cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras secara alami

0
583
cara membersihkan karang gigi

cara membersihkan karang gigi – Banyak yang mengatakan kesan pertama membekas sampai seumur hidup. Dan salah satu hal pertama yang cenderung diperhatikan orang tentang Anda adalah senyum Anda. Jika Anda memiliki plak pada gigi Anda, itu dapat menyebabkan penyakit gusi, karang gigi atau gigi berlubang serta bau mulut yang dapat mempengaruhi percaya diri anda. pada artikel ini kita akan membahas beberapa cara mudah dan alami untuk menghilangkan karang gigi dengan cepat tanpa bantuan dokter gigi:

Penyebab karang gigi

Dua masalah utama yang dapat terjadi adalah kerusakan gigi dan penyakit gusi. Kedua kondisi ini diprakarsai oleh kehadiran plak.

Plak adalah lapisan lengket dan tidak berwarna yang terus-menerus terbentuk pada gigi Anda. Bakteri hidup di dalam plak dan mengeluarkan asam yang menyebabkan kerusakan gigi dan mengiritasi jaringan gusi. Iritasi ini menyebabkan reaksi peradangan oleh tubuh yang akhirnya dapat menyebabkan gingivitis dan penyakit periodontal. Jika plak tidak diangkat secara teratur dengan menyikat gigi dan berkumur, maka akan membentuk kalkulus juga dikenal sebagai tartar atau karang gigi

Cara Membersihkan karang gigi di dokter

cara membersihkan karang gigi

anda yang memiliki karang gigi yang parah mungkin mencari cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras. satu-satunya cara untuk membersihkan karang gigi yang sudah mengeras dan parah adalah dengan dokter gigi.

Setelah kalkulus terkumpul di gigi Anda dalam jumlah besar, kalkulus harus dihilangkan melalui proses yang dikenal sebagai debridemen . dokter gigi akan menggunakan alat pembersih karang gigi atau alat ultrasonik untuk mengangkat tartar. Perangkat ultrasonik menggabungkan kombinasi getaran frekuensi tinggi dengan air untuk memisahkan karang gigi. Setelah prosedur debridemen, dokter gigi akan menjadwalkan Anda untuk kunjungan tindak lanjut di mana dia akan menentukan apakah perawatan lebih lanjut diperlukan untuk scaling dan root planning atau dalam kasus akumulasi kalkulus yang lebih parah – operasi gusi mungkin diperlukan.

Membersihkan karang gigi sangat penting untuk mencegah beberapa masalah kesehatan yang serius. Penumpukan kalkulus dapat menyebabkan gusi membengkak dan berdarah. Kondisi ini dikenal sebagai gingivitis; tahap awal penyakit periodontal. Penyakit periodontal juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit arteri koroner dan stroke. Bakteri dari plak dan karang gigi juga dapat menemukan jalannya ke dalam aliran darah , yang dapat mengakibatkan kondisi seperti endokarditis, ketika pembekuan darah dan lapisan dalam dari jantung menjadi terinfeksi.

jika karang gigi anda belum parah anda dapat membersihkan karang karang sendiri di rumah, berikut caranya dibawah ini

Cara menghilangkan karang gigi tanpa harus ke dokter

Cara menghilangkan karang gigi

Bagi kamu yang malas dan takut untuk ke dokter, berikut cara menghilangkan plak dan karang gigi yang belum parah tanpa harus ke dokter gigi:

Menyikat: Menyikat gigi dengan pasta gigi berfluoride adalah suatu keharusan. Dokter gigi merekomendasikan menyikat gigi dua kali sehari. Giginya harus disikat selama dua menit, memberi Anda waktu untuk membersihkan semua permukaan setiap gigi. Gunakan sikat gigi dengan bulu lembut sehingga Anda tidak akan melukai gusi. Umumnya anda bisa menghilangkan hingga 40% tartar dengan menyikat gigi oleh karena itu anda juga disarankan melakukan flossing

Flossing:  Flossing adalah kegiatan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang atau dental floss. Ada plak di antara gigi yang dihilangkan dengan flossing. Ruang interdental dan area di bawah garis gusi lebih baik ditangani saat flossing. Idealnya, floss setelah setiap makan.

Obat kumur: Gunakan obat kumur secara teratur setelah makan. Lebih baik lagi jika obat kumur memiliki fluoride. Gunakan obat kumur antibakteri yang direkomendasikan oleh dokter gigi.

Makan sehat: hindari makanan yang kaya gula dan pati adalah tempat berkembang biak yang kaya bakteri di mulut. Makan makanan sehat seperti buah-buahan mentah dan sayuran yang tidak hanya memberi banyak nutrisi pada tubuh Anda tetapi juga membantu dalam tindakan pembersihan gigi saat mengunyah karena mereka memiliki banyak serat.

Baca juga:
Cara membersihkan komedo secara alami
Cara mengecilkan perut buncit dengan cepat

Cara menghilangkan karang gigi secara alami

Selain cara diatas. kamu juga bisa memebersihkan karang gigi dari rumahmu dengan ramuan alami. berikut cara membersihkan karang gigi sendiri secara alami:

cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda

Soda kue, juga disebut natrium bikarbonat, adalah obat rumah yang bagus untuk menghilangkan plak. Ini menetralisir asam di dalam mulut, sehingga mengurangi jumlah bakteri berbahaya. Ini juga membantu memutihkan dan mencerahkan warna putih mutiara Anda.

Sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Dentistry menganalisis lima studi klinis dan menyimpulkan bahwa pasta atau bubuk soda kue dapat lebih efisien menghilangkan plak daripada produk soda non-kue.

  • Masukkan sedikit baking soda pada sikat gigi basah Anda dan sikat gigi dengan itu. Bilas mulut dan gigi Anda dengan air hangat.
  • Atau, campurkan 1 sendok teh garam dengan 2 sendok teh baking soda. Celupkan sikat gigi yang basah ke dalam campuran. Sikat gigi Anda dengan bubuk ini dengan lembut.
  • Pilihan lainnya adalah mencampurkan 1 sendok teh soda kue dengan cukup hidrogen peroksida untuk membuat pasta. Gunakan untuk menyikat gigi dan gusi Anda, keluarkan dan bilas mulut Anda secara menyeluruh.

Gunakan obat-obatan ini satu atau dua kali seminggu.

Catatan: Jangan gunakan baking soda berlebihan karena dapat merusak enamel gigi seiring waktu.

cara membersihkan karang gigi pakai jeruk nipis

Kandungan asam lemon terutama bertanggung jawab atas sifat antimikrobanya. Ini membantu untuk melarutkan dan akhirnya menghapus plak dan tartar . Ini juga membantu memutihkan gigi karena merupakan pemutih alami

Anda akan perlu
  • 1 sendok teh jeruk nipis
  • Sikat gigi
Apa yang Harus Anda Lakukan
  1. Sikat gigimu seperti biasa.
  2. Cuci sikat gigi Anda dan celupkan ke dalam air jeruk nipis. Gosokkan ini dengan lembut pada gigi dan gusi Anda.
  3. Biarkan selama satu menit atau lebih sebelum membilas mulut Anda dengan air hangat.

Lakukan ini setiap hari alternatif awalnya. Anda dapat terus melakukannya sekali setiap 10 hari untuk menjaga rongga mulut Anda bebas dari plak.

cara menghilangkan karang gigi dengan kulit jeruk

Kulit Jeruk mengandung asam sitrat yang melembutkan karang gigi, sementara kulit luar kasar bersifat abrasif lembut untuk mengikis karang gigi dari gigi Anda.

Untuk meningkatkan perawatan ini, oleskan sedikit air jeruk ke gigi Anda sebelum Anda menggunakan kulit untuk memecah karang gigi dan plak. Biarkan selama sekitar lima menit, kemudian gunakan kulitnya untuk menyeka dan menyikat gigi anda.

jangan lupa untuk membilas mulut Anda ketika Anda selesai untuk menghilangkan residu asam sisa.

Setelah selesai, jangan membuang daging buahnya.  makanlah untuk mendapatkan vitamin C karena berguna untuk memperkuat gigi dan membantu tubuh membersihkan bakteri gigi juga dapat membantu menangkal penyakit gusi.

cara menghilangkan karang gigi dengan cengkeh

cengkeh telah banyak digunakan selama berabad-abad sebagai obat rumah untuk meredakan sakit gigi. Ini juga dapat digunakan untuk melawan mikroba di mulut Anda yang dapat menyebabkan plak dan karang gigi.

Sebuah studi 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Indian Society of Periodontology mencatat bahwa bilas mulut herbal yang mengandung cengkeh, minyak pohon teh dan basil mengurangi pembentukan unit koloni mikroba, menjadikannya agen antiplaque dan antigingivitis yang efektif.

  • Campur 1 sendok teh bubuk cengkeh dan sedikit minyak zaitun. Oleskan campuran ini pada gigi Anda. Tunggu beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan ini dua kali sehari.
  • Selain itu, kunyah 1 atau 2 cengkeh secara teratur untuk mendukung kesehatan mulut dan mengurangi bau mulut yang disebabkan oleh bakteri di mulut Anda.

baca juga:
cara menghilangkan bau badan
cara menghilangkan bau mulut

Mencegah Karang gigi timbul kembali

jika karang gigi anda berhasil dibersikan dan dihilangkan. sangat dianjurkan untuk merawat gigi agar karang gigi tidak timbul kembali. berikut cara merawat gigi:

Sikat gigimu dua kali sehari

Ini adalah salah satu cara paling jelas untuk menghilangkan plak dan karang gigi. Sikat gigi Anda menggunakan pasta gigi berkualitas baik. Biarkan pasta di gigi selama dua menit. Bilas dengan air.

Gunakan pengikis lidah

Gosok lidah Anda setiap hari dengan alat penghapus plak atau pengikis lidah untuk mencegah pembentukan karang gigi dan plak.

Banyak minum air putih

Minum banyak air putih — setidaknya 8 hingga 10 gelas setiap hari. Air mengeluarkan bakteri dan mencegah plak. Jus buah tertentu juga dapat melarutkan plak. Jus jeruk adalah yang terbaik meskipun yang terakhir bisa sangat asam dan dapat membahayakan email Anda.

Konsumsi sayuran 

Sayuran mentah seperti wortel dan seledri membersihkan gigi dan mencegah plak untuk membantu Anda mengangkat karang dari gigi tanpa bantuan dokter gigi. Juga konsumsi banyak buah ara, apel, irisan jambu dll. Ini meningkatkan produksi air liur dan membantu melarutkan plak. Buah keras seperti jambu biji juga menggores gigi dengan lembut untuk membersihkan plak dan karang gigi di belakang gigi.

biasakan mengunyah permen karet bebas gula

Permen karet merangsang air liur dan mencuci plak dan karang gigi dari gigi. kunyah permen karet saat Anda di luar rumah atau tidak dapat menggosok gigi segera setelah makan.

Hindari makanan tertentu

Makanan seperti susu dan nasi dapat menyebabkan penumpukan plak. Batasi asupan makanan ini atau buatlah kebiasaan untuk membersihkan gigi Anda setelah memakannya. Juga batasi asupan minuman berkafein karena kafein mengeringkan mulut dan mengurangi produksi air liur. Tidak hanya ini meningkatkan pembentukan plak; itu juga menyebabkan bau mulut.

Berhenti merokok

Merokok meningkatkan kekeringan pada mulut dengan mengurangi pembentukan air liur. Ini adalah salah satu kebiasaan terburuk yang akhirnya berkontribusi pada plak di belakang gigi. Jadi berhentilah merokok jika Anda ingin menghindari plak.

Pemeriksaan gigi secara teratur: Kebanyakan orang menghindari pergi ke dokter gigi sampai giginya sakit. Sebagai gantinya kunjungi dokter gigi secara rutin setiap enam bulan. Ini akan memastikan bahwa tidak ada yang salah dengan gigi Anda. Melakukan pembersihan profesional juga membantu mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.

itulah cara membersihkan karang gigi yang terbukti ampuh. bagikan pengalaman anda di kolom komentar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here