Membuat Survei, Pendaftaran & Lainnya

Seperti alat lain yang membentuk G Suite, Google Formulir menyediakan dua opsi saat baru memulai:

  • Pilih dari templat siap pakai
  • Buat formulir Anda sendiri dari awal

Kategori template meliputi:

  • Pribadi
    Google Forms Personal Themes
  • Kerja
    Google Forms Work Themes
  • pendidikan
    Google Forms Education Themes

Anda dapat, tentu saja, mengedit dan menyesuaikan template agar lebih sesuai dengan kebutuhan Anda, serta gaya merek Anda.

Untuk tujuan panduan ini, kami akan memandu Anda melalui proses pembuatan formulir dari awal.

Membuat Formulir Google Menggunakan Template Kosong

Bagian berikut akan menjelaskan langkah-langkah dasar untuk membuat formulir di Google Formulir.

Meskipun beberapa langkah dapat bervariasi dalam hal konten berdasarkan jenis formulir yang dibuat, kami akan berusaha sespesifik mungkin – terutama selama langkah paling penting dari proses tersebut.

Mari kita mulai.

Buat Judul dan Deskripsi

Membuat Formulir Google

Langkah pertama adalah yang paling dasar – buat judul untuk survei Anda, serta deskripsi tentang apa yang akan disertakan.

Perhatikan bahwa Anda memiliki opsi untuk menambahkan gambar atau klip video di setiap bagian survei yang Anda anggap tepat.

Sebelum melanjutkan, klik tombol Pengaturan (“roda gigi”) di sudut kanan atas layar Anda. Ini akan memunculkan menu berikut:

Pengaturan Google Formulir

Untuk tujuan kami, Anda mungkin ingin mewajibkan responden memberikan alamat emailnya, dan hanya mengizinkan mereka mengirimkan formulir satu kali. Apakah Anda ingin secara otomatis mengirim konfirmasi tanda terima, atau mengizinkan responden mengedit tanggapan mereka setelah mengirimkan formulir, terserah Anda.

Setelah Anda menyelesaikan langkah-langkah awal ini, Anda dapat mulai memasukkan pertanyaan Anda dan membuat struktur formulir Anda.

Tambahkan Pertanyaan Anda

Kiat Pro: Anda seharusnya sudah memikirkan apa yang ingin Anda tanyakan sebelum menambahkan pertanyaan Anda ke Google Formulir. Ini akan membuat proses pembuatan formulir Anda menjadi jauh lebih mudah.

Bagian selanjutnya di Templat formulir kosong meminta Anda untuk mengetik pertanyaan pertama Anda dan memberikan opsi jawaban untuk pertanyaan itu.

Namun sebelum Anda melakukan ini, klik menu tarik-turun yang awalnya bertuliskan “Pilihan Ganda”:

Pertanyaan Pilihan Ganda Google Formulir

Anda kemudian dapat memilih jenis pertanyaan yang berlaku, tergantung pada tujuan Anda untuk formulir.

Google Forms Linear Scale Question

Sebagian besar pilihan di sini agak mudah, dengan pengecualian “pilihan ganda grid” dan “grid kotak centang.” Opsi ini memungkinkan Anda untuk mengatasi beberapa masalah dalam satu bagian, seperti:

Google Formulir Beberapa Pilihan Pertanyaan Grid

Jika dilihat oleh responden, pertanyaan ini (atau lebih tepatnya, kelompok pertanyaan ini) akan terlihat seperti ini:

Kotak Pilihan Ganda Google Formulir

Menambahkan Bagian

Anda dapat menambahkan sebanyak mungkin bagian yang Anda inginkan ke satu dokumen Google Form, memungkinkan Anda untuk memisahkan pertanyaan berdasarkan fokus spesifik.

Google Formulir Tambahkan Bagian
Tombol “Tambahkan Bagian” ditemukan di bagian bawah menu yang digalangkan di sepanjang sisi kanan layar.

Misalnya, Anda dapat membuat pertanyaan berdasarkan pengalaman responden Anda dengan situs web Anda, dukungan pelanggan dan layanan pelanggan, dan proses pembayaran Anda. Anda kemudian ingin mengelompokkan setiap pertanyaan ini sesuai untuk menciptakan pengalaman yang lebih efisien bagi responden Anda.

Anda juga dapat mengatur proses logika lewati yang dapat digunakan untuk mengindividualisasikan pengalaman responden dengan formulir Anda. Misalnya, jika satu bagian berfokus secara khusus pada pengalaman pelanggan Anda dengan situs web Anda, itu tidak akan berlaku bagi pelanggan yang hanya mengunjungi lokasi bata-dan-mortir Anda.

Google Formulir Lewati Logika

Merancang Tema Google Form Anda

Catatan: Jika Anda ingin benar-benar menyesuaikan seluruh desain survei Anda dan menginginkan beberapa fitur yang lebih canggih seperti menjawab pemipaan, melewati logika dan pelaporan lanjutan, lihat Fieldboom. Anda bahkan dapat mencobanya secara gratis .

Setelah Anda membuat dan memasukkan konten formulir Anda, Anda dapat fokus untuk menyesuaikannya untuk memberikan pengalaman yang lebih estetis bagi responden Anda.

Di sudut kanan atas layar utama Formulir, klik ikon palet:

Desain Bentuk Google

Anda akan disajikan dengan sejumlah warna untuk dipilih, serta opsi untuk menambahkan gambar atau foto ke header formulir Anda. Memilih opsi ini akan memunculkan banyak pilihan gambar, serta opsi untuk mengunggah gambar Anda sendiri.

Tema Google Formulir

Setelah Anda memilih sebuah gambar, Google Forms akan secara otomatis menentukan warna latar belakang terbaik untuk pergi dengan gambar.

Google Header Header Image
Perhatikan tombol coklat dan membayangi.

Setelah Anda menyelesaikan langkah ini, Anda akan siap untuk membuat formulir Anda tersedia bagi audiens Anda.

Mendistribusikan Formulir Google Anda

Untuk memulai proses pembuatan formulir Anda tersedia bagi pelanggan Anda, klik tombol “Kirim” di sudut kanan atas.

Ini akan memunculkan menu berikut:

Google Formulir Berbagi

Perhatikan berbagai cara Anda dapat mengirimkan formulir. Anda dapat melakukannya dengan:

  • Mengirim formulir melalui email ke audiens Anda
  • Menyediakan tautan web ke formulir Anda
  • Menyematkan formulir Anda di situs web Anda
  • Mengirim formulir Anda melalui Google+, Facebook, atau Twitter

Pilihan pengiriman Anda akan tergantung pada apakah Anda ingin secara aktif mengirimkan formulir Anda melalui metode outbound atau secara pasif memberikan kesempatan kepada audiens Anda untuk melengkapi formulir.

Mengumpulkan Data Tanggapan

Saat seseorang merespons, Anda akan dapat mengakses informasi ini di halaman utama formulir Anda:

Tanggapan Formulir Google

Jenis grafik atau bagan yang digunakan untuk menampilkan data respons tergantung pada jenis pertanyaan. Ini mungkin ditampilkan sebagai grafik batang:

Google Bag Bar Respon Tanggapan

Atau mungkin ditampilkan sebagai diagram lingkaran:

Bagan Pie Tanggapan Formulir Google

Anda juga dapat mengekspor data Anda ke dokumen Google Sheet (dengan mengklik tombol Sheet kecil di bawah tab “Response”), yang menyediakan semua data yang dikumpulkan dalam format spreadsheet. Dokumen ini akan termasuk:

  • Waktu dan tanggal formulir diserahkan
  • Alamat email responden (dan informasi kontak lain yang diperlukan)
  • Jawaban responden untuk setiap pertanyaan pada formulir

Anda kemudian dapat mengurutkan dan memformat data Anda dalam dokumen Sheet seperti yang biasa Anda lakukan. Anda selalu dapat kembali ke spreadsheet asli seperti yang disediakan oleh Formulir hanya dengan mengklik tombol Sheet sekali lagi.

Berbagi Formulir dan Hasil Anda

Anda dapat membagikan formulir dan hasil Anda seperti halnya dokumen G Suite lainnya. Cukup klik tombol “Lainnya” (tiga titik vertikal di sudut kanan atas) dan pilih “Tambah Kolaborator.”

Cara Membagikan Formulir Google

Dari sana, Anda dapat membagikan tautan ke formulir melalui email atau media sosial. Pastikan Anda mengubah pengaturan Privasi sesuai (apakah membuatnya tersedia bagi mereka yang memiliki tautan atau ke publik).

(Catatan: Di atas adalah untuk tujuan kolaborasi . Dengan kata lain, menyediakan tautan ini akan memungkinkan siapa pun yang memiliki akses untuk membuat perubahan pada formulir Anda. Pastikan Anda tidak salah langkah ini untuk langkah yang kami sebutkan sebelumnya tentang cara mengirim formulir selesai.)

Dan, tentu saja, Anda juga dapat membuat Google Sheet terlampir tersedia bagi orang lain di dalam organisasi Anda, serta pemangku kepentingan lain yang ingin Anda berikan informasi tanggapannya.

Itu menyimpulkan ikhtisar kami tentang cara menggunakan Google Formulir dalam arti yang paling dasar. Di bagian selanjutnya, kita akan membahas tentang cara menggunakan add-on untuk menambah pengalaman Anda dengan Google Forms.

Menggunakan Add-Ons di Google Forms

Seperti perangkat G Suite lainnya, Google Formulir memberi Anda opsi untuk memasang add-on pihak ketiga yang meningkatkan berbagai aspek bentuk, tergantung pada kebutuhan individu Anda.

Di bagian berikut, pertama-tama kita akan membahas cara menginstal dan mulai menggunakan add-on (serta cara menghapusnya yang tidak Anda butuhkan), kemudian menyebutkan beberapa add-on yang paling berguna bagi Forms pengguna.

Cara Menginstal & Menggunakan Add-On di Google Forms

Proses menginstal dan menggunakan add-on adalah sebagai berikut:

  1. Klik tombol “Lainnya” dan pilih “Pengaya” dari menu tarik-turun:
    Google Formulir Menginstal Add-ons
  2. Ini akan memunculkan daftar add-on yang tersedia. Dari sana, Anda dapat mencari atau memfilter pengaya berdasarkan kebutuhan Anda:
    Google Formulir Tambahan
  3. Anda dapat mengarahkan kursor ke atas atau mengklik add-on khusus untuk mempelajari lebih lanjut tentang mereka, melihat screenshot masing-masing, dan membaca ulasan pengguna:
    Formulir Google Formulir Pemberitahuan Add-ons
  4. Setelah Anda memutuskan bahwa Anda ingin menginstal add-on, klik tombol “+ Gratis” di sudut kanan atas. Anda kemudian akan diminta untuk memberikan izin tambahan untuk mengakses akun Google Anda:
    Pasang Google Formulir Add-On
  5. Klik tombol “Teka-Teki” di dekat kanan atas layar Anda, lalu pilih aplikasi yang ingin Anda gunakan:
    Tombol Pengaya Google Formulir
    Catatan: Tombol ini hanya akan muncul jika Anda menginstal add-on.
  6. Ikuti instruksi yang diberikan untuk add-on yang diberikan untuk mulai menggunakannya.

Cara Menghapus instalan Google Formulir Tambahan

Untuk menghapus pengaya (sekaligus menghapus izin untuk mengakses informasi Anda):

  1. Klik tombol “Lainnya”, lalu “Pengaya”
  2. Temukan add-on yang ingin Anda hapus (Anda hanya dapat mencarinya)
  3. Arahkan kursor ke gambar utama add-on, dan kata “Manage” akan muncul. Klik tombol ini.
  4. Klik “Hapus”

Cukup mudah!

Add-on Populer untuk Google Formulir

Meskipun ada banyak pengaya yang tersedia untuk digunakan dengan Google Formulir, kami memilih yang berikut untuk membahas karena dua alasan:

  1. Mereka paling berlaku untuk tujuan kita
  2. Mereka memiliki peringkat pengguna tertinggi dari tipenya

formLimiter

Formulir Google membentukLimiter tambahan

formLimiter memungkinkan pengguna untuk membatasi pengajuan formulir setelah kriteria tertentu terpenuhi. Kriteria ini dapat berdasarkan waktu (yaitu, pengajuan yang tidak diizinkan setelah tanggal dan waktu tertentu) atau berdasarkan kuantitas (yaitu, pengajuan yang tidak diizinkan setelah sejumlah orang tertentu telah menanggapi). Pengguna juga dapat membuat kriteria pembatas mereka sendiri, juga.

formLimiter berguna untuk formulir yang dibuat untuk tujuan seperti pendaftaran acara yang memerlukan respons pada tanggal tertentu, atau survei di mana jumlah x pertama responden akan menerima tawaran bonus. Atau, formLimiter dapat digunakan untuk menghindari contoh mengumpulkan terlalu banyak data (seperti di, di mana sudah ditentukan bahwa ambang batas tertentu akan memberikan lebih dari cukup informasi, dan lebih banyak data hanya akan menjadi redundan).

Penerbit Formulir

Formulir Pengaya Formulir Google Formulir

Formulir Penerbit secara otomatis membuat Google Dokumen, Spreadsheet, atau Slide (serta file PDF) dari informasi yang dikumpulkan dari Formulir. Pengguna dapat mengatur Penerbit Formulir untuk secara otomatis menyimpan file-file yang dibuat ini dalam folder tertentu dalam akun Google Drive mereka.

Dengan Form Publisher, pengguna dapat mengotomatiskan proses pembuatan dokumen yang layak dari data mentah, yang kemudian dapat disimpan, dikelola, dan dibagikan seperlunya. Karena setiap pengiriman akan mengarah pada pembuatan dokumen individu, pengguna dapat berbagi informasi spesifik dengan individu lain tanpa membagikan semua data yang telah mereka kumpulkan pada semua responden.

Direktur Data untuk Formulir

Add-On Data Direktur Google Formulir

Direktur Data mengotomatiskan berbagai proses tergantung pada kebutuhan pengguna, seperti:

  • Membuat acara kalender baru dan menambahkan responden ke acara tersebut
  • Mengirim data formulir ke beberapa dokumen Sheet (atau membuat dokumen baru berdasarkan kondisi yang telah ditentukan)
  • Membuka dan menutup periode pengiriman
  • Memberikan salinan tanggapan individu melalui email

Melalui otomatisasi ini, Direktur Data memudahkan pengguna untuk mengelola jadwal mereka, terhubung dengan individu setelah mereka mengirimkan informasi mereka, dan membuat data yang dikirimkan tersedia melalui berbagai media.

Ringkasan Lanjutan oleh Awesome Table

Add-On Ringkasan Lanjutan Formulir Google

Ringkasan Lanjutan memberikan pandangan yang jauh lebih mendalam pada data yang dikumpulkan melalui Formulir daripada yang awalnya disediakan oleh Spreadsheet. Sedangkan membuat bagan dan grafik ini dalam Spreadsheet adalah proses multi-langkah, Ringkasan Lanjutan membuatnya tersedia secara otomatis untuk Anda analisis, bagikan, dan presentasikan.

AppSheet

Google Apps AppSheet Add-On

AppSheet bahkan memungkinkan mereka yang tidak memiliki pengalaman pemrograman atau coding untuk membuat aplikasi untuk menyimpan semua Formulir yang mereka buat dan menawarkannya kepada anggota audiens mereka di satu tempat.

Selain data yang dikumpulkan melalui pengiriman formulir, AppSheet juga memungkinkan pengguna mengumpulkan foto, tanda tangan, dan data GPS dari anggota audiens mereka sebagaimana diizinkan oleh masing-masing individu. Ini dapat memungkinkan pengguna untuk membuat profil pelanggan yang lebih lengkap, memungkinkan untuk peningkatan segmentasi.

formRecycler

Formulir Google FormRecycler Add-On

formRecycler memungkinkan Anda untuk menyimpan pertanyaan dari formulir sebelumnya dan mengambilnya ketika membuat kuesioner atau formulir baru. Pada gilirannya, ini memungkinkan Anda untuk dengan cepat memasukkan pertanyaan bentuk umum (seperti yang meminta informasi kontak).

Anda juga dapat menggunakan formRecycler untuk mengulang pertanyaan penting dalam bentuk selanjutnya untuk melihat apakah / bagaimana jawaban anggota audiens Anda telah berubah. Dengan formRecycler, Anda dapat yakin Anda menanyakan tepat pertanyaan yang sama – memastikan audiens Anda mengerti pertanyaan persis seperti yang telah mereka ketika mereka bertemu itu sebelumnya.

Konfirmasi Formulir Email

Formulir Email Konfirmasi Formulir Formulir Google

Seperti namanya, Email Konfirmasi Formulir memungkinkan Anda membuat email khusus untuk dikirim secara otomatis ke responden setelah mereka mengirimkan informasi yang diminta. Formulir Konfirmasi Email memungkinkan Anda untuk menerapkan format HTML, memastikan email yang dikirim sesuai dengan gaya keseluruhan merek Anda.

Email konfirmasi adalah bagian penting dari proses pengiriman formulir, karena mereka memungkinkan anggota audiens Anda untuk mengetahui dengan pasti informasi mereka diterima dengan baik, dan juga menjaga percakapan antara Anda dan audiens Anda bergerak maju.

Pertanyaan Umum Tentang Google Formulir

Di bagian ini, kami akan membahas beberapa pertanyaan paling umum yang dimiliki pengguna saat memulai dengan Google Formulir.

Apakah Mungkin Untuk Mengumpulkan Pembayaran Via Google Forms?

Meskipun Anda dapat menggunakan Google Formulir untuk mengumpulkan pesanan untuk produk atau layanan Anda, Anda tidak dapat mengotomatiskan proses pembayaran langsung dalam Formulir. Meskipun add-on pihak ketiga mungkin ada yang memungkinkan integrasi dengan PayPal dan perangkat lunak lainnya, penting untuk diingat bahwa add-on ini tidak harus sesuai dengan PCI.

Apakah Formulir Dikirim Secara Anonim?

Kami berbicara sedikit tentang ini sebelumnya, tetapi mari kita perjelas:

Secara default: ya, formulir yang dikirim tidak menyertakan informasi identitas apa pun tentang anggota audiens Anda. Alamat IP tidak dikumpulkan melalui Formulir.

Namun, Formulir memungkinkan Anda untuk memberi mandat agar responden memberikan alamat emailnya dengan memilih opsi “Batasi Hingga 1 Respons”. Hal ini tidak hanya memastikan tanggapan yang Anda terima sah, tetapi juga memungkinkan Anda mengirim respons otomatis setelah responden mengirimkan formulirnya.

Apakah Responden Butuh Akun Google Untuk Mengirimkan Tanggapan Mereka?

Demikian pula untuk pertanyaan terakhir, jawabannya adalah ya dan tidak.

Jika Anda memilih opsi “Batasi ke 1 Tanggapan”, maka ya, responden harus memiliki alamat email yang ditautkan ke akun Google.

Di sisi lain, jika Anda belum menentukan bahwa responden harus memasukkan alamat email mereka (dengan tidak memilih opsi “1 Respons”), maka tidak diperlukan alamat email – karena Anda tidak akan mengumpulkan informasi identifikasi sama sekali.

Keterbatasan Dari Google Formulir

Meskipun Google Formulir adalah pilihan yang layak bagi mereka yang ingin membuat formulir dasar, survei, dan kuesioner, alat ini pasti memiliki beberapa keterbatasan.

Jika Anda mencari platform survei yang lebih canggih dengan fokus pada kegunaan dan desain yang cantik, inilah cara Google Formulir membandingkan ke Fieldboom , yang merupakan perangkat lunak survei kami yang dirancang untuk mereka yang membutuhkan sedikit lebih banyak daripada yang diberikan Google Forms 🙂

Opsi Desain & Branding Terbatas

Kami telah membahas sebelumnya tentang opsi penyesuaian sederhana yang disediakan oleh Google Forms (memilih gambar header dan warna tema).

Tentu saja, ini sangat membatasi kemampuan Anda untuk mencocokkan survei dan formulir yang dibuat dengan gaya merek Anda. Bentrokan antara gaya (font, tema, dll) dari situs web Anda, dan bentuk Anda, dapat secara tidak sengaja mengarah ke tingkat penyelesaian formulir yang agak rendah.

Fieldboom menyediakan kemampuan untuk sepenuhnya menyesuaikan survei dan formulir Anda, memastikan anggota audiens Anda menikmati transisi tanpa batas dari situs web Anda ke formulir yang menyertainya.

Sebelum dan Sesudah Penyelesaian Survei

Google Formulir tidak menawarkan banyak hal dalam bentuk layar “Selamat Datang” atau “Terima Kasih”, yang juga dapat memengaruhi pengalaman pengguna (baik saat mengisi formulir dan setelah mengirimkannya).

Tanpa halaman “Selamat Datang”, audiens Anda memiliki sedikit atau tidak ada kerangka acuan dalam hal instruksi untuk melengkapi formulir, atau bahkan mengapa mereka harus mengisi formulir di tempat pertama.

Selain itu, kurangnya halaman “Terima Kasih”, pada bagian Anda, agak dingin. Menunjukkan terima kasih kepada pengunjung yang meluangkan waktu untuk menyelesaikan survei adalah isyarat kecil, tetapi sering kali dapat menjadi perbedaan antara apakah mereka kembali ke situs Anda di masa mendatang atau tidak.

Meskipun Anda dapat membuat halaman “Selamat Datang” dan “Terima Kasih” Anda sendiri untuk ditempatkan di situs web Anda, Fieldboom memungkinkan Anda membuat halaman-halaman ini dalam survei atau formulir Anda. Ini semakin mengefisienkan pengalaman pengunjung Anda, membuat mereka lebih mungkin untuk melengkapi formulir di tempat pertama – dan terus terlibat dengan merek Anda setelah fakta.

Manajemen Tanggapan

Google Formulir menawarkan tampilan daftar tanggapan yang agak sederhana. Sementara data disajikan secara langsung, intuitif, Formulir menawarkan sedikit dalam hal mampu mengelola tanggapan ini. Bahkan ketika data yang dikumpulkan secara otomatis dikompilasi ke dalam dokumen Google Sheet, mengelola data ini dapat menjadi sedikit “kikuk” pada waktu tertentu – terutama karena volume meningkat.

Catatan:  Jika Anda ingin benar-benar menyesuaikan seluruh desain survei Anda dan menginginkan beberapa fitur yang lebih canggih seperti menjawab pemipaan, melewati logika dan pelaporan lanjutan, lihat Fieldboom. Anda bahkan dapat  mencobanya secara gratis .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here