cara membuat aplikasi android

0
29
cara membuat aplikasi android

Jika Anda pernah berpikir untuk membuat aplikasi seluler tetapi memilih untuk menyingkirkan pemikiran tersebut karena suatu alasan, bersihkan mimpi itu karena sudah saatnya Anda memulai! Dengan lebih dari satu miliar aktivasi perangkat seluler setiap bulan, platform seluler yang memberi Anda potensi maksimum jelas OS Android. Bangun aplikasi seluler Anda selalu menginginkan satu langkah sederhana dalam satu waktu.

Bagian1

Mulai

  1. 1

    Dapatkan pengetahuan tentang pemrograman berorientasi objek. Pengetahuan tentang Java adalah nilai tambah. Pemrograman berorientasi objek (OOP) adalah filosofi desain yang merepresentasikan konsep objek. Objek memiliki bidang data yang sebenarnya tidak ada, tetapi deskripsi objek dan semua tindakan yang dilakukan oleh objek dikenal sebagai prosedur.

    • Misalnya, Anda dapat mengatakan bahwa ponsel adalah objek yang memiliki atribut seperti nama pabrikan telepon, nomor model telepon, harga ponsel, dan sebagainya. Tindakan telepon didefinisikan dalam prosedur seperti proses untuk melakukan panggilan dengan telepon Anda, proses untuk menggunakan Internet menggunakan telepon Anda, dan hal-hal semacam itu.
    • Java adalah bahasa pemrograman yang sangat mengimplementasikan konsep OOP. Java adalah bahasa pemrograman yang paling banyak digunakan. OS Android juga dikembangkan menggunakan Java, jadi pengetahuan tentang Java selalu menguntungkan jika Anda ingin mengembangkan aplikasi untuk Android.
  2. 2

    Memiliki pengalaman praktis menggunakan Eclipse IDE untuk pengembang Java. Eclipse IDE adalah lingkungan pengembangan terintegrasi, yang mengenali kata kunci dan fitur yang berbeda dari bahasa pemrograman Java.
  3. 3

    Dapatkan ponsel Android. Tak perlu dikatakan lagi, memiliki ponsel Android yang praktis akan membantu Anda menyadari fitur dan kemampuan Android.

    • Item yang diuraikan di Bagian 1 merupakan prasyarat untuk memulai membangun aplikasi seluler Android, tetapi itu benar-benar OK jika Anda tidak cocok dengan semua hal di atas.

Bagian2

Menyiapkan Lingkungan untuk Pengembangan Android

  1. 1

    Unduh SDK untuk Android. Android SDK adalah kit pengembangan perangkat lunak untuk Android yang memiliki semua guci yang dibutuhkan untuk membuat aplikasi Android.

  2. 2

    Unduh versi terbaru Eclipse, dan pasang di sistem Anda. Anda dapat mengunduh Eclipse dari situs resmi Eclipse, atau menggunakan tautan ini: https://www.eclipse.org/downloads/ .

    • Anda akan menemukan bahwa ikon Eclipse ungu benar untuk apa namanya.
  3. 3

    Instal Android Development Tool (ADT) untuk Eclipse. Anda dapat menginstal alat ini dari pasar Eclipse. Di toolbar Eclipse, navigasikan ke menu Bantuan, dan Anda akan menemukan opsi Eclipse Marketplace. Cari Alat Pengembangan Android di Eclipse Marketplace, dan instal plugin.
  4. 4

    Unduh alat dan platform SDK terbaru menggunakan SDK Manager. Jalankan Pengelola SDK Android, dan ini akan meminta Anda memasang pembaruan terbaru untuk SDK. Terima persyaratannya, dan instal SDK terbaru untuk Android.

    • Luncurkan Android SDK Manager dari toolbar Eclipse, arahkan ke opsi jendela di toolbar Eclipse, dan pilih “Android SDK Manager.”

Bagian3

Membuat Proyek Android dengan Eclipse IDE

  1. 1

    Mulai Eclipse dan pilih lokasi ruang kerja untuk proyek Anda. Pada desktop Anda, klik dua kali pada ikon shortcut Eclipse untuk menjalankan Eclipse.
  2. 2

    Cari “Proyek Aplikasi Android.  Untuk menemukannya, klik pada tombol New pada toolbar Eclipse. Setelah jendela muncul, buka folder Android, dan pilih “Proyek Aplikasi Android.” Klik “Berikutnya” untuk melanjutkan.
  3. 3

    Isi formulir yang terbuka. Jika Anda tidak terbiasa dengan ketentuan, di bawah ini adalah definisi barang yang akan Anda temui.

    • Nama Aplikasi adalah nama aplikasi yang muncul untuk pengguna akhir.
    • Nama Proyek adalah nama proyek Anda, dan nama ini terlihat di Eclipse IDE.
    • Nama Paket adalah namespace paket aplikasi Anda. Nama paket Anda harus unik. Ini adalah contoh nama paket yang valid: “com.wikihow.tutorial.first.android.app”
    • Minimum Required SDK adalah versi Android terendah yang akan didukung oleh aplikasi Anda.
    • Target SDK adalah versi Android tertinggi yang akan didukung aplikasi Anda. Selalu mencoba menggunakan versi SDK Android terbaru untuk mendukung perangkat Android dalam jumlah yang lebih besar.
    • Compile With adalah versi platform yang Anda gunakan untuk mengkompilasi aplikasi Anda. Selalu pastikan bahwa versi ini harus sesuai dengan Target SDK Anda.
    • Tema menentukan tema untuk aplikasi android Anda. Untuk aplikasi pemula, Anda dapat memilih “Holo Light with Dark Action Bar.”
  4. 4

    Memproses. Setelah Anda selesai mengisi formulir, klik “Next” untuk melanjutkan.
  5. 5

    Konfigurasikan proyek. Pada layar Berikutnya, Anda perlu mengkonfigurasi proyek. Untuk aplikasi ini, biarkan semua nilai default, dan klik “Next.”
  6. 6

    Pilih ikon peluncur. Layar ini memungkinkan Anda untuk memilih ikon peluncur untuk aplikasi Anda yang akan digunakan sebagai ikon aplikasinya. Klik “Next” setelah pemilihan ikon selesai.
  7. 7

    Pilih suatu kegiatan. Di layar berikutnya, Anda perlu memilih “aktivitas kosong” untuk membangun aplikasi Anda, dan klik “Next.”
  8. 8

    Berikan detail tentang aktivitas Anda. Di layar berikutnya, Anda akan diminta untuk memberikan detail untuk aktivitas Anda. Biarkan nilainya sebagaimana adanya, dan klik “Selesai.”

    • Anda telah mengembangkan aplikasi Hello World dasar dengan pengaturan default.

Bagian4

Menjalankan Aplikasi Android Anda di Android Emulator

  1. 1

    Luncurkan Manajer Android Virtual Device (AVD). Untuk menjalankan aplikasi Android dari Eclipse ADT, Anda harus terlebih dahulu membuat AVD. Pada Eclipse, klik “Android Virtual Device Manager” dari bilah alat. Ikon hijau akan membuka jendela AVD Manager.
  2. 2

    Buat perangkat virtual Android. Untuk melakukan itu, setelah AVD Manager terbuka, klik “Baru.”
  3. 3

    Isi rincian tentang AVD. Yaitu, berikan nama, target, RAM dan detail lainnya.
  4. 4

    Klik “Buat AVD.  AVD baru akan muncul di AVD manager.
  5. 5

    Pilih AVD yang baru dibuat dan klik “Mulai.  Ini akan membuka AVD (emulator). Ini mungkin membutuhkan beberapa waktu untuk boot.
  6. 6

    Buka kunci layar emulator. Lakukan sekali setelah emulator dimulai.
  7. 7

    Klik kanan pada proyek Anda di Eclipse. Ini akan membuka daftar opsi.
  8. 8

    Klik pada “Run As.  Setelah itu, pilih” Aplikasi Android, “dan klik” OK. “Eclipse akan menginstal aplikasi yang baru dibuat di AVD Anda, dan meluncurkannya juga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here