cara berhenti merokok total secara alami seumur hidup

0
995
Human fist breaking cigarettes on white background

cara berhenti merokok –  Jika Anda akhirnya mencapai titik dalam hidup dimana Anda siap untuk berhenti merokok, Anda telah melakukan keputusan yang tepat! Namun, itu tidak akan mudah dan Anda perlu memastikan bahwa Anda siap. Anda harus mematahkan ketergantungan nikotin Anda, yang mungkin sulit. Sebelum membahas bagaimana cara berhenti merokok, anda harus tahu bahaya merokok bagi kesehatan

Bahaya merokok bagi kesehatan:orang merokok

Kita semua tau, rokok memiliki dampak negatif bagi kesehatan. dibungkus rokok juga menjelaskan dampak yang akan anda rasakan jika anda menghabiskan sidup anda dengan merokok. Berdasarkan data dari pusat pengendalian penyakit cdc.gov berikut

Merokok dan Kematian

  • menyebabkan lebih dari 480.000 kematian setiap tahun di Amerika Serikat saja. Ini hampir satu dari lima kematian.
  • menyebabkan sekitar 90% dari semua kematian akibat kanker paru.
  • menyebabkan sekitar 80%  dari semua kematian akibat penyakit paru obstruktif kronik
  • meningkatkan risiko kematian dari semua penyebab pada pria dan wanita.
  • Risiko kematian akibat merokok telah meningkat selama 50 tahun terakhir

Merokok dan Peningkatan Risiko Kesehatan

Perokok memiliki resiko lebih besar daripada bukan perokok untuk mengembangkan penyakit jantung, stroke, dan kanker paru-paru.

  • Perkiraan menunjukkan merokok meningkatkan risiko:
    • Untuk penyakit jantung koroner sebanyak 2 hingga 4 kali
    • Untuk stroke 2 hingga 4 kali
    • Laki-laki mengembangkan kanker paru-paru dengan 25 kali
    • Dari wanita yang terkena kanker paru-paru sebesar 25,7 kali
  • Merokok menyebabkan berkurangnya kesehatan secara keseluruhan, peningkatan absensi kerja, dan peningkatan pemanfaatan dan biaya perawatan kesehatan.

Merokok dan Penyakit Pernafasan

Merokok dapat menyebabkan penyakit paru-paru dengan merusak saluran udara Anda dan kantung udara kecil (alveoli) yang ditemukan di paru-paru Anda.

  • menyebabkan penyakit paru-paru seperti emfisema dan bronkitis kronis.
  • Merokok menyebabkan sebagian besar kasus kanker paru-paru.
  • Jika Anda menderita asma, asap tembakau dapat memicu serangan atau membuat serangan menjadi lebih buruk.

Merokok dan Kanker

Merokok dapat menyebabkan kanker hampir di mana saja di tubuh Anda: 1,2 (Lihat gambar di atas)

  • Kandung kemih
  • Darah (leukemia myeloid akut)
  • Serviks
  • Colon dan rektum (kolorektal)
  • Kerongkongan
  • Ginjal dan ureter
  • Pangkal tenggorokan
  • Hati
  • Oropharynx (termasuk bagian tenggorokan, lidah, langit-langit lunak, dan amandel)
  • Pankreas
  • Perut
  • Trakea, bronkus, dan paru-paru

Merokok juga meningkatkan risiko kematian akibat kanker dan penyakit lain pada pasien kanker dan yang selamat.

Jika tidak ada yang merokok, satu dari setiap tiga kematian akibat kanker di Amerika Serikat tidak akan terjadi.

Resiko Merokok dan Kesehatan Lainnya

Merokok membahayakan hampir setiap organ tubuh dan mempengaruhi kesehatan seseorang secara keseluruhan.

  • Merokok dapat mempersulit wanita untuk hamil. Itu juga dapat mempengaruhi kesehatan bayinya sebelum dan sesudah kelahiran. Merokok meningkatkan risiko untuk:
    • kematian bayi sebelum kelahiran
    • Berat badan lahir rendah
    • Sindrom kematian bayi mendadak
    • Kehamilan ektopik
    • Celah orofasial pada bayi
  • Merokok juga dapat mempengaruhi sperma pria, yang dapat mengurangi kesuburan dan juga meningkatkan risiko cacat lahir dan keguguran.
  • Merokok dapat mempengaruhi kesehatan tulang.
    • Perempuan melewati tahun-tahun subur yang merokok memiliki tulang yang lebih lemah daripada wanita yang tidak pernah merokok. Mereka juga berisiko lebih besar untuk patah tulang.
  • mempengaruhi kesehatan gigi dan gusi yang dapat menyebabkan gigi tanggal.
  • meningkatkan risiko katarak
  • Merokok adalah penyebab diabetes mellitus tipe 2 dan dapat membuatnya lebih sulit untuk dikendalikan. Risiko terkena diabetes adalah 30-40% lebih tinggi untuk perokok aktif daripada bukan perokok.
  • menyebabkan efek buruk umum pada tubuh, termasuk peradangan dan penurunan fungsi kekebalan tubuh.
  • Merokok adalah penyebab rheumatoid arthritis.

Baca juga:
Cara menurunkan kolesterol secara alami dan cepat
Cara mengecilkan perut buncit dengan cepat

Manfaat berhenti merokok

Siklus kecanduan menjadi normal

Dalam waktu satu bulan setelah berhenti, banyak reseptor nikotin di otak Anda akan kembali normal, memutus siklus kecanduan .

Sirkulasi lebih baik

Peredaran darah Anda membaik dalam waktu 2 hingga 12 minggu untuk berhenti merokok. Ini membuat aktivitas fisik jauh lebih mudah dan menurunkan risiko serangan jantung .

Kemampuan Indera perasa dan bau yang meningkat

Merokok merusak ujung saraf di hidung dan mulut, menumpulkan indera perasa dan bau. Hanya dalam 48 jam berhenti, ujung saraf mulai tumbuh, dan indra perasa dan penciuman mulai membaik.

Lebih banyak energi

Seiring dengan peningkatan pernapasan dan aktivitas fisik, peningkatan oksigen dalam tubuh Anda juga akan memberi Anda lebih banyak energi.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berhenti merokok meningkatkan sirkulasi, meningkatkan kadar oksigen, dan menurunkan peradangan – yang semuanya memberi dorongan sistem kekebalan Anda, jadi lebih mudah untuk melawan pilek dan penyakit lainnya.

Gigi dan mulut bersih

Merokok membuat gigi menjadi kuning, menyebabkan bau mulut , dan meningkatkan risiko infeksi mulut. Dalam waktu satu minggu setelah berhenti, Anda akan mulai melihat dan merasakan perbedaan dalam mulut Anda.

Memperbaiki kehidupan seks

Merokok bisa membahayakan kehidupan seks Anda. Ini meningkatkan risiko disfungsi ereksipada pria dan berkontribusi pada disfungsi seksual wanita dengan mengurangi pelumasan genital dan frekuensi orgasme.

Menurunkan risiko kanker

Mungkin diperlukan beberapa tahun setelah berhenti, tetapi Anda akan menurunkan risiko kanker, seperti kanker paru-paru, esofagus, kanker ginjal, kanker kandung kemih, kanker pankreas

Efek berhenti merokok

Efek samping dari berhenti merokok bisa menjadi ekstrim untuk beberapa orang. akibat berhenti merokok secara mendadak seperti merasa sedang flu ketika mereka akan melalui penarikan . Ini karena merokok mempengaruhi setiap sistem di tubuh Anda. Ketika Anda berhenti, tubuh Anda perlu menyesuaikan diri untuk tidak memiliki nikotin. oleh karena itu anda harus tahu cara berhenti merokok yang efektif

Penting untuk diingat bahwa efek samping ini hanya sementara.

Sakit kepala dan mual

Merokok mempengaruhi setiap sistem di tubuh Anda. Sakit kepala , mual , dan gejala fisik lainnya biasa terjadi saat nikotin meninggalkan tubuh Anda.

Kesemutan di tangan dan kaki

Ketika sirkulasi Anda mulai membaik, Anda mungkin merasa kesemutan di tangan dan kaki Anda.

Batuk dan sakit tenggorokan

Anda mungkin mengalami batuk dan radang tenggorokan ketika paru-paru mulai membersihkan lendir dan menciptakan puing-puing lainnya.

Meningkatnya nafsu makan dan berat badan

Dorongan dalam energi yang Anda alami ketika Anda berhenti merokok meningkatkan nafsu makan Anda. Sebagian orang juga makan lebih banyak karena mereka mengganti rokok dengan makanan untuk mengatasi kebiasaan merokok “tangan ke mulut”. Keduanya mengarah pada penambahan berat badan .

Keinginan yang kuat untuk merokok

Tubuh Anda tergantung pada nikotin saat Anda seorang perokok. Itu akan mendambakannya ketika tidak ada berhenti merokok. Mengidam puncak antara tanda dua dan empat minggu.

frustrasi dan mudah marah

Anda membuat perubahan besar – pikiran dan tubuh Anda perlu menyesuaikan memberikan sesuatu yang sudah Anda andalkan. Ini sering menyebabkan lekas marah dan marah.

Sembelit

Nikotin mempengaruhi usus kecil dan usus besar . Ketika Anda mengambil nikotin, Anda mungkin mengalami konstipasi saat tubuh Anda menyesuaikan untuk pergi tanpa itu.

Kecemasan, depresi, dan insomnia

Perokok memiliki peningkatan risiko depresi dan kecemasan, meskipun alasannya tidak jelas. Anda mungkin merokok untuk merasa lebih baik. Ketika Anda berhenti merokok, Anda mungkin merasa lebih cemas dan tertekan. Insomnia juga sering terjadi.

Depresi adalah kondisi serius. Yang terbaik adalah mengobatinya dengan seorang profesional medis , yang mungkin merekomendasikan terapi bicara, obat-obatan , atau terapi cahaya. Beberapa pengobatan alternatif untuk digunakan bersamaan dengan pengobatan yang diresepkan dokter meliputi: asam lemak omega-3, akupunktur, pijat terapi, meditasi

Kesulitan berkonsentrasi

Semua efek samping dari berhenti merokok dapat membuat sulit berkonsentrasi pada awalnya.

Mulut kering

Merokok adalah penyebab umum mulut kering . Stres dan kecemasan yang terkait dengan penarikan dapat memperburuk keadaan saat Anda menyesuaikan diri.

Efek Berhenti merokok berdasarkan waktu

  • 20 menit setelah berhenti, detak jantung Anda turun
  • 8 hingga 12 jam setelah berhenti, tingkat karbon monoksida darah turun.
  • 48 jam setelah berhenti, kemampuan untuk mencium dan indra perasa meningkatkan.
  • 2 minggu hingga 3 bulan setelah berhenti, risiko serangan jantung Anda menurun.
  • 1 hingga 9 bulan setelah berhenti, Anda akan merasa kurang nafas dan batuk lebih sedikit.
  • 1 tahun setelah berhenti, risiko penyakit jantung Anda akan berkurang setengahnya.
  • 5 tahun setelah berhenti, risiko stroke Anda menurun.
  • 10 tahun setelah berhenti, risiko kanker paru-paru Anda turun ke seseorang yang tidak pernah merokok.
  • 15 tahun setelah berhenti, Anda berisiko terkena penyakit jantung sama dengan seseorang yang tidak pernah merokok.

baca juga:
cara menghilangkan bau mulut secara alami
cara menghilangkan bau ketiak 
cara menghilangkan karang gigi dengan cepat

Cara berhenti Merokok secara alami

cara berhenti merokok

Cara berhenti merokok secara alami bagi perokok berat:

1. Tentukan tanggal memulai berhenti merokok

Ini penting karena memberi Anda tujuan yang pasti. Pilih tanggal – mungkin permulaan seminggu, atau awal dari satu bulan. Menetapkan tanggal berhenti juga berarti Anda punya waktu untuk membuat rencana dan menemukan orang-orang yang akan mendukung Anda.

2. Ubah rutinitas dan hindari pemicu untuk merokok

Lihatlah rutinitas Anda saat ini dan kenali waktu Anda merokok – dengan secangkir kopi di pagi hari, setelah makan, atau dengan makan siang. Anda perlu melakukan perubahan pada rutinitas Anda dan menghentikan kebiasaan-kebiasaan itu. Jika Anda biasa meminum kopi dan merokok di pagi hari, cobalah minum teh sebagai gantinya. Jika anda biasa merokok setelah makan? Pergi berjalan-jalan sebentar.

hindai perokok dan apa pun yang akan membuat Anda ingin merokok, terutama untuk beberapa hari pertama

3. Bersabar – keinginan untuk merokok akan berlalu

Cara berhenti merokok pada hari pertama sama seperti Mengidam dan akan sangat menderita dada akan terasa kaku, cemas, panik dan otak akan memberi tahu bahwa sebatang rokok akan membuat Anda merasa lebih baik.

Nikotin membuat begitu sulit bagi Anda untuk berhenti merokok dan para ahli mengatakan bahwa mantan perokok akan mendambakan nikotin satu hingga dua jam setelah mereka berhenti merokok. Tubuh menginginkan nikotin dan tekanan darah dan detak jantung Anda akan semakin cepat karena Anda mulai berhenti merokok.

Tetapi kabar baiknya adalah bahwa perasaan menderita hanya sebentar. biasanya hanya bertahan tiga sampai lima menit. Asosiasi Paru-Paru Amerika menyarankan menemukan sesuatu yang akan mengalihkan perhatian Anda – menelepon seorang teman, meminum segelas air, berjalan-jalan, mengambil napas dalam atau bermain game di handphone.

Perasaan menderita ini akan sangat menyiksa selama minggu pertama untungnya akan lebih jarang ketika hari, minggu, dan bulan berlalu. Tetapi, jangan kaget jika Anda tiba-tiba mengidam enam bulan setelah Anda menghisap rokok terakhir Anda

4. Sibukan diri dalam kondisi apapun

Apakah Anda bersalah merokok saat bosan? Setelah Anda menyerah, kebosanan itu akan menjadi lebih lama dan lebih sulit untuk ditangani. Temukan cara untuk membuat diri Anda sibuk. National Cancer Institute mengatakan bahwa tetap sibuk juga akan menjauhkan pikiran dari merokok – mereka menyarankan: mengunyah permen karet, meditasi, menjaga tangan Anda sibuk (bermain dengan pena), pergi ke bioskop atau menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga yang tidak merokok.

5. Sering konsumsi air putih

banyak mengonsumsi air putih akan membantu mengeluarkan nikotin dari tubuh Anda. Ketika ketagihan melanda dan Anda merasa seolah-olah Anda benar-benar harus merokok, cobalah menyeruput air es dingin. Ini akan membantu Anda untuk menghindari mengemil makanan yang tidak sehat, yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

6. Bergeraklah lebih aktif

Merokok menyebabkan kerusakan pada paru-paru, itulah sebabnya Anda mungkin akan kehabisan napas setelah naik tangga atau terengah-engah setelah berlari untuk mengejar bus. Sekarang Anda telah berhenti, aktif – mulailah berjalan lebih sering dan latih paru-paru Anda.

7. Ingatkan diri bahwa semuanya akan menjadi lebih mudah

Beberapa hari pertama setelah berhenti adalah yang paling sulit – akan ada pergolakan dalan diri anda, Anda akan mengalami sakit kepala akibat nikotin, Anda mungkin mengalami sakit tenggorokan atau bahkan insomnia. Tetapi tetap ingatkan diri Anda bahwa itu akan menjadi lebih baik dan terus membaca daftar alasan mengapa Anda memutuskan untuk berhenti.
efek samping ini normal dan akan membaik dalam beberapa hari, dan menghilang dalam 2 minggu. Mereka mengatakan bahwa dua atau tiga hari pertama adalah yang paling sulit.

8. Tidak ada yang namanya “Cuma sebatang aja”

Anda mungkin merasa seperti Anda hanya dapat menangani satu batang rokok saat stres di tempat kerja atau pada acara khusus. Tetapi sekarang Anda bukan perokok, Anda tidak akan pernah merokok lagi. Satu batang rokok akan mengarah ke yang lain dan sebelum Anda mengetahuinya Anda akan kembali ke kebiasaan lama Anda.

Cara berhenti merokok dengan obat

Jika Anda ingin berhenti merokok, beberapa obat yang berbeda tersedia di apotek untuk membantu Anda mengalahkan kecanduan dan mengurangi gejala pada saat berhenti merokok.

Obat berhenti merokok yang cocok tergantung pada preferensi pribadi, usia, apakah dalam kondisi hamil atau menyusui dan kondisi medis yang Anda miliki. Bicaralah kepada dokter Anda atau penasihat berhenti merokok NHS untuk meminta nasihat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa semua obat berhenti merokok dibawah ini efektif menghentikan kecanduan rokok.

Alasan utama orang-orang merokok adalah karena mereka kecanduan nikotin. NRT adalah obat yang memberi Anda tingkat nikotin yang rendah, tanpa tar, karbon monoksida, dan bahan kimia beracun lainnya yang ada dalam asap tembakau.

Ini dapat membantu mengurangi efek penarikan yang tidak menyenangkan, seperti suasana hati yang buruk dan mengidam, yang mungkin terjadi ketika Anda berhenti merokok. NRT dapat dibeli dari apotek dan beberapa toko

Produk NRT tersedia dalam bentuk:

  • Nicotine Patch
  • permen karet
  • inhalator (yang terlihat seperti rokok plastik)
  • tablet, strip oral dan tablet hisap
  • semprot hidung dan mulutInhalator,

permen karet dan semprotan bertindak lebih cepat dan mungkin lebih baik untuk mengurangi rasa lapar.Tidak ada bukti bahwa jenis NRT tunggal lebih efektif daripada yang lain. Tetapi ada bukti bagus untuk menunjukkan bahwa penggunaan kombinasi NRT lebih efektif daripada menggunakan satu produk.Perawatan dengan NRT biasanya berlangsung 8-12 minggu, sebelum Anda secara bertahap mengurangi dosis dan akhirnya berhenti.

Kebanyakan orang dapat menggunakan NRT, termasuk:

  • orang dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun – meskipun anak-anak di bawah 18 tahun tidak boleh menggunakan pelega tenggorokan tanpa mendapatkan saran medis terlebih dahulu
  • Wanita menyusui – dokter Anda dapat menyarankan Anda cara melakukan ini dengan aman
  • wanita hamil – dokter akan menyarankan NRT jika mereka pikir itu akan membantu

Kadang-kadang mungkin disarankan untuk mendapatkan saran medis terlebih dahulu, misalnya jika Anda memiliki masalah ginjal atau hati, atau baru-baru ini Anda mengalami serangan jantung atau stroke.

Kemungkinan efek samping

Efek samping dari NRT dapat meliputi:

  • iritasi kulit
  • iritasi hidung, tenggorokan atau mata saat menggunakan semprotan hidung
  • sulit tidur (insomnia)
  • sakit perut
  • pusing
  • sakit kepala

Setiap efek samping biasanya ringan. Tetapi jika mereka sangat merepotkan, hubungi dokter Anda karena dosis atau jenis NRT mungkin perlu diubah.

Varenicline (Champix)

Varenicline (nama merek Champix) adalah obat yang bekerja dalam dua cara. Ini mengurangi keinginan untuk nikotin seperti NRT dan mengurangi dampak berhenti merokok secara tiba-tiba

Berbagai macam bukti menunjukkan Varenicline adalah obat yang paling efektif untuk membantu orang berhenti merokok. Varenicline hanya tersedia dengan resep dokter, jadi biasanya Anda perlu mengunjungi dokter umum

Diminum satu hingga dua tablet sehari. Anda harus mulai menggunakannya satu atau dua minggu sebelum Anda mencoba berhenti. Perawatan biasanya berlangsung sekitar 12 minggu, tetapi dapat dilanjutkan lebih lama jika diperlukan.

Varenicline aman bagi kebanyakan orang, meskipun ada beberapa situasi saat tidak disarankan.

Misalnya, itu tidak cocok untuk:

  • anak-anak di bawah 18 tahun
  • wanita yang sedang hamil atau menyusui
  • Orang dengan masalah ginjal yang parah

Efek samping varenicline dapat meliputi:

  • merasa sakit
  • sulit tidur (insomnia)
  • mulut kering
  • sembelit atau diare
  • sakit kepala
  • pusing
  • kantuk

Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda mengalami efek samping yang menyusahkan.

Bupropion (Zyban)

Bupropion (nama merek Zyban) adalah obat yang awalnya digunakan untuk mengobati depresi, tetapi sejak itu ditemukan untuk membantu orang berhenti merokok.

Tidak jelas bagaimana tepatnya cara kerjanya, tetapi diduga memiliki efek pada bagian otak yang terlibat dalam perilaku adiktif. Bupropion hanya tersedia dengan resep dokter, jadi Anda biasanya harus mengunjungi dokter umum

Diminum satu hingga dua tablet sehari. Anda harus mulai menggunakannya satu atau dua minggu sebelum mencoba berhenti merokok. Perawatan biasanya berlangsung sekitar tujuh hingga sembilan minggu. Bupropion aman bagi kebanyakan orang, meskipun ada beberapa situasi saat tidak disarankan.

Misalnya, itu tidak cocok untuk:

  • anak-anak di bawah 18 tahun
  • wanita yang sedang hamil atau menyusui
  • orang dengan epilepsi, gangguan bipolar atau gangguan makan

Efek samping bupropion dapat meliputi:

  • mulut kering
  • kesulitan tidur (insomnia)
  • sakit kepala
  • merasa dan sakit
  • sembelit
  • kesulitan berkonsentrasi
  • pusing

Bicaralah dengan dokter Anda jika Anda mengalami efek samping yang menyusahkan

Mengapa cara berhenti merokok bergitu sulit?

berhenti merokok

Selain risiko kesehatan, Anda tahu bahwa merokok itu buruk bagi Anda dan tidak menawarkan manfaat apapun. Namun, mengapa begitu sulit berhenti merokok?

Pikirkan tentang psikologi di baliknya – ketika Anda berhenti merokok, Anda tidak pernah bisa merokok lagi. Itulah yang membuatnya sulit untuk dihadapi. Ketika melakukan diet, misalnya, Anda tahu bahwa Anda berhenti mengonsumsi makanan manis atau berlemak dalam jangka waktu terbatas, dan begitu Anda telah mencapai berat badan Anda, Anda dapat memiliki makanan manis atau berlemak setelanya.Dengan merokok, Anda tidak akan pernah menghisapnya lagi walaupun hanya sebatang!Dibutuhkan tekad yang kuat dan dukungan dari orang tercinta agar berhenti merokok menjadi lebih mudah

  • dampak rokok dapat menyebabkan
  • permen pengganti rokok
  • cara menghilangkan kebiasaan merokok
  • hidup sehat tanpa rokok
  • obat berhenti merokok
  • obat berhenti merokok di apotik
  • manfaat rokok bagi kesehatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here